resep keripik pare renyah tidak pahit

Ada yang suka mengkonsumsi pare? Mungkin sebagian orang tidak suka dengan pare karena rasanya memang benar-benar pahit, serasa menempel terus di lidah.  Jika tidak mengetahui cara menghilangkan rasa pahitnya, silahkan simak artikel tentang resep keripik pare renyah tidak pahit di bawah ini.

Mungkin dengan mengolahnya menjadi keripik pare dapat membuat anda menjadi suka dengan pare. Karena keripik pare memiliki tekstur yang gurih, renyah, dan yang pasti pahitnya tidak terasa lagi. Selain keripik pare ada juga keripik yang tidak kalah gurih dan renyahnya yaitu keripik tempe, untuk melihat cara pembuatannya ada disini.

Sekilas Tentang Pare!!!!!

resep keripik pare renyah tidak pahit

Peria atau pare adalah tanaman yang berasal dari India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Pare merupakan tumbuhan merambat yang hidup di wilayah bagian Asia Tropis dan juga sebagai anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Pare dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan sayuran maupun bahan pengobatan. Momordica yang melekat pada nama binomialnya memiliki makna “gigitan” yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi menyerupai bekas gigitan.

Di setiap daerah pare memiliki nama yang berbeda-beda. Contohnya di jawa dikenal dengan pariaparepare pahitpepareh; di daerah Sumatera dikenal dengan prieuforipeparekambehparia; di daerah Nusa Tenggara disebut juga payatruwukpaitappaliakpariakpania, dan pepule; sedangkan di daerah Sulawesi disebut sebagai  poyapudupentuparia belenggede, serta palia.

Pere memiliki ciri-ciri buah panjang dan runcing pada ujungnya dan permukaannya bergerigi. Biasanya pare tumbuh merambat dengan sulur berbentuk spiral, bercabang, berbau tidak enak serta batangnya berusuk isma, daun tunggal, bertangkai dan letaknya berseling.

Apa manfaat pare?

1. Mencegah masalah kulit

Dengan mengkonsumsi pare dapat mencegah masalah kulit seperti infeksi kulit, eksim dan psoriasis. Jika teratur dalam mengkonsumsi pare bisa membantu tubuh meningkatkan kondisi psoriasis serta infeksi jamur lain seperti cacing cincin.

2. Anti penuaan

Kandungan vitamin C yang terdapat pada pare merupakan antioksidan alami yang akan memerangi dan menghilangkan radikal bebas berbahaya. Juga mampu membantu mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan serta dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

3. Mengatasi diabetes

Pare juga dapat mengtasi diabetes, dan mungkin ini bukan hal asing bagi mereka. Ternyata pare mengandung senyawa sulfornylurea dan sterol glikosida yang biasanya ditemukan dalam obat diabetes. Sehingga pare sangat tepat bagi penderita diabetes.

4. Menambah nafsu makan

Meskipu rasanya yang pahit itu, ternyata dengan mengkonsumsi pare bisa meningkatkan nafsu makan secara alami. Karena pare mengandung asam trichosanat dan momordicin yang fungsinya untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Resep Keripik Pare Renyah Tidak Pahit

resep keripik pare renyah tidak pahit

Bahan untuk membuat keripik pare :

  • 2 kg pare
  • 1 kg tepung beras
  • 3 butir telur utuh
  • 2 bks Royco
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 3 biji kemiri
  • 2 ruas kencur
  • Ketumbar 1 sendok teh

Cara membuat keripik pare :

  1. Pertama pare diiris tipis-tipis, lalu dicuci hingga bersih.
  2. Setelah itu rendam irisan pare ke dalam air garam, jumlah garam harus banyak agar rasa pahitnya berkurang banyak.
  3. Lakukan perendaman selama kurang lebih 24 jam, lalu cuci lagi dengan air bersih.
  4. Setelah proses perendaman, lalu calon keripik pare dijemur sampai benar-benar kering. Jika cuaca panas maka penjemuran cukup dilakukan 1 hari saja.
  5. Setelah dirasa cukup kering, langkah selanjutnya yaitu proses penggorengan.
  6. Sebelum digoreng buat adonan terlebih dahulu, caranya masukkan semua bahan kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak terlalu encer. Agar adonan dapat menempel lama sebelum digoreng.
  7. Panaskan minyak, setelah minyak panas kondisikan api tidak telalu besar.
  8. Kemudian celupkan sedikit demi sedikit irisan pare ke dalam adonan.
  9. Kemudian goreng hingga kering dan matang, lalu angkat dan tiriskan.
  10. Tunggu sampai keripik pare mendingin, setelah itu bungkus yang rapat atau masukkan ke dalam toples yang tertutup rapat agar tidak cepat melempem.
  11. Keripik pare siap untuk disajikan.

Demikian pembahasan tentang resep keripik pare renyah tidak pahit, caranya mudah untuk dipraktikkan langsung di rumah. Untuk bahannya mudah didapatkan dan selamat mencoba. 😀

Similar Posts