resep kue bawang tanpa santanSiapa yang tak kenal dengan camilan kue bawang? camilan renyah yang sangat cocok untuk bersantai dengan keluarga ini memang menjadi salah satu favorit. Namun tahukah anda resepnya? pada kesempatan kali ini kita akan berbagi resep kue bawang tanpa santan. Apa yang membuat beda dari resep kue bawang yang lain dengan resep kue bawang tanpa santan? mari kita ulas resepnya bersama sama

Sebelumnya apakah anda pernah membuat kue bawang? jika anda belum pernah membuat kue bawang, anda patut mencobanya. Jika anda ingin membuat kue bawang yang gurih tapi bingung dengan cara membuat dan tidak tahu resepnya, silahkan baca artikel berikut ini Resep Kue Bawang Gurih dan Pedas.

Berbeda dengan artikel diatas, disini kita akan membuat kue bawang dari resep kue bawang tanpa santan. Bagaimana cara membuatnya? mari kita lihat resepnya.

Resep Kue Bawang Tanpa Santan

Membuat kue bawang tidak memerlukan waktu lama, adonan kita buat asal tercampur saja tidak usah terlalu kalis seperti saat membuat mie, yang penting adonan tidak lengket saat digiling nantinya.

Maka dari itu, penambahan margarin dimaksudkan agar adonan licin serta kue bawangnya menjadi renyah dan empuk. Untuk membuatnya, mari persiapkan bahan-bahan berikut ini.

Bahan Resep Kue Bawang Tanpa Santan

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 50 gr margarin
  3. 25 gr tepung tapioka
  4. 1 btr telur, kocok lepas
  5. 2 btg daun bawang, cincang halus
  6. 3 btg daun seledri, cincang halus
  7. 5 siung bawang putih, haluskan
  8. 50 gr bawang merah, cincang halus (atau diblender tapi kasar saja, tidak sampai halus)
  9. 1/2 sdt baking powder
  10. 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  11. 1/2 sdt penyedap rasa (optional)
  12. 50 ml air es

Cara Membuat Kue Bawang Tanpa Santan

  1. Satukan semua bahan, uleni hingga tercampur rata dan adonan tidak lengket di tangan. Pembuatan adonan ini cukup sampai adonan tidak lengket ditangan saja, jika terlalu kalis nantinya malah kurang empuk (kue bawangnya agak keras).
  2. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat memanjang seukuran sosis dan giling menggunakan gilingan molen/mie dengan ketebalan kurang lebih 1/2 mm. Jika terlalu tebal, kue bawangnya jadi kurang renyah namun jika terlalu tipis nanti jadi mudah hancur.
  3. Setelah digiling, potong sesuai selera. Gunakan gunting zigzag jika ingin hasilnya bagus, namun tidak wajib, tergantung kreatifitas masing-masing.
  4. Setelah itu goreng adonan kue bawang hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Proses menggoreng menggunakan tehnik deep fry biar hasilnya bagus serta teksturnya lebih renyah.

Bagaimana, Cukup mudah bukan membuatnya? jika anda tertarik membuat variasi camilan untuk mengisi toples anda, anda bisa baca artikel berikut ini Harus Dicoba..!! Resep Kacang Bawang Rasa Mete Spesial.

 

SELAMAT MENCOBA.

Similar Posts