Buncis yang terkenal akan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan banyak air tenyata dapat diolah menjadi resep keripik buncis. Buncis termasuk kedalam polong-polongan, maka dari itu manfaat dari buncis tidak jauh dengan kacang panjang, kacang merah dan kedelai. Kandungan serta manfaat dari buncis dijadikan konsumsi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat buncis

Buncis merupakan biji-bijianyang tertutup oleh polong. Masyarakat banyak yang mengkonsumsi buncis cukup dengan cara kukus secara sebentar atau ditambahkan ke dalam salad.

Jika untuk meningkatkan dalam kesehatan, kacang buncis merupakan pilihan yang tepat untuk memulai dalam asupan sehari-hari.

Ternyata buncis dapat digunakan untuk mengatasi gejaya yang ada dalam penyakit diabetes. Zat yang terdapat pada buncis seperti stigmasterol dan sitisterol dapat melakukan peranannya sebagai menigkatkan produksi insulin dari pankreas.

Insulin inilah yang akan mengontrol kadar gula darah yang terdapat pada tubuh manusia. Dengan semakin banyak produksi insulin maka akan semakin turun kadar gula darah tersebut.

Buncis yang dikonsumsi secara menyeluruh dapat menyediakan serat makanan yang relatif sangat tinggi. Serat tersebut digunakan dalam menurunkan kdar kolesterol dalam darah, obesitas dan sembelit.

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan folat untuk memadai pada ibu hamil serta dapat mencegah cacat tabung sara pada bayi yang baru lahir. Ternyata juga mampu memperlancarkan ASI bagi ibu hamil dengan cara mengkonsumsi buncis yang berusia di bawah 1 tahunatau biasa dikenal dengan nama baby bean.

Kandungan gizi dalam buncis

Sebelum ke resep keripik buncis kenali dulu kandungan yang terdapat pada buncis dibawah ini :

Vitamin c

Buncis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin c tersebut larut dalam air yang berguna untuk memperngaruhi penyembuhan dalam luka, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga dapat membantu dalam proses produksi kolagen. Asupan yang telah direkomendasikan vitamin c pada manusia adalah 90 miligram untuk pria yang berusia lebih dari 19 tahun dan 75 miligram untuk wanita dari kelompok usia yang sama.

Serat

Mengkonsumsi makanan yang akan kaya serat dapat membuat beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Tidak hanya dapat membantu mengkontrol kolesterol dan gula darah, namun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan. Dalam menambahkan lebih banyak serat ketika diet, maka lakukanlah secara bertahap agar terhindar dari gas dan kembung menurut Mayo Clinic.

Vitamin A

Vitamin A adalah antioksidan yang dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan penglihatan yang sangat baik dan menjaga jaringan ikat yang kuat. Dosis yang terdapat pada vitamin A yang terlalu tinggi dan diambil dalam waktu singkat dapat menyebabkan efek samping, seperti muntah, mual, penglihatan kabur dan sakit kepala.

Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang larut akan dalam lemak, dan akan disimpan dalam sel lemak tubuh. Serta sangat terkenal karena kemampuannya untuk mempromosikan pembekuan darah.

Vitamin B

Buncis ternyata mengandung sejumlah vitamin B yang membantu memecah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi, dan juga membantu fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Mineral

Zat besi dan mangan masing-masing memiliki fungsi tertentu didalam tubuh manusia. Zat besi merupakan sangatlah penting untuk transportasi oksigen dan mangan membantu  penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi saraf.

Bahan-bahan

Dalam membuat resep keripik buncis, berbahan baku dibawah ini  :

  1. Buncis segar sebanyak 500 gram, yang sudah disilangi lan dipotong menjadi dua bagian
  2. Tepung terigu 250 gram
  3. Tepung tapioka 5 sendok makan
  4. Air es sebanyak 500 mili liter
  5. Bawang putih 4 siung yang dihaluskan
  6. Merica bubuk 1 gram
  7. Penyedap rasa 15 gram
  8. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat keripik buncis

Berikut merupakan resep keripik buncis :

  1. Pertama-tama, campurkan lah tepung terigu dan tapioka tersebut secara merata.
  2. Selanjutnya masukkan bawang yang sudah dihaluskan, jangan lupa unruk membumbui dengan garam, penyedap rasa serta merica bubuk. Aduk-aduklah semua bahan tersebut secara merata.
  3. Setelahnya tuangkan air es ke dalam adonan tepung dan aduklah secara merata.
  4. Kemudian langkah terakhir, panaskan terlebih dahulu minyak goreng. Celupkan buncis yang telah dibumbui kedalam adonan tepung tersebut diatas wajan dengan api kompor yang sedang. Angkatlah maka keripik buncis tersebut siap untuk dihidangkan.

baca juga : Cara Unik Membuat Keripik Sayuran Wortel

baca juga : Belajar Usaha keripik sayur di desa yang begitu menjanjikan.. yuk…

 

Similar Posts