resep kacang bawang rasa mete

Kali ini kita akan sedikit berbagi resep kacang bawang rasa mete atau biasa kita kenal sebagai camilan dengan nama kacang mete tiruan kw super. Kenapa kacang bawang rasa mete disebut kacang mete kw super? karena kacang yang digunakan pada resep kacang bawang rasa mete ini adalah kacang tanah biasa.

Lhoo kok bisa kacang tanah biasa bisa berasa kacang mete? pertanyaan itu sering muncul ketika kita makan kacang bawang rasa mete. Itu karena proses pembuatannya sama dengan membuat kacang bawang biasa, bagi anda yang belum tahu resep dan cara membuat kacang bawang, anda bisa mengunjungi artikel berikut ini untuk mendapatkan resepnya di siniĀ Resep Kacang Bawang Spesial.

Resep kacang bawang rasa mete ini sangat cocok bagi anda yang bingung dengan isian toples yang sudah biasa. Dengan resep kacang bawang rasa mete ini anda dapat membuat camilan enak dan murah layaknya camilan kacang mete yang mahal. Langsung saja kita lihat resep kacang bawang rasa mete berikut ini.

Resep Kacang Bawang Rasa Mete

Kunci agar berhasil membuat camilan satu ini adalah perendaman, kita bisa merendam kacang tanah dalam air yang dicampur dengan sedikit air kapur. Hal ini dimaksudkan agar tekstur kacang tanah menjadi lebih empuk, tidak terlalu keras jika nanti digoreng.

Untungnya resep kacang bawang rasa mete kali ini hanya membutuhkan bahan bahan sederhana yang bisa kita temui sehari hari. Penasaran apa saja bahan bahannya? mari kita intip.

Bahan:

  1. Kacang tanah kupasan 1 kg
  2. Air kapur 1 sdm
  3. Air panas secukupnya
  4. Bawang putih 8 siung (4 untuk perendaman dan 4 untuk memberikan aroma)
  5. Santan 300 ml
  6. Gula secukupnya
  7. Garam secukupnya

Cara Membuat Kacang Bawang Rasa Mete:

  1. Rendam kacang ke dalam air kapur. Agar tidak merubah rasa sebaiknya 1 kg kacang tanah hanya menggunakan sekitar 1 sdm air kapur (Ingat air kapur rendaman, bukan kapurnya).
  2. Selanjutnya tambahkan air panas sampai kacang terendam sepenuhnya, panasnya air membuat kacang tanah kita lebih mekar. Rendam sekitar 30 menitan. Angkat lalu tiriskan.
  3. Haluskan bawang putih perendaman, gula dan garam lalu campurkan dengan santan.
  4. Masukkan kacang tanah ke dalamnya lalu aduk-aduk hingga merata.
  5. Diamkan sekitar 30 menitan agar bumbu meresap.
  6. Panaskan minyak untuk menggoreng dan potong 4 siung bawang putih.
  7. Setelah benar-benar panas masukkan kacang bersama irisan bawang putih.
  8. Goreng sampai kacang tanah berubah warna keemasan, angkat lalu tiriskan.
  9. Saat baru diangkat dari wajan pasti tekstur kacang terlihat masih basah. Tak perlu khawatir karena kondisi kacang masih panas dimana proses pematangan masih terjadi.
  10. Diamkan saja kacang sampai benar-benar tiris, pasti teksturnya kering sendiri.
  11. Resep kacang bawang rasa mete telah selesai, pasti rasanya gurih, empuk dan enak.
  12. Kacang bawang siap dinikmati bersama keluarga.

Cukup mudah bukan cara membuatnya?

Jika anda tertarik membuat makanan pedas tidak ada salahnya juga mencoba resep berikut iniĀ Resep Sambal Bawang Ayam Geprek Nikmat yang Menguras Keringat!!

Selamat Mencoba..

Similar Posts