resep bakso ayam rumahan

Resep Bakso Ayam Rumahan – Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bakso ayam rumahan. Bakso, siapa yang tak mengenal makanan fenomenal ini. Bakso sudah lama menjadi menu jajanan favorit masyarakat Indonesia.

Berbagai macam jenis bakso tersedia di pusat kuliner hampir di seluruh pelosok Indonesia. Mulai bakso ayam, bakso ikan, dan bakso daging sapi.

Berbagai kreasi isian bakso pun juga banyak di temukan, mulai bakso isi telur, bakso isi keju bakso isi buah dan masih banyak lagi. Baca : Bakso Enak Untuk Jualan

Bakso sebenarnya berasal dari China, lho. Tepatnya di Fuzhou, pada akhir Dinasti Ming, atau sekitar awal abad ke-17. Pada saat itu, ada seorang pria bernama Meng Bo.

Meng Bo ini anak yang penurut banget. Apalagi sama ibunya dia sangat sayang dengan ibunya. Ibu Meng Bo ini sudah tua dan sakit-sakitan. Makanya tidak bisa makan makanan yang keras-keras lgi. Padahal sih, ibu Meng Bo doyan banget makan daging.

Meng Bo yang sedih lalu memikirkan berbagai macam cara supaya ibunya bisa makan daging kembali. Dia memikirkannya bahkan sampai semalaman lho.

Sampai akhirnya, dia tidak sengaja melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk di buat Kue Mochi. Nah, Meng Bo lalu kepikir untuk menumbuk daging seperti menumpuk beras ketan. Daging yang sudah empuk lalu di bentuk bulatan-bulatan dan kemudian di rebus.

Ibu Meng Bo senang sekali. Nggak cuma bisa makan makanan yang lezat, tapi dagingnya juga empuk banget untuk di makan. Nah, kisah berbaktinya Meng Bo inilah yang kemudian menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Banyak orang yang kemudian datang menemui Meng Bo untuk belajar membuat bakso.

Udah tau kan sejarah bakso? Sekarang saatnya untuk resep baksonya di bawah ini:

Resep Bakso Ayam Rumahan

resep bakso ayam rumahan

Bahan Untuk Membuat Bakso Ayam Rumahan :

  • 500 gram daging ayam di potong-potong kecil lalu masukkan frezer sampai 1/2 beku
  • 85 gram tepung kanji
  • Tepung maizena 50 gram
  • 2butir putih telur dingin, jadi simpan dulu dikulkas
  • 1/2 sendok makan garam atau sesuai selera
  • Gula pasir 1/4 sendok makan
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok makan bawang goreng
  • 4 siung bawang putih goreng
  • 2 sendok makan minyak goreng.

Cara Membuat Bakso Ayam :

  1. Masukkan ayam, bawang putih dan bawang merah yang sudah digoreng, lada bubuk, garam, gula, putih telur lalu blender sampai ayamnya halus dan semua bahan tercampur rata.
  2. Campur ayam yang sudah di blender dengan tepung kanji dan tepung maizena
  3. Lalu uleni pakai tangan hingga tercampur rata lalu masukkan minyak goreng uleni terus sambil banting – banting adonan hingga kesat.
  4. Kalo masih lembek jangan di tambah tepung tetapi banting – banting terus adonan hingga 20 – 25 x bantingan.
  5. Bentuk bulatan bakso , caranya genggam adonan nanti adonan akan keluar dari lubang jari telunjuk dan jempol lalu ambil dengan sendok, rebus dalam air mendidih hingga baksonya terapung, angkat dan tiriskan.

Bakso siap di hidangkan atau di gunakan sebagai campuran sop dan aneka masakan lainnya untuk menambah cita rasa masakan.

Similar Posts