resep bakso goreng pedas

Resep Bakso Goreng Pedas – Bakso selalu menjadi makanan yang menggoda selera, kelezatan bola daging ini tidak perlu ditanyakan lagi. Semua olahan bakso selalu mempunyai penggemar tersendiri, bakso atau pentol bakso bisa diolah menjadi beragam jenis makanan. Mulai dari yang mempunyai rasa pedas, manis, dan gurih, semua olahan bakso tersebut mempunya kenikmatan masing-masing. Ada juga beberapa olahan bakso unik.

Salah satu olahan bakso cukup banyak penggemarnya dan mudah dibuat yakni bakso goreng pedas. Dengan olahan bakso yang digoreng dan kemudian dibumbui dengan bumbu pedas, membuatnya memiliki cita rasa yang menggoda lidah. Bakso goreng pedas ini bisa anda jumpai di beberapa tempat, terutama pinggir-pinggir jalan tempat keramaian. Harganya pun cukup bersahabat bagi kantong.

Selain dapat membeli bakso goreng pedas, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa belajar resep bakso goreng pedas dalam artikel ini, anda cukup menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Cara membuat bakso goreng pedas ini cukup simpel dam mudah.

Baca juga : Resep Bakso Pedas Jeletot dan Kreasinya, Cocok Buat yang Suka Pedas

 

Resep Bakso Goreng Pedas

Resep Bakso Goreng Pedas ini dapat menggunakan bakso sapi ataupun bakso lainya seperti bakso ikan, bakso ayam, bakso udang, dan jenis bakso lainya. Yang membuat spesial bakso goreng pedas ini adalah sabal atau bumbu pedasnya, maka pilihlah cabai yang masih segar dan pedas tentunya. Selain resep bakso goreng pedas original, juga akan membagikan beberapa resep bakso goreng pedas dengan tambahm bumbu lainya yang tidak kalah enak.

resep bakso goreng pedas

Bahan-bahan :

  • 10 bh bakso
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam dan gula secukupnya
  • Sedikit daun bawang
  • 2 sdm mentega
  • Daun kemangi (boleh skip)

bumbu halus :

  • 5 cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 5 bawang merah
  • 1 tomat kecil
  • 3 bawang putih
  • 5 cabe merah

Langkah :

  1. Goreng bakso dgn 2sdm mentega,
  2. Goreng sampai berubah warna dan mekar, sisihkan
  3. Masak bumbu halus, beri garam gula, saus tiram dan kecap manis
  4. Cek rasa.
  5. Lalu masukan bakso, beri sedikit air, aduk rata
  6. Masak sampai bumbu meresap
  7. Terakhir taburi dgn daun bawang dan daun kemangi

 

Tips Memilih Bakso Yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

Bahan bakso yang digunakan dalam membuat resep bakso goreng pedas haruslah bakso yang sehat dan aman dikonsumsi. Karena ada ditemukan bakso yang beredar di pasaran sudah tidak layak dikonsumsi. Untuk itu kami juga akan berbagi tips memilih pentol bakso yang sehat dan aman dikonsumsi. Berikut ini ada tipsnya.

resep bakso goreng pedas

1. Lihat Warnanya

Bakso yang menggunakan daging sapi dalam jumlah cukup banyak mempunyai tanda warnanya abu-abu. Sedangkan bakso dengan banyak menggunakan tepung terigu atau bahan tambahan lainya mempunyai warna putih pucat. Lalu Bakso yang menggunakan daging segar dan bebas pengawet memiliki warna abu-abu yang lebih gelap.

2. Cek Tingkat Kekenyalan

Tingkat kekenyalan bakso dipengaruhi oleh kualitas bahan daging yang digunakan dalam membuatnya. Jika menggunakan daging sapi segar, maka tekstur bakso akan terasa kenyal dan meiliki tekstur garing. Sedangkan bakso yang menggunakan terlalu banyak tepung akan memiliki tekstur cenderung kenyal tapi keras.

3. Daya Tahan Bakso

Bakso yang sehat hanya akan bertahan sekitar empat hari dalam suhu ruangan. Sedangkan jika disimpan dalam lemari es akan bertahan kurang lebih selama seminggu. Namun jika bakso disimpan dalam suhu beku, bisa betahan hingga satu bulan. Akan tetapi untuk meningkatkan daya tahan, banyak pedagang atau pembuat bakso menggunakan bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh.

 

Itulah resep baso goreng pedas dan juga tips memilih bakso yang sehat dan aman dikonsumsi. Cukup mudah dan simpel kan membuatnya? Anda bisa segera mencoba membuatnya, dan pastikan menggunakan bakso yag sehat. Semoga resep ini bermanfaat…Selamat mencoba

Similar Posts