Cara Buat Arang Kayu Secara Mudah dan Sederhana

cara buat arang kayu

Hai Semuanya !!! Selamat datang di artikel saya. Pada artikel ini kita akan membahas cara buat arang kayu, tapi sebelum itu apa sih itu arang? Arang merupakan residu hitam yang terdiri dari karbon murni yang bisa didapatkan dengan cara menghilangkan kandungan udara dan juga komponen volatil dari hewan atau tumbuhan tersebut. Memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain dapat menghasilkan arang.

Cara Buat Arang Kayu

A. Menggunakan Satu Drum

  1. Tentukan tempat di mana Anda bisa membuat api . Anda bisa menggunakan api di halaman belakang, atau bisa menggunakan tempat lain setelah meminta izin terlebih dahulu. Periksa aturan di sekitar Anda tentang hal ini agar tidak ada.
  2. Siapkan drum logam . Gunakan drum ini untuk memasukkan kayu. Pilih ukuran drum sesuai kebutuhan Anda, tergantung banyak arang yang mau Anda buat. Pastikan drum Anda memiliki tutup yang kedap dengan api agar tidak meleleh saat pembakaran.
  3. Pilih kayu yang akan Anda buat menjadi arang . Pilih kayu yang sudah kering. Kayu cherry atau kayu oak, semua bisa Anda gunakan. Cari tahulah jika di sekitar Anda ada orang yang menjual kayu, atau belilah di toko sekitar. Potong kayu menjadi ukuran 4 inchi.
  4. Isi drum dengan kayu yang sudah kering .Isi drum dengan kayu yang sudah kering dan hingga ke bagian atas, Kemudian tutup drum secara rapat, tapi jangan sampai kedap udara.
  5. Persiapkan untuk membuat api . Beli atau juga bisa mengumpulkan kayu untuk membuat api yang akan menyala selama 3 – 5 jam. Nyalakan api pada tempat yang Anda pilih. Gali lubang di bagian tengah untuk meletakkan drum. Pastikan drum tertutup oleh kayu.
  6. Nyalakan api . Jika Anda menggunakan drum besar berisi kayu, biarkan menyala selama 3 jam atau lebih.
  7. Biarkan api menyala hingga padam dan mendingin sebelum Anda menyalakan drum .
  8. Angkat arang kayu . Saat Anda buka tutup drum, angkat dan gunakanlah untuk memasak beragam makanan yang Anda sukai.

B. Menggunakan Dua Drum

  1. Beli drum kecil dan drum besar . Pertama yaitu siapkan drum berukuran 30 galon di dalam, dan drum berukuran 55 galon untuk pengisiannya.
  2. Buat saluran bahan bakar pada drum besar . Gunakanlah gergaji logam agar bisa membuat potongan persegi pada bagian dasar drum besar. Ukurannya bisa 12 x 20 inchi untuk memasukan bahan bakar.
  3. Buat lubang di bagian dasar drum yang kecil . Nah, lubang ini merupakan saluran masuknya panas ke dalam drum yang lebih kecil sehingga kayu di dalamnya. Selanjutnya buatlah lubang dengan ukuran 5 – 6 1/2 inchi pada bagian dasar gendang.
  4. Isi drum yang kecil dengan kayu kering . Potonglah kayu cherry dengan ukuran 5 inchi dan masukan ke dalam drum, kemudian tutup.
  5. Lalu berdirikan gendang besar . Siapkan dua batu bata di dasar drum besar. Kemudian berikan lagi dua batu bata di atas batu bata yang pertama.
  6. Letakkan drum kecil di atas batu bata . Pastikan drum ini bisa mengisi drum besar, kalau tidak menggunakan batu bata yang lebih kecil atau batu sebagai alasnya dan tutup.
  7. Kemudian nyalakan api di dalam drum besar dan nyalakan selama 7 – 8 jam . Gunakan kayu bakar untuk membuat api, dan negara bahan ini dari lubang pada bagian dasar drum secara bergilir.
  8. Biarkan menyala hingga selesai . Setelah 7 – 8 jam, semua bahan yang ada di dalam kayu akan terbakar. Biarkan api menyala sampai padam, dan seluruh arang di bawah dingin sebelum Anda mendekatinya.
  9. Keluarkan arang . Ambilah arang dari dalam drum kecil dan simpan untuk Anda gunakan kemudian. Untuk memudahkan pembuatan arang kayu, Anda bisa menggunakanĀ  mesin briket arang kelapa .

Untuk lebih mendalami tentang arang dan cara pembuatannya langsung ke artikel cara membuat arang kayu.

Mudahkan cara untuk membuat arang kayu? Demikian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan.

Dan sampai jumpa di artikelku yang selanjutnya yaaaa!