Santan Kelapa untuk Rambut Kering

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Kering | Masak sayur, pakai santan kelapa, bikin kue, pakai santan kelapa, buat minuman, pakai santan kelapa. Banyak sekali kuliner yang menggunakan santan kelapa sebagai bahan masakan.

Nutrisi dalam santan memang bermanfaat bagi tubuh dan juga baik untuk perawatan wajah. Tetapi bagaimana jika santan kelapa untuk rambut kering, apa bisa?

Rambut kering sudah menjadi masalah bagi banyak orang. Tidak hanya bagi wanita atau yang berambut panjang saja, orang yang berambut pendek pun bisa mengalami masalah rambut kering.

Penyebab Rambut Kering Wanita

Banyak yang mengira rambut kering dikarenakan cuaca yang panas, apalagi di negeri kita ini yang beriklim tropis. Tetapi apa saja sih sebenarnya yang menyebabkan rambut kering?

  1. Paparan sinar matahari

    Okelah bagi yang mengira rambut kering terjadi karena cuaca panas alias terkena sinar matahari langsung. Tetapi ternyata ini hanya satu dari sekian banyak penyebab rambut kering.

    Oh iya, sinar matahari bisa membuat rambut menjadi kering asal sudah lewat jam 09.00 ya, kalau sinar matahari sebelum jam tersebut maka sinar mataharinya sehat yang dibutuhkan untuk tubuh kita.

  2. Shampoo

    Bukan berarti kita lalu berhenti menggunakan shampoo, bukan, tetapi pilihlah shampoo yang cocok. Kesalahan dalam memilih shampoo dapat membuat rambut kita menjadi kering.

    Ya namanya juga tidak cocok, bisa kering, bisa gatal, bahkan berketombe.

  3. Terlalu sering keramas

    Belum tentu juga Anda salah mengunakan shampoo. Bisa jadi Anda terlalu sering berkeramas. Dianjurkan untuk melakukan keramas 3 kali seminggu, atau 2 hari sekali.

  4. Kurang mengkonsumsi air putih

    Jangan remehkan minum air putih ya, kurangnya mengkonsumsi air putih akan banyak resiko kesehatan yang kita tanggung, salah satunya rambut kering.

    Dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 2 liter per hari.

  5. Menggunakan pewarna rambut

    Bahan kimia yang digunakan pada pewarna rambut adalah bahan yang keras. Kemudian bahan itu menempel pada rambut yang kemudian menyerap minyak alami rambut Anda.

    Itulah kenapa pewarna rambut sangat beresiko menyebabkan rambut kering.

  6. Kurangnya vitamin

    Tidak hanya tubuh saja, rambut kita juga butuh vitamin untuk kesehatannya. Kebutuhan vitamin yang cukup akan membuat rambut lembab, lembut, dan sehat.

 

Vitamin pada Santan Kelapa Untuk Rambut Kering

Santan Kelapa untuk Rambut Kering

Bicara vitamin, santan kelapa mengandung banyak vitamin, tentunya selain dibutuhkan untuk tubuh, vitamin dalam santan kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Dengan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, dan E yang melimpah serta mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, dan magnesium, santan kelapa mampu mengatasi berbagai masalah rambut khususnya rambut kering.

Melembabkan rambut adalah cara untuk mengatasi rambut kering, santan kelapa dapat kita gunakan untuk melembabkan rambut dan sebagai kondisioner.

Cara Menggunakan Santan Kelapa Untuk Rambut Kering

Penggunaannya dengan cara meneteskan santan kelapa pada kulit kepala kita. Berikan pijatan secara merata selama 5 menit.

Setelah itu diamkan 20 menit kemudian bisa kita bersihkan dengan keramas seperti biasanya. Karena santan kelapa mengandung minyak alami, bisa kita manfaatkan sebagai kondisioner.

Yang akan membuat rambut kita menjadi halus dan lembut, dan terhindar dari rambut yang kusut dan kaku akibat rambut kering.

Untuk menggunakan santan kelapa sebagai kondisioner, bisa kita teteskan sedikit santan pada rambut sampai meresap dan menyisir rambut sampai rambut tidak kusut lagi.

Ini saatnya kita beralih dari kebiasaan kita menggunakan produk – produk berbahan kimia ke bahan alami untuk perawatan rambut tanpa efek samping dan biaya yang lebih murah. Dengan demikian memilih santan kelapa untuk rambut kering adalah pilihan yang tepat untuk siapapun.

Perawatan rambut juga bisa menggunakan minyak kelapa murni yang juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut sebagai alternatif lain.

Similar Posts