Gula Kacang atau yang sering dikenal sebagai Ampyang Kacang merupakan camilan tradisional yang rasanya manis dan gurih yang terbuat dari kacang dan gula jawa. Resep kembang gula kacang ini juga memikat banyak orang untuk mencoba membuatnya.

Selain menjadi makanan dirumah, ternyata gula kacang juga menjadi jajanan yang telah populer sehingga mudah kita dapatkan di toko-toko baik dalam skala usaha kecil maupun besar.

Resep Kembang Gula Kacang

Kembang gula merupakan makanan asal Jawa Tengah yang terbuat dari bahan kacang tanah dan gula jawa / gula merah. Bahannya sangat mudah diperoleh dan cara membuatnya pun tak terlalu rumit. Makanan ini cocok untuk teman minum teh di pagi atau sore hari.

Ampyang berwarna cokelat kehitaman dan mempunyai rasa manis-gurih. Teksturnya agak keras, mirip cokelat batangan yang di dalamnya berisi kacang-kacangan. Rasanya tak banyak variasi, yang paling umum adalah rasa orisinal gula Jawa dan jahe.

Tak perlu khawatir jika sulit menemukan penjual ampyang di daerah anda. Resep Kembang Gula Kacang tidaklah terlalu sulit, bahannya pun sangat mudah didapat dan murah. Jika tertarik, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Resep kembang gula kacang akan dibahas dibawah ini. Simak yaaa!!!

resep kembang gula kacang

 

Bahan yang diperlukan untuk membuat ampyang:

  • Kacang tanah 1 kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • Gula kelapa/gula merah 1/2 kg
  • Air jahe dari jahe sebesar ibu jari
  • Air secukupnya

Cara pembuatan:

Pertama-tama kacang tanah disangrai dulu hingga matang.
Berikutnya gula pasir, gula kelapa, air jahe, dan air bersih secukuonya direbus hingga kental.
Lalu masukkan kacang tanah kedalam rebusan yang tadi sambil diaduk-aduk. Ingat pada saat memasukkan kacang tanah api kompor dikecilkan.
Yang terakhir adonan siap dicetak dengan cara mengambilnya dengan sendok kemudian tuangkan dalam cetakan sesuai bentuk yang Anda inginkan. Kalau jaman dulu untuk mencatak gula kacang menjadi bulat menggunakan potongan bambu yang diletakkan pada nyiru (tampah).
Setelah dicetak semuanya diamkan dulu hingga mengering baru disimpan dalam toples.

Pengemasan produk:

Kemasaran produk mampu membuat produk terlihat lebih menarik dan berkualitas. Jadi, agar produk ampyang ini mampu menarik minat konsumen untuk membelinya, desain sebaik mungkin kemasan tersebut. Pastikan kemasan terlihat professional dan unik agar konsumen terpikat oleh produk tersebut.

Jangan lupa baca resep lainnya Bolu White Coffee Panggang…Pasti Ketagihan Dengan Rasanya !

Similar Posts