Usaha Kopi Bubuk Rumahan – merupakan produk kopi sekunder dan salah satu bahan minuman yang digemari baik oleh penduduk pedesaan dan juga penduduk perkotaan (Mulato, dkk, 2008). Pada tahun 2012, kira-kira 70% dari total produksi tahunan biji kopi Indonesia diekspor, terutama kepada para pelanggan di Jepang, Afrika Selatan, Eropa Barat, dan Amerika Serikat.

 

Produk Kopi

Pengembangan produk bubuk kopi akan memberikan peningkatan nilai tambah baik secara finansial maupun perluasan lapangan kerja di pedesaan. Produksi kopi bubuk oleh petani pemilik kebun masih dilakukan secara tradisional yaitu biji kopi digoreng pada wajan tanah liat pada api panas sampai berwarna hitam.

Untuk menurunkan kadar asam pada kopi ditambahkan beras dan jahe. Setelah biji kopi berwarna hitam kemudian didinginkan dan biji kopi kemudian ditumbuk menggunakan alat penumbuk tradisional. Perlakuan ini menyebabkan kopi pecah tidak seragam dan bubuk kopi yang dihasilkan berkualitas jelek. Bubuk kopi yang telah ditumbuk kemudian diayak untuk mendapatkan partikel-partikel bubuk kopi yang lebih halus.

 

usaha kopi bubuk rumahan

 

Kopi bubuk (Coffee Powder) untuk minuman bisa dibuat dengan cara tradisional. Cara membuat kopi bubuk secara tradisional mudah hanya proses pengeringan yang lama karena mengandalkan sinar matahari. Bisa juga menggunakan mesin kopi modern bisa beli di toko mesin.

  1. Pilih biji kopi yang bagus. Keringkan di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, goreng biji kopi dengan cara sangrai (goreng tanpa minyak) sampai warnanya kecokelatan. Setelah itu, giling atau ditumbuk biji kopi nya sampai halus menjadi bubuk.
  2. Bubuk kopi siap diseduh menjadi minuman kopi. Bubuk kopi sebaiknya disimpan di toples yang rapat, tidak lembab, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika bubuk kopi atau kopi bubuk sudah tersedia bisa kita langsung olah menjadi racikan minuman kopi hitam yang nikmat pas mantap atau cara meracik kopi dan aneka resep kopi hitam yang siap diolah.

Dengan cara tersebut saat-saat dirumah bersama keluarga bisa melakukan pekerjaan dan tanpa keluar rumah. selengkapnya berada disini peluang usaha kopi bubuk

Setelah itu bisa juga disorder ketettangga rumah, saudara-saudara dan lain-lain.

Similar Posts