resep membuat selai buah naga

 Resep Membuat Selai buah naga – Buah adalah salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah selalu direkomendasikan sebagai bahan makanan yang harus dikonsumsi rutin di setiap harinya. Kandungan vitamin serta serat yang dominan pada buah inilah yang menjadi nilai terbaik dari buah untuk kesehatan tubuh.

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang baru, karena memang baru dikenal oleh masyarakat. Buah ini baru saja masuk ke pasar-pasar dan dibudidakayakan di semua area Indonesia dalam periode sepuluh tahun terakhir. Pada awalnya buah ini hanya bisa dijumpai di Papua saja, sehingga masyarakat banyak yang belum kenal.

Namun saat ini buah naga sudah bisa didapatkan dengan mudah di berbagai kota di Indonesia.Buah ini bisa langsung dimakan begitu saja setelah dikupas atau dibuat jus. Selain itu, ternyata buah ini juga bisa dibuat selai yang nikmat, sehingga bisa menjadi teman makan roti.

Selai buah naga ini dalam proses pembuatan selai buah, pektin alami yang terkandung dalam buah-buahan akan bereaksi dengan gula dan asam sehingga membuat selai menjadi kental.

Resep Membuat Selai Buah Naga

Bahan-Bahan Yang Digunakan Dalam Resep Membuat Selai Buah Naga :

  1. 500 gram buah naga tanpa kulit, dipotong-potong.
  2. 200 gram gula pasir atau selera.
  3. 5 sendok makan air jeruk nipis atau lemon

 

 Langkah Dan Resep Membuat Selai Buah Naga :

  1. Sterilkan dahulu wadah atau botol tempat penyimpanan selai, dengan cara merebusnya hingga air mendidih. setelah selesai sisihkan.
  2. Dalam sauce pan, masukan potongan buah naga kedalamnya. Lalu masak dengan api kecil hingga mengeluarkan air. Kurang lebih selama 10 menit.
  3. Setelah buah naga mengeluarkan air, masukan gula pasir dan air jeruk nipis atau lemon kedalam pan. Lalu masak sambil diaduk-aduk hingga kedasar pan, agar selai tidak hangus.
  4. Masak selai buah naga sambil bauah naga di tekan-tekan perlahan hingga bah naga hancur.
  5. Saat selai buah naga mulai mengental, berdasarkan api dan masak sambil diaduk-aduk hingga benar-benar mendidih sebentar saja. lalu matikan api.
  6. Keringkan botol selai yang sudah steril, lalu tuang selai buah naga kedalamnya. Setelah benar-benar dingin baru botol selai buah naga ditutup.

Resep lainnya :

Resep mie sayur pelangi enak dan gurih

Similar Posts