Resep Roti Canai Ala India

 

Resep Roti Canai Ala India – Roti yang  rasanya gurih dan nikmat. India sangat berpengaruh pada banyak kuliner yang ada di dunia. Salah satu kekuatannya hampir sama seperti Indonesia yaitu ada pada rempah-rempahnya. Namun, diantara banyaknya pengaruh tersebut, yang paling khas adalah pada roti canai atau roti canenya dan kali ini kita bahas adalah Resep Roti Canai Ala India.

Roti berbentuk pipih ini terdapat di berbagai negara dengan nama yang berbeda, misalnya di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Di Singapura, roti ini disebut roti prata. Nama Canai diberikan oleh orang Melayu pada roti ini. Nama tersebut diambil dari Bandar Chennai yang berada di India.

Keunikan selain dari rasa, bentuk, dan penamaan, juga terdapat pada proses pembuatannya. Untuk membuat bentuknya jadi pipih dan tipis, adonan roti ini diputar. Proses mematangkannya dipanggang tanpa menggunakan minyak. Lebih sehat dan gurih.

Di Indonesia sendiri, penyajian roti ini tidak berbeda dengan di negara asalnya. Roti cane merupakan makanan pendamping utama saat makan kari kambing maupun kari daging lainnya. Sekilas, saat menikmati roti ini di restoran pasti Anda berpikir jika membuatnya sulit dan bahannya susah ditemukan.

Padahal resep roti canai ala india ternyata tidak sesulit itu. Anda bahkan bisa membuatnya dengan varian rasa manis seperti susu dan keju. Bahannya mudah ditemukan dan proses pembuatannya pun mudah dipraktekan. Anda bisa mencari bahan dan bumbu yang dibutuhkan di pasar tradisional maupun di supermarket. Berikut resep roti canai ala india tersebut.

Resep Roti Canai Ala India

Resep Roti Canai Ala India

Bahan Resep Roti Canai Ala India:

  1. 450 gram, terpung terigu.
  2. 2 butir, telur ayam.
  3. 250 gram orchid butter.
  4. 35 gram, margarin.
  5. Garam, secukupnya.
  6. Minyak sayur untuk olesan.

Cara Membuat Resep Roti Canai Ala India:

  1. Siapkan satu wadah yang agak besar, agar semua bahan masuk dan Anda tidak kesulitan mengaduknya.
  2. Masukkan tepung terigu dan tambahkan sedikit garam. Kira-kira saja garamnya untuk memberi rasa gurih, bukan asin. Campur, kemudian tambahkan margarin. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Selanjutnya, masukkan telur serta air secara perlahan ke dalam adonan tersebut. Campur dan uleni hingga adonan kalis.
  4. Bagi adonan roti menjadi beberapa bagian dengan masing-masing adonan beratnya 60 gram. Simpan adonan pada tempat yang bisa ditutup selama kurang lebih 4 jam. Tutup tempat penyimpanan tersebut menggunakan plastik.
  5. Setelah 4 jam, ambil adonan kemudian bentuk masing-masing adonan menjadi bulat. Masing-masing diameternya 30 mm.
  6. Cincang orchid butter, kemudian isikan cincangan tersebut pada setiap adonan roti yang telah jadi.
  7. Bentuk rapi adonan dengan menggulung dan membentuknya jadi memanjang. Diamkan kembali hingga 30 menit.
  8. Setelah 30 menit, ambil adonan roti dan pipihkan menggunakan tangan hingga ketebalannya kurang lebih ½ cm saja.
  9. Oleskan minyak pada adonan roti yang sudah pipih tersebut.
  10. Panaskan wajan datar pada kompor dengan api sedang.
  11. Taruh dan panggang adonan roti yang sudah jadi tersebut.
  12. Bolak-balik hingga matang. Biasanya, akan muncul warna-warna kecoklatan pada bagian tengahnya jika sudah matang. Anda harus teratur membolak-baliknya agar tidak gosong.
  13. Roti cane pun siap disajikan. Sebaiknya, sajikan selagi hangat baik bersama kari atau sebagai camilan.

 

Melihat bahannya yang tidak hanya mudah dicari namun aman dan sehat untuk berbagai usia, makanan ini bisa menjadi alternatif untuk sarapan anak saat berangkat ke sekolah. Selain menjadikannya sebagai pelengkap makan kari, Anda bisa menikmatinya sebagai camilan sore hari dengan didampingi teh tarik. Rasa roti yang gurih merupakan kombinasi sempurna untuk teh tarik tersebut. Karena membuat sendiri, Anda pun bisa memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Kualitas terigu sangat berpengaruh pada rasa dan tekstur roti yang akan Anda hasilkan

Similar Posts