Resep Kerupuk Udang – merupakan makanan ringan teman nasi yang sangat mudah ditemui, apalagi jika kita bisa ngebuat sendiri resep kerupuk udang. Jika cita rasa bisa anda sesuaikan dengan selera, selain itu kerupuk udang renyah yang homemade lebih sehat dan higienis karena menjamin bahan dan langkah pembuatan.

 

Tips Agar Kerupuk Udang Renyah

Sebelum menyimak resep kerupuk udang buatan sendiri, berikut tips agar kerupuk udang renyah, gurih, lezat dan maknyus :

Memilih Bahan Dengan Kualitas Terbaik

Gunakan udang yang segar berukuran sedang dengan rasa yang terbaik. Selain itu, udang yang sedang akan lebih mudah dibersihkan dan dikupas. Lalu selanjutnya, pilih tepung tapioka yang tidak apek dan tidak basah atau kualitas bagus.

Adoni Dengan Pas/Tepat

Tekstur adonan yang sama kalis ialah persamaan antara kerupuk udang dan siomay. Perbedaan siomay tekstur akhir empuk dan lentuk, sedang kerupuk harus renyah dan gurih. Kunci terletak pada pengadukan adonan, campur dulu tepung tapioka bersama bumbu dan udang hingga rata. Baru masukan telur dan air, next uleni sampai kalis. Usahakan adonan merata agar dapat menghasilkan kerupuk udang renyah namun tidak keras.

Kukus Adonan Kerupuk

Adonan sebelum di uleni, perlulah dikukus dahulu hingga padat dan matang sempurna. Proses pengukusan memakan waktu lama hingga beberapa jam. Bungkus adonan kerupuk udang yang telah kalis memakai daun pisang serta gulunglah menjadi gulungan besar. Kemudian kukus adonan sampai matang sempurna. Lalu biarkan adonan sampai dingin.

Jemur Kerupuk Memakai Sinar Matahari

Pastikanlah membuat kerupuk udang di kemarau karena harus dijemur dibawah sinar matahari sampai kering, lalu adonan kerupuk udang didinginkan, setelah itu iris tipis. Jemur kerupuk hingga benar kering selama 1-2 hari, supaya kerupuk bisa mengembang sempurna ketika digoreng dan tidak ada bagian yang bantat.

Goreng Kerupuk Dengan Dua Proses

Supaya mengembang maksimal, gorenglah kerupuk dengan dua proses. Proses pertama, goreng dengan api kecil hingga mekar, lalu angkat dan tiris. Setelah itu, keruouk bisa digoreng kembali dalam minyak panas hingga mekar. Agar tidak ada bagian bantat, dalam satu penggoreng yang sama jangan terlalu banyak menggoreng kerupuk, lalu pastikan pakai minyak yang banyak.

 

Resep Kerupuk Udang

Kerupuk udang renyah dan gurih ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan. Kini anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah tanpa ribet dengan resep berikut.

Bahan :

  • Udang segar, ukuran sedang 700 gr
  • Tepung tapioka, 500 gr
  • Bawang putih, haluskan 5 siung
  • Telur, 1 butir
  • Garam, 2 sdm
  • Gula pasir, 2 sdm
  • Air, 200 ml
  • Daun pisang, untuk membungkus secukupnya
  • Minyak, untuk menggoreng secukupnya

Langkah Pembuatan :

  1. Kupas kulit udang dan buang kepala. Cuci udang hingga bersih lalu tiriskan.
  2. Haluskan udang memakai blender.
  3. Campurkan udang giling, tepung tapioka, bawang putih, garam, dan gula pasir ke dalam wadah. Aduk rata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit, sambil diaduk.
  5. Masukkan telur, lalu uleni adonan dengan tangan hingga kalis dan tidak lengket.
  6. Bungkus memakai daun pisang, dan bentuklah gulungan panjang.
  7. Kukus adonan selama 3 jam hingga matang. Keluarkan lalu biarkan dingin.
  8. Iris adonan kerupuk tipis-tipis, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering sekitar 1-2 hari.
  9. Panaskan banyak minyak. Goreng kerupuk hingga mengembang dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  10. Siap disajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Itulah cara mudah membuat kerupuk udang homemade yang renyah, gurih, dan dijamin  bikin ketagihan. Jika tahu rahasianya, semua orang pasti bisa membuat camilan sedap ini di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga : Resep Kerupuk UdangUsaha Keripik Jagung

Similar Posts