Siapa yang tidak suka dengan kerupuk udang. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk udang indramayu yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Pengertian Udang

Udang adalah salah satu jenis makanan laut yang digemari banyak orang. Dan dapat diolah dengan cara apa saja, seperti digoreng, dikukus, dibakar, maupun dijadikan salad, udang memang tetap enak untuk dikonsumsi. Bahkan udang juga sering dijadikan kerupuk udang .

1.Nutrisi dan Manfaat yang Terkandung Dalam Udang

Meskipun  berukuran kecil, namun ternyata nutrisi yang terdapat di dalam udang cukup banyak, mulai dari protein, kalsium, yodium, sampai asam lemak omega-3. Bila dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi dan mudah juga untuk dioalah menjadi makanan misalnya membuat kerupuk udang.

a.Protein Untuk Pembentukan Sel Tubuh

Kandungan protein yang ada di dalam udang yaitu rendah lemak. Dalam 3 ons udang  kira-kira 15-16 ekor udang besar, mengandung 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya terdapat 1,4 gram lemak total. Protein yang dalam udang ini bermanfaat untuk membentuk sel tubuh.

Selain itu protein yang terkandung dalam udang  juga diperlukan untuk membangun , memperbaiki jaringan tubuh serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimia lainnya dalam tubuh. Karena tubuh tidak memiliki persediaan protein, maka kamu perlu memenuhi kebutuhan protein setiap harinya melalui makanan yang diolah menggunakan udang contohnya kerupuk udang.

b.Kebutuhan protein

Tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Remaja pria dewasa yang aktif, misalnya, membutuhkan sekitar hampir 200 gram protein sehari yang bisa dipenuhi dalam tiga kali makan.

Sedangkan remaja wanita dewasa, dan kebanyakan pria pada umumnya membutuhkan 170 gram protein per hari yang bisa dipenuhi dalam dua kali makan. Anak-anak, kebanyakan wanita dewasa  dan lansia hanya membutuhkan protein sebanyak 140 gram setiap harinya yang bisa dibagi dalam dua kali.Dengan demikian sebaiknya kita mengolah makanan yang terbuat dari udang agar terhindar dari penyakit tersebut oalah lah udang dengan berbagai macam makanan misalnya membuat kerupuk udang dan bakso udang.

c.Yodium Untuk Membantu Produksi Hormon

Setiap tubuh manusia memerlukan yodium , namun hanya bisa didapatkan dari asupan makanan.  berperan penting untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Tanpa asupan yodium yang cukup, kamu berisiko mengalami penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan terkena beberapa jenis kanker tertentu. Selain garam, udang juga merupakan pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan asupan yodium.dan salah satunya kerupuk udang  yang bisa membantu mendapatkan asupan yodium.

Nah, dengan mengonsumsi udang contohnya dengan membuat kerupuk udang  kamu bisa mendapatkan sejumlah nutrisi di atas yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

 Resep Kerupuk Udang Indramayu:

Bahan yang dibutuhkan

  1. Siapkan 300 gram tepung tapioka
  2. 300 gram udang
  3. 5 butir bawang putih
  4. 2 sendok teh gula pasir
  5. siapkan garam seperlunya’
  6. air putih
  7. Minyak goreng
  8. Alat pemotong kerupuk udang

Langkah-langkah Cara membuat kerupuk udang

  1. Masukkan udang dan bawang putih kedalam blender (udang diambil dagingnya saja)
  2. Masukkan adonan yang sudah diblender kedalam wadah
  3. Semua bumbu (tepug,gula,garam.dan air) dicampur sampai adonan menjadi pekat namun jangan terlalu encer
  4. Adonan dimasukkan cetakan/plastik/daun pisang berbentuk memanjang
  5. Lalu adonan dikukus selama kurang lebig 1,5 jam lalu didinginkan
  6. Adonan kerupuk dipotong tipis lalu dijemur hingga kering dibawah sinar  matahari
  7. Pastikan adonan benar-benar kering dan siap untuk digoreng dan disantap

1.Kerupuk Udang Indramayu Gurih

Bahan-bahan:

  • 1 kg udang bersih
  • 3/4 kg tepung tapioka
  • air
  • penyedap rasa
  • garam
  • bumbu halus:
  • 20 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica

Resep Kerupuk Udang Indramayu Gurih:

  1. Blender udang sampai halus, sementara bsa sambil menghaluskan bumbu
  2. Campur udang halus, tepung tapioka, bumbu halus,garam & penyedap beri sedikit demi sedikit air hingga membentuk adonan lalu tes rasa
  3. Terus aduk hingga adonan kalis dan bentuk memanjang seperti sayur terong (sesuai selera)
  4. Rebus dalam air mendidih..kalo sudah mengapung angkat tiriskan hingga dingin
  5. Masukkan dalam kulkas (freezer)selama kurleb 4 jam atau lebih sampai kerupuk kaku
  6. Iris tipis kerupuk lalu jemur
  7. Setelah kurleb 3-4 hari kerupuk siap digoreng (apabila cuaca panas)
  8. Goreng dalam api sedang..kerupuk siap dimakaann

Demikianlah artikel yang teklah saya buat semoga bermanfaat.

Similar Posts