Mudahnya Melakukan Usaha Pembuatan Pupuk Kandang –  Hampir semua lini pertanian dan perkebunan pasti memerlukan pupuk untuk menyuburkan tanaman mereka, oleh karena jenis usaha pupuk ini memang sangat menjanjikan apalagi di lingkungan pertanian dan perkebunan.

Salah satu jenis pupuk yang populer dan mudah dalam pengelolaannya adalah pupuk kandang. Dan modal untuk melakukan usaha ini terbilang sedikit sekali, dengan keuntungan yang besar.

Pupuk kandang sendiri terdiri dari dua jenis yaitu pupuk kandang kering dan pupuk kandang cair. Kedua jenis pupuk kandang ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tentu penggunaannya sesuai kebutuhan.

Nah untuk kali saya mau berbagi cara Mudahnya Melakukan Usaha Pembuatan Pupuk Kandang untuk kamu yang ingin memulai usaha di bidang perpupukan, terutama di jenis pupuk kandang itu sendiri. Berikut Penjelasannya.

Mudahnya Melakukan Usaha Pembuatan Pupuk Kandang

Mudahnya Melakukan Usaha Pembuatan Pupuk Kandang

1. Usaha Pembuatan Pupuk Kandang Kering

Untuk pembuatan pupuk kandang kering tentu bahan utama yang di perlukan adalah kotoran hewan ternak umumnya di gunakan kotoran sapi atau kerbau.

Bahan lainnya adalah lumpur kering atau bisa juga abu yang nantinya akan di campur dengan kotoran ternak tersebut. Fungsi dari lumpur kering atau abu ini adalah untuk menstabilkan suhu saat diberikan ke tanaman.

Kotoran ternak dan lumpur kering atau abu tadi di campur dalam kondisi sama rata atau sama banyak. Setelah pencampuran selesai simpan pupuk tadi di tempat yang tidak terkena matahari langsung sampai pupuk tersebut matang.

Setelah pupuk kandangnya matang, maka itu sudah siap di gunakan dan di jual. Namun jika terdapat masalah karena pupuk menyebabkan tanaman mati dan mengering, mungkin itu dikarenakan suhu yang di hasilkan pupuk masih tinggi.

Cobalah untuk menambahkan kembali lumpur kering atau abu pembakaran ke pupuk tersebut lalu simpan kembali agar kandungannya bercampur dengan sempurna.

2. Usaha Pembuatan Pupuk Kandang Cair

Hampir sama dengan pupuk kandang kering, pupuk kandang cair juga memerlukan bahan utama yaitu kotoran ternak yang umumnya kotoran sapi atau kerbau.

Bahan selanjutnya yaitu tanaman gulma atau tanaman air lainya. Fungsi untuk mensterilkan kotoran tersebut dari hama atau organisme lain.

Siapkan bak atau wadah yang besar untuk menaruh kotoran ternak tersebut yang nantinya akan di campur dengan air.

Setelah kotoran di campur merata dengan air, taruhlah gulma atau tanaman air lain di bak atau wadah tersebut. Simpan lah pupuk yang sudah diolah terbsebut beberapa hari, agar pensterilan berhasil.

Setelah itu pupuk kandang cair siap digunakan atau di jual ke masyarakat atau petani di sekitar yang membutuhkan pupuk tersebut.

Mungkin itu saja mengenai Mudahnya Melakukan Usaha Pembuatan Pupuk Kandang. Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin memulai usaha pupuk kandang tersebut.

Baca juga 5 Jenis Usaha Yang Menguntungkan Di Desa di sini

Terima Kasih.

Similar Posts