Punya Nasi Sisa? Jangan Langsung Dibuang! Berikut Resep Membuat Kerupuk Nasi

Kerupuk nasi atau kerupuk gendar sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, gendar ini menjadi salah satu kerupuk favorit untuk dijadikan cemilan ataupun teman makan, apalagi resep membuat kerupuk nasi ini juga mudah. Tetapi apakah anda tau bahwa kerupuk ini bisa dijadikan bisnis? Yuk Kepoin cara membuat gendar dan peluang bisnisnya, Anda bisa membuka situs tersebut untuk dijadikan referensi.

Jika anda berminat memulai usaha kerupuk tentunya anda membutuhkan alat alatnya salah satunya alat perekat plastik. Nah berikut ini saya mempunyai rekomendasi website yang menjual produk perekat plastik atau hand sealer.

Sebelum anda mengetahui bagaimana resep membuat kerupuk nasi, alangkah baiknya jika anda mengetahui dulu bagaimana cara memilih beras yang memiliki kualitas yang baik. Yuk simak pembahasannya.

Cara Memilih Beras yang Berkualitas Baik

Beras adalah buliran biji yang dihasilkan oleh tumbuhan yang bernama padi yang nantinya akan diolah dan menjadi nasi. Beras sudah tentu menjadi panganan atau bahan panganan wajib bagi masyarakat di daratan asia khususnya di Indonesia. Pentingnya peranan beras ini terhadap kehidupan sehari-hari tentu saja memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Inilah yang anda patut dan harus perhatikan sebelum memilih dan membeli beras sesuai dengan kualitas beras. Jangan sampai anda terkecoh atau tertipu dalam memilih kualitas beras untuk anda dan keluarga konsumsi sehari-hari.

Untuk anda yang penasaran mengenai tips dalam memilih beras dengan kualitas yang baik, simak yuk apa saja tips dan caranya!

Jangan mudah tergiur harga miring

Terkadang atau bahkan sering anda melihat pedagang beras yang akan menjajakan dagangannya tersebut dengan berbagai varian harga pada setiap berasnya tergantung dengan kualitas yang di miliki masing-masing. Jangan mudah untuk tergiur atau tergoda akan harga miring yang ditawarkan oleh sang penjual tersebut. Apalagi jika harga yang ditawarkan oleh penjual sudah tidak masuk akal lagi sebab ditakutkan terdapat kandungan zat kimia yang berbahaya tercampur didalamnya ataupun kualitas dari beras itu sendiri yang sudah buruk bahkan tidak layak untuk di konsumsi.

 Cobalah meremas dan menggigit beras

Salah satu cara atau trik yang dapat anda lakukan untuk mengecek dan memeriksa kualitas dari beras tersebut yaitu dengan cara meremas beras tersebut dalam kepalan tangan anda, lalu lihatlah hasilnya pada telapak tangan anda. Jika beras tersebut ada atau banyak yang menempel pada telapak tangananda, maka kemungkinan besar terdapat zat pelicin yang ada atau tercampur di dalam beras tersebut. Oleh karena itu, pastikan lagi anda untuk memilih kualitas beras yang baik dan juga berkualitas.

Anda juga dapat memilih beras yang memiliki kualitas baik yaitu dengan cara menggigit bulir dari beras tersebut. Jika beras saat digigit, terasa keras dan juga kuat, maka itu artinya beras tersebut mempunyai kualitas yang baik. Sementara itu, jika saat digigit lalu beras tersebut terasa rapuh dan juga mudah untuk hancur, maka anda perlu diperhatikan karena bisa saja ada oknum yang sudah menambahkan dan mencampur air kedalam beras sehingga massa dari beras pun dapat bertambah. Beras dengan jenis yang seperti ini juga biasanya akan sulit untuk bisa tahan lama.

Cium aroma dari beras

Hal utama yangbisa anda lihat yaitu aroma yang dihasilkan oleh beras tersebut. Pastikan pada saat anda mencium aromanya terdapat aroma khas dari beras yang wangi, bukan aroma apek ataupun aroma khas yang berasal dari zat kimia berbahaya. Namun, ada juga aroma beras yang wangi dan hal tersebut ditakutkan kalau aroma ini berasal dari pewarna dan pewangi buatan yang dicampurkan dengan beras. Jadi, anda wajib untuk lebih berhati-hati lagi apabila sedang memilih beras.

Belilah beras di toko yang telah terpecaya

Sebaik-baiknya anda dalam memperhatikan kualitas beras, maka akan lebih baik lagi untuk anda jika membeli beras di toko yang sudah anda percaya akan kejujuran dan keamanannya. Tentunya hal tersebut karena anda akan akan yakin dengan kualitas yang ditawarkan oleh penjual atau toko dan juga kemungkinan besar terhindar dari berbagai kecurangan dari oknum penjual beras yang bisa memberikan dampak atau efek buruk kepada kesehatan anda dan keluarga.

Setelah anda mengetahui cara memilih beras yang memiliki kualitas yang baik saya harap anda bisa menerapkannya setiap kali membeli beras demi keamanan dan juga kesehatan anda dan keluarga, Sekarang langsung aja yuk simak bagaimana resep membuat kerupuk nasi.

Resep Membuat Kerupuk Nasi

 

Selain bisa dijadikan makanan pokok, nasi juga bisa dibuat menjadi berbagai jenis camilan, salah satunya yaitu kerupuk. Jadi jika anda khususnya ibu – ibu nih, punya sisa nasi di rumah jangan langsung dibuang ya, karena masih bisa kita olah loh.

Anda bisa memanfaatkan sisa nasi untuk dijadikan kerupuk yang gurih dan renyah dan pastinya enak. Membuat kerupuk nasi bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja dan cara pembuatannya pun terbilang sederhana.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan yang anda butuhkan untuk membuat kerupuk nasi ini sangatlah sederhana.

Bahan – Bahan Membuat Kerupuk Nasi:

  • 1 mangkuk nasi putih (anda harum merendamnya selama 2 jam, lalu tiriskan)
  • 1 mangkuk tepung tapioka atau tepung kanji
  • 5 siung bawang putih (yang sudah dihaluskan)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

2. Resep Membuat Kerupuk Nasi

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kerupuk nasi:

  1. Haluskan nasi putih yang tadi sudah direndam menggunakan blender hingga halus. Tambahkan sedikit air apabila saat proses memblender terasa berat.
  2. Setelah nasi sudah halus, masukkanlah bawang putih (yang sudah dihaluskan), ketumbar, dan garam secukupnya. Blender kembali agar adonan tercampur rata.
  3. Pindahkan adonan yangtelah di haluskan dan tercampur rata ke dalam sebuah wadah atau baskom. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sembari diaduk terus hingga adonan kalis.
  4. Olesi tangan anda dengan tepung supaya tidak lengket saat memegang adonan. Bentuk adonan kerupuk menjadi silinder atau seperti bentuk lontong.
  5. Didihkan air di panci, lalu masukkan dan rebus adonan hingga mengambang di permukaan air. Setelah adonan mengambang kurang lebih lima menit, angkat dan tiriskan.
  6. Letakan adonan tadi di dalam lemari es semalaman supaya memadat dan menjadi keras. Setelah semalaman, potong adonan secara tipis-tipis dan jemur hingga adonan benar-benar kering.
  7. Selanjutnya kerupuk nasi bisa anda goreng sampai mengembang dan renyah.

3. Tips membuat kerupuk nasi

Ada beberapa tips memasak kerupuk nasi yang bisa anda terapkan di rumah agar rasanya lebih mantap, berikut tipsnya:

  • Gunakanlah nasi sisa yang sudah dingin, agar anda lebih mudah untuk mengolahnya.
  • Anda tidak bisa menggunakan nasi sisa asal, nasi sisa yang bisa anda gunakan adalah nasi sisa yang belum berbau dan berwarna.
  • Untuk durasi penjemuran sekitar 1-2 hari, tergantung pada panasnya sinar matahari saat itu. Pastikan kerupuk¬† yang anda buat dijemur hingga benar-benar kering ya.
  • Anda bisa menambahkan cabai bubuk instan atau bumbu lainnya ke dalam adonan jika ingin rasa pedas atau yang lain.

Nah, itulah tadi resep membuat kerupuk nasi yang dijamin gurih dan renyah. Enak banget loh jadi pelengkap makan atau camilan anda, loh. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah meluangkan waktu untukmembaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!