Siapa yang tidak suka dengan kerupuk ikan. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk ikan bandeng yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

A.Pengertian Ikan

7 Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, Gurihnya Nagih!

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)  yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan                 ( Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), juku

B.Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi di Indonesia

7 Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, Gurihnya Nagih!

1. Kakap

Ikan laut khas Kepulauan Riau ini begitu populer di kalangan pecinta seafood. Kakap sendiri mempunyai banyak jenis, seperti merah dan putih. Harganya pun bervariasi tergantung kondisi cuaca dan musimnya, biasanya dibanderol antara Rp60-80 ribu per kilogram.

Banyak cara untuk mengolah kakap, biasanya diolah menjadi kakap asam manis, kakap bumbu kuning, gulai, dan sebagainya. Kakap ini sangat baik untuk tubuh, karena mengandung selenium tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan menangkal radikal bebas.

2. Tenggiri

Pasti sudah gak asing lagi dengan ikan satu ini. Tenggiri yang hidup di laut dangkal ini termasuk karnivora yang senang memakan kumpulan ikan kecil. Ikan ini pun masih satu kerabat dengan tuna dan tongkol dengan bentuk memanjang dan

3. Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Harganya cukup mahal mengingat dagingnya yang sangat lezat, apalagi untuk sushi atau sashimi. Di pasaran harganya dibanderol sekitar Rp80-120 ribu per kilo, tergantung jenisnya.

Ikan ini  sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Dagingnya juga mengandung lemak yang rendah, sehingga tidak membahayakan jantung. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan ya, kita dianjurkan mengonsumsi ikan tuna sebanyak 170 gram dalam sepekan.

4. Salmon

Dibandingkan tuna, salmon menjadi pilihan terbaik kalau mau dimakan langsung. Harganya pun terpaut jauh, yakni sekitar Rp300 ribuan per kilo. Gak heran, karena salmon memiliki rasa daging yang manis, kenyal, dan lembut.

Hebatnya lagi, salmon memiliki banyak manfaat, lho! Beberapa di antaranya seperti sumber lemak sehat, menurunkan tekanan darah, sumber vitamin, antiinflamasi, pelumas sendi, dan sebagainya. Kamu termasuk pecinta salmon gak, nih?

5. Lele

Beralih ke ikan air tawar, ada lele yang bertubuh licin dan memiliki kumis. Ikan ini begitu populer di Indonesia. Olahan yang paling favorit adalah pecel lele. Dagingnya yang lembut dan gurih sangat pas disajikan bersama sambal pedas.

Lele juga memiliki banyak manfaat, seperti sumber vitamin B-12, rendah merkuri, mengandung asam lemak sehat, serta rendah kalori dan lemak.

6. Gurami

Gurami menjadi salah satu menu wajib di rumah makan seafood. Ikan ini menjadi pilihan ekonomis jika kakap dirasa terlalu mahal. Meski lebih murah, rasanya tak kalah lezat, dagingnya padat, rasanya enak, dan gurih.

Biasanya orang Indonesia suka mengonsumsinya dalam bentuk gurami goreng, bakar, asam manis, atau semacamnya. Kalau kamu sendiri lebih suka olahan gurami seperti apa?

7. Wader

Terakhir ada ikan mungil yang sering ditemukan di perairan air tawar, seperti sungai, kolam, dan waduk. Wader cukup populer di Indonesia, terutama Jawa. Biasanya wader dikonsumsi dengan cara diberi sedikit tepung, lalu digoreng.

Resep Kerupuk Ikan Bandeng:

Bahan-bahan:

  • 2 btr telur ayam
  • 30 gr gula bubuk
  • Garam
  • 1/2 sdt penyedap jamur (totole)
  • 200 gr daging ikan bandeng, haluskan
  • 1/4 amoniak larutkan dengan 80 ml air
  • 400 gr tepung kanji
  • Kaldu daging bubuk
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Cara Membuat Kerupuk Bandeng:

  1. Kocok telur bersama gula, garam, penyedap jamur hingga berbuih
  2. Tambahkan ikan, aduk rata. Tambahkan larutan amoniak, uleni hingga rata.
  3. Lalu tambahkan tepung, kaldu, baking powder, aduk rata. Pulung adonan, bentuk sesuka hati
  4. Rendam dalam minyak dingin. Nyalakan kompor, pertama gunakan api besar. Setelah krupuk amplang terapung, kecilkan api. Goreng hingga matang. Angkat, tiriskan

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat.

Similar Posts