Anda suka cemilan dari buah pisang? Kalau begitu, sama dong seperti saya. Buah pisang punya rasa manis alami dan tekstur lembut, sehingga mudah diolah jadi aneka kudapan atau pencuci mulut seperti pisang coklat, molen, dan pisang goreng. Intinya, pisang sangat fleksibel dibuat apapun dan bisa dinikmati kapanpun dimanapun! Ngomong-ngomong soal kudapan dari pisang, ada satu jajanan yang sedang hits sekarang ini, yaitu resep pisang goreng nugget kriuk . Dari namanya, kita bisa menebak kalau olahan pisang ini berbentuk seperti nugget tapi memakai pisang sebagai isiannya. Padahal, nugget lebih identik dengan olahan daging ayam, sapi, atau seafood. Hmm, penasaran kan?

A.Pengertian Pisang Goreng Nugget

Hasil gambar untuk gambar nugget pisang

Nugget pisang adalah salah satu jajanan ikonik dari Makassar. Kalau biasanya digoreng dengan tepung biasa, pisang yang satu ini digoreng dengan tepung panir sehingga lebih bertekstur dan renyah di luar. Namun jangan tertukar dengan pisang pasir lho, karena nugget pisang umumnya memakai pisang raja dan pisang tanduk yang terasa lebih legit dan beraroma khas.

B.Manfaat Pisang Goreng Nugget

1). Mengobati Penyakit Lambung (Maag)

Terdapat mitos bahwa kandungan pada buah pisang dapat meningkatkan asam lambung dan gas lambung, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Padahal, kandungan dari buah pisang ini yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.

Anda dapat mengonsumsinya ketika nyeri perut karena maag anda kambuh. Konsumsilah buah pisang tersebut seperti seakan-akan obat lambung anda. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.

2). Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium pada satu buah pisang seperti yang telah diketahui di atas, sangatlah tinggi jumlahnya. Kandungan kalium ternyata sangatlah bermanfaat untuk membantu kerja ginjal. Sehingga, konsumsi rutin buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

3). Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan fruktosa dengan berindeks glikemiks yang rendah. Kandungan jenis gula ini tentu sangat bagus, membuat buah pisang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya juga dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah pisang pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah buah pisang sebagai bagian dari program diet anda.

4). Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam buah pisang berupa potassium dan serat dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem peredaran darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah pisang ditemukan sangatlah kecil jumlahnya. Manfaat buah pisang dalam menjaga kesehatan jantung pun dapat terjaga.

5). Mengurangi Sakit yang dirasakan Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, salah satu jenis buah pisang diketahui mampu mengobati sakit diabetes. Pisang ini dikenal dengan nama pisang goroho, dari makassar. Oleh karena itu, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

6). Membantu Menghilangkan Jerawat

Dalam bidang kecantikan, manfaat buah pisang salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan buah pisang yang kaya akan vitamin membuatnya mampu menutrisi kulit wajah dan mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah buah pisang dengan ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada wajah. Bersihkan tempelan pisang pada wajah yang berjerawat setelah setengah jam penggunaan. Ulangi penggunaan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Resep Pisang Goreng Nugget Kriuk

Bahan-bahan:

  • 5-6 buah pisang
  • Bumbu sajiku instan pisang goreng
  • Tepung roti
  • Minyak goreng

Cara Membuat  Pisang Goreng Nugget Kriuk:

  1. Kupas kulit pisang.. lalu hancurkan buah pisang dengan sendok atau di remas saja.
  2. Masukkan tepung terigu pisang goreng lalu aduk hingga rata..jika masih terasa kurang manis bisa ditambah gula putih. Tapi karena pisangku udh manis jd ga ditambah gula lg. (Oia ga perlu ditambah air karena nnti terlalu lembek dan benyek)
  3. Kemudiam bentuk adonan sesuai selera. Lalu masukkan ke tepung roti..guling2 hingga rata seluruh bagian.
  4. Panaskan minyak..dan goreng.hati2 jangan terlalu lama. Masak hingga kuning keemasan.
  5. Selamat menikmati ditemani dengan teh panas

Selamat Mencoba.!!!

Similar Posts