resep lupis ketan legit
Kali ini saya akan membahas mengenai resep lupis ketan legit yang kekinian dan proses pembuatannya terbilang cukup simple.

Nah saya yakin banyak dari anda yang telah tahu cara membuat lupis ketan tersebut, namun bagi anda yang belum tahu cara membuatnya. Berikut ini resep lupis ketan legit yang bisa anda coba membuatnya dirumah.

Resep Lupis Ketan Legit

resep lupis ketan legit

Bahan yang Diperlukan :

  • 300 gram beras ketan putih
  • 2 tetes perisa pandan (hijau)

Secukupnya :

  • daun pisang potong lurus ukuran 4 jari
  • kelapa muda parut
  • tusuk gigi
  • gula merah sisir
  • gula putih
  • garam
  • daun pandan simpul dan potong (untuk jadikan hias)
  • air putih

Langkah untuk Membuat Lupis Ketan Legit :

  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam dalam air semalaman atau minimal 3 jam. Setelah direndam tiriskan sampai air hilang sama sekali. Bila ingin bewarna hijau, tambahkan perisa pandan dan aduk merata hingga tercampur. Disini saya bikin 2 yaitu original dan pandan.
  2. Kukus kelapa parut selama 10 menit tambahkan simpul pandan dan tabur sedikit garam pada kelapa parut
  3. Sambil menunggu kukusan, kita bikin saus gula nya. Panaskan gula merah sisir, gula putih, simpul pandan, tambahkan air sedikit saja. Masak hingga encer dan mendidih
  4. Matikan dan buka kukusan parutan kelapa diamkan. Mulai membungkus beras ketan yang sudah ditirisakan. Lipat segitiga daun pisang, masukkan beras ketan 1,5-2 sendok makan. (Jangan kebanyakan ya nanti pas direbus mengembang dan pecah). Ulangi membungkus sampai habis dan sematkan tusuk gigi untuk merapatkan bungkusan
  5. Rebus air hingga mendidih. Masukkan bungkus segitiga daun pisang. Hingga tercelup air semua. Di rebus kurang lebih 40-45menit. Jangan lupa bila air berkurang terus tambahkan air sampai tercelup semua. Saya tambahkan simpul pandan juga disini.
  6. Setelah 45 menit. Angkat tiriskan. lalu 10 menit kemudian setelah benar benar dingin, buka daun dan lumuri lupis dengan parutan kelapa. Tata dipiring saji. Siram diatasnya dengan Saus Gula

Manfaat Mengkonsumsi Beras Ketan

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan mengkonsumsi beras ketan dapat berperan untuk menjaga kesehatan tulang, lho! Berdasarkan sebuah penelitian, mangan yang terkandung dalam beras ketan akan menciptakan proteoglikan. Proteoglikan adalah protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jaringan tulang dan tulang rawan yang sehat.

Dalam satu porsi beras ketan telah memberikan 28% asupan harian mangan yang direkomendasikan untuk perempuan.

2. Menjaga Sistem Imun

Nutrisi dalam beras ketan seperti zinc dan zat besi dapat membantu menjaga sistem imun dalam tubuh. Menurut Linus Pauling Institute, zinc diperlukan oleh hampir 100 enzim yang berbeda dalam tubuh. Zinc juga membantu sistem imun dengan menstimulasi perkembangan sel darah putih.

Sel darah putih tersebut akan bertugas dalam memerangi bakteri. Kekurangan zinc dapat memberikan masalah pada sistem imun.

3. Sebagai Sumber Energi

Ladies, dalam 100 gram beras ketan mengandung 362 kkal. Sementara rekomendasi asupan kalori perharinya adalah 2.000 kalori. Ini menunjukkan konsumsi beras ketan memberikan asupan kalori yang cukup besar untuk tubuh.

Kalori inilah yang akan diubah menjadi energi yang anda butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tentu harus memiliki cukup energi agar semua kegiatan anda bisa dilakukan dengan lancar.

4. Mencegah Anemia

Anemia dapat menyebabkan tubuh merasa lemah, letih dan lesu. Anemia ternyata dapat dicegah dengan konsumsi beras ketan.Beras ketan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh sehat.

Salah satu nutrisi dalam beras ketan adalah vitamin B6. Vitamin ini dikenal mampu mencegah anemia. Ia membantu membuat sel darah merah sehingga jumlahnya akan tetap seimbang dalam tubuh.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Beras ketan dapat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, anda. Terdapat sejumlah fiber dalam beras ketan. Seperti yang kita ketahui, fiber atau serat berperan sangat penting dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat. Wanita membutuhan 25 gram serat dalam sehari.

Satu porsi beras ketan dapat memberikan 1,7 gram serat dan ini memberikan 7 persen asupan yang direkomendasikan.

6. Mencegah PMS

Premenstrual syndrome atau PMS sering menjadi masalah bagi wanita setiap bulan ya. Beras ketan memiliki fungsi dalam mencegah masalah ini, lho! Vitamin B6 yang terkandung dalam beras ketan bisa memberikan dampak pada PMS.

Dalam dosis yang cukup tinggi, vitamin B6 akan meringankan gejala premenstrual syndrome dan morning sickness. Anda tentu perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsi vitamin B6 dalam jumlah tinggi.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai resep lupis ketan lezat yang bisa anda coba membuatnya dirumah, selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat yang terdapat pada beras ketan putih.

Oh iya buat anda yang gemar membuat olahan dirumah saya ada sedikit reverensi untuk anda Resep Kue Dadar Gulung Kering yang Enak dan Nikmat

Similar Posts