Serat Kelapa Dan 5 Manfaatnya

Banyak sekali manfaat dari buah kelapa muda dan kelapa tua. Kita sering sekali menjumpai buah kelapa yang sudah menua di buang begitu saja di pinggiran jalan. Namun ada lho manfaat kelapa tua yaitu serat kelapa dan masih banyak manfaat lainnya. Di artikel ini saya akan membahas serat kelapa dan 5 manfaatnya yang mungkin belum kalian ketahui. Yuk kita simak bersama – sama.

Apa Itu Serat Kelapa?

serat kelapa dan manfaatnya

Sesuai yang di kutip dari Wikipedia tentang sabut kelapa adalah bagian mesokrap dengan kata lain, (selimut) yang biasanya kita liat di pinngiran jalan atau suatu daerah yang sudah menjadi limbah sampah. penggunaan yang paling umum biasanya di gunakan untuk sistem sistem pembakaran. sabut kelapa yang di urai biasanya akan menghasilkan serat sabut dengan kata lain, (cocofibre) dan juga serbuk sabut dengan nama lain yakni, (cococoir).

Hasil utama dari sabut ialah serat sabut. Dari olahan serat sabut kelapa ini, banyak menghasilkan beragam variasi produk dan manfaatnya sangat luar biasa sekali. Di negara Indonesia sendiri sabut kelapa sering di gunakan untuk pupuk tanaman organik. Banyak alat dan mesin serbaguna yang sudah tersedia untuk menunjang pengolahan sabut dan serat kelapa ini.

Pada saat pengolahan kulit kelapa menjadi sabut dia akan menghasilkan limbah yang berupa butiran-butiran kecil yang di namakan dengan cocopeat. Cocopeat banyak di pergunakan kebutuhan pertanian smisalnya di jadikan sebagai media pencangkokan tanaman dan juga sebagai media tanam karena memiliki daya serap terhadap air yang tinggi. Ini dia penjelasan serat kelapa dan 5 manfaatnya.

5 Manfaat Serat Kelapa

1. Sebagai Pupuk Organik

Seperti yang kita ketahui, masyarakat khususnya di negara Indonesia memanfaatkan serat kelapa ini untuk di jadikan pupuk oraganik. Serat kelapa ini, biasanya di olah bersama bahan zat khusus dan di jadikan pupuk organik pertanian yang biasanya digunakan oleh petani di Indonesia. Serat kelapa termasuk bahan organik yang juga bisa dimanfaatkan dan di olah menjadi banyak lagi macam – macam olahan.

2. Pembuatan Sapu Ijuk

Para ibu – ibu negara Indonesia pasti tidak ada dengan sapu satu ini. Ya, benar sekali. Sapu ijuk yang berbahan dasar sabut serat kelapa ini sudah banyak akal dan di pasarkan di berbagai wilayah indonesia. Khususnya daerah desa yang masih tradisional, masyarakatnya mungkin masih banyak menggunakan sapu ini.

Tetapi sekarang, sudah banyak sapu modern yang menggantikan sapu ijuk serat sabut kelapa ini. Karena, sapu sekarang harganya terjangkau dan kualitas daya tahan lebih lama dari sapi ijuk yang berbahan dasae serat sabut kelapa.

3. Sebagai Keset Kaki

serat kelapa dan 5 manfaatnya

Banyak sekali rumah di Indonesia yang menggunakan keset dari serat sabut kelapa ini, Keset ini beguna untuk membersihkan telapak kaki kita. Dari bahannya yak empuk serat sabut kelapa ini juga sangat baik dalam penyerapan udara. Jadi, tidak sedikit juga variasi keset di negara Indonesia yang sudah masuk di masyarat mulai yang berbentuk persegi panjang, bertuliskan selamat datang, dan banyak lagi.

4. Penghilang Aroma Semen

Kalian baru selesai membuat kolam ikan untuk di pelihara? kalian masih nunggu hilangnya aroma semen yang lama? Nah, ini dia solusi menghilangkan aroma semen yang masih baru. seperti yang kita ketahui, saat kita memelihara ikan atau membudidayakan ikan pastinya kita tidak mau ikan tersebut mati atau tidak berkembang karena suatu masalah yakni aroma semen pada kolam ikan.

Hal, ini dapat di atasi dengan serat sabut kelapa. Ya, benar sekali tidak hanya mudah di dapatkan, serat sabut kelapa ini bisa menetralisir aroma atau bau semen yang masih baru pada kolam yang akan di tempati ikan. Dengan memasukan serat serabut kelapa ini ke dalam kolam bersama ikan dan air, aroma semen pada kolam yang masih baru akan hilang. Hal ini bertujuan agar ikan bisa berkembang biak dengan baik dan tidak mati.

5. Membuat Tali

serat kelapa dan 5 manfaatnya

Kalian pernah bermain permainan tarik tali tambang? tanpa kalian sadari terkadang tali tersebut terbuat dari serat sabut kelapa lho, Benar sekali, serat sabut kelapa ini juga bisa di olah dan di jadikan sebagai tali. tidak hanya tali untuk permainan tarik tambang, tali dari serat sabut kelapa ini juga bisa di jadikan tali barang – barang yang berat karena, serat sabut kelapa yang sudah di buat menjadi tali biasanya melewati proses yakni memintal tali.

Proses ini biasanya menggunakan khusus. Mesin Pemintal tali sabut biasanya digunakan untuk membuat kerajinan yang menggunakan tali dari bahan dasar searat sabut kelapa. Karena proses ini menggunakan mesin yang canggih dan cepat, hasil dari tali tersebut menjadi kuat, kokoh, dan tahan lama juga. Pembuatan tali dari serat sabut kelapa ini juga bisa mendatangakan bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang banyak.

 

Nah, itu dia teman – teman, pengertian dan 5 manfaat dari serat kelapa yang mungkin belum kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah ilmu kalian semua. Sekian Terima Kasih.