Usaha Keripik Buah

Usaha Keripik Buah | Hampir semua orang butuh camilan sebagai teman menonton tv, untuk sajian ketika mengobrol, saat belajar dan saat santai lainnya.

Camilan akan selalu dicari untuk melengkapai waktu bersantai ataupun menghilangkan rasa bosan. Bisa kita lihat di toko – toko. Pasti ada cemilan yang dijual dan penjualannya juga tergolong banyak.

Usaha Keripik Buah

Usaha Keripik Buah

Keripik buah, camilan sehat yang terus diburu banyak orang. Sama halnya dengan keripik berbahan dasar lain, keripik buah memiliki selera tersendiri. Karena keripik buah memiliki rasa yang unik.

Seperti kita tahu hampir semua buah memiliki rasa dasar manis dan asam. Yang kemudian diolah menjadi keripik dengan bumbu – bumbu beraneka rasa.

Usaha keripik buah tumbuh pesat karena keripik buah yang kaya akan rasa dengan berbagai macam pilihan. Melalui tips efektif usaha keripik buah ini, akan menyadarkan kita bahwa dari sekian banyak usaha kuliner, seperti kali ini adalah kuliner keripik buah, dengan kategori camilan, maka dari kategori paling dasar ini kita bisa kembangkan dengan inovasi-inovasi baru.

 

Persaingan dalam Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner bisa dibilang usaha yang everlasting atau usaha yang tak lekang oleh waktu. Mulai dari yang berskala besar, sedang, bahkan kecil usaha kuliner selalu menjadi bisnis yang menjanjikan.

Karena itulah bisnis kuliner selalu mengundang persaingan yang ketat dan seru, dan sampai kapanpun bisnis ini akan menjadi pilihan sebagai bisnis utama maupun bisnis sampingan. Selain itu juga, bisnis kuliner termasuk bisnis yang fleksible.

Bisnis ini selalu ada celah bagi siapapun yang ingin berinovasi. Memang itulah yang seharusnya dilakukan bagi para pelaku bisnis kuliner supaya usahanya terus berkembang dan mampu memenangkan persaingan.

Begitu banyak pilihan yang tersedia, siapapun bisa menyesuaikan sesuai dengan keterampilan, pengetahuan, tempat asal, bahkan yang hanya bermodal selera.

 

Pentingnya Selera dalam Berbisnis

Orang bisa usaha kuliner dengan mengandalkan keterampilan dan pengetahuan dalam hal kuliner tertentu, atau mengandalkan tempat asal yang kemudian dari tempat asalnya itu seseorang membawa resep masakan daerah untuk dijual di daerah lain.

Tetapi kuliner keripik buah tidak perlu keterampilan khusus dari pendidikan atau kursus memasak, bahkan darimana pun Anda berasal, pastikan Anda memiliki selera yang baik. Artinya, selera baik ini Anda berikan pada setiap lapisan proses usaha yang Anda lakukan.

Mulai dari tahap produksi, dengan selera yang baik Anda tentu akan memilih bahan baku yang berkualitas, alat produksi yang berkualiatas serta proses produksi yang sehat dan efisien.

Itulah mengapa banyak pengusaha sukses yang tetap mampu mempertahankan kualitas produknya sehingga usahanya pun terus menanjak dan tetap kuat dalam arus persaingan. Karena mereka memiliki selera yang baik, dan tidak serta merta hanya ingin meraup banyak keuntungan.

Tahap – Tahap Usaha Keripik Buah

Usaha Keripik Buah

Nah, setelah kita memahami pentingnya selera dalam berbisnis, kita bisa terapkan dalam tahap – tahap usaha keripik buah yang terbagi menjadi 3 poin besar. Setiap poinnya ada perincian yang harus kita pahami dan lakukan.

  1. Modal Usaha

    Tentunya setelah berdoa dan memantapkan hati, tindakan pertama dalam setiap usaha adalah mempersiapkan modal. Modal di sini adalah biaya untuk keperluan penyediaan peralatan, bahan baku dan bumbu, dan biaya proses produksi seperti listrik, air, minyak, dan juga gas untuk memasak.

    Semua itu harus diperhitungkan dengan teliti. Seperti peralatan untuk menggoreng keripik buah yaitu mesin vacuum frying yang bisa Anda survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga dan spesifikasinya.

    Bisa Anda tentukan berapa kilogram kapasitas mesin yang dibutuhkan. Begitupun dengan peralatan lain yang belum Anda ketahui harganya, lakukan survei untuk mengetahui produk dan harga terbaik yang sesuai dengan modal Anda.

    Selain dari bahan yang aman, desain yang menarik sangat berguna untuk menarik perhatian dan juga untuk meyakinkan konsumen bahwa produk Anda berkualitas. Jangan lupa, tahap promosi juga membutuhkan biaya.

    Kini teknologi internet sudah semakin maju, media sosial sudah banyak. Anda bisa manfaatkan untuk promosi gratis lewat media – media sosial.

     

  2. Produksi Keripik Buah

    Poin kedua ini adalah jantung usaha Anda. Di tahap inilah hasil inti produk Anda ditentukan. Hal – hal yang harus diperhatikan adalah kualitas peralatan dan bahannya.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pemilihan peralatan dan bahan harus teliti. Untuk mesin vacuum frying, gunakan hanya dari perusahaan terpercaya dan berpengalaman.

    Kemudian untuk bahan – bahannya sendiri, karena keberadaan buah termasuk musiman, untuk menjaga ketersediaan bahan baku alangkah baiknya menjalin kerjasama dengan pemasok.

    Pemilihan pemasok pun juga harus hati – hati, pilih pemasok yang mampu menyetor bahan baku yang berkualitas dan memberikan jaminan ganti jika ada buah yang tidak sesuai dengan standar.

     

  3. Kemasan Produk

    Untuk desain kemasan dan juga logo produk, bisa serahkan pada desainer. Jangan ragu meminta untuk mendesain kemasan yang mampu menarik perhatian dan menggugah selera makan.

    Masalah biaya desain, Anda bisa menekan harga dengan menggunakan jasa desainer freelance yang berpengalaman. Tidak sulit untuk mencari mereka, Anda bisa googling untuk memakai jasa mereka dan temukan desain yang Anda suka.

     

  4. Promosi Produk Keripik Buah

    Pada dasarnya, upaya promosi selalu memilih tempat yang mampu menarik banyak perhatian orang. Seperti koran, majalah, radio, bahkan televisi. Tetapi itu kan dulu, sekarang sudah ada internet dan media sosial.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa gunakan media sosial untuk promosi gratis kepada teman – teman Anda. Jika ingin lebih efektif lagi. Berikan bonus atau produk gratis setiap berapa kali teman Anda membagikan produk Anda di media sosial.

    Atau jika ingin lebih efektif, profesional, dan dengan biaya yang cukup terjangkau, Anda bisa sewa jasa pada akun media sosial yang sudah memiliki banyak followers. Mereka akan senang hati jika ada yang ingin numpang promo, dan biasanya harga promosi bisa nego kok.

 

Nah, dengan tips usaha keripik buah diatas Anda sudah bisa memulai bisnis keripik buah. Tips ini diasumsikan bagi Anda yang sudah bisa membuat keripik buah.