Perbedaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa – Mungkin kamu atau kebanyakan orang berfikir bahwa dana desa dan alokasi dana desa itu sama, tetapi nyatanya itu adalah kedua hal yang berbeda.

Tentu perbedaan jelasnya terletak pada penggunaan dana tersebut untuk apa. Dan juga cakupan dana tersebut meliputi apa saja.

Nah, kali ini saya akan sedikit memaparkan mengenai perbedaan dana desa dan alokasi dana desa tersebut. Agar kita menjadi lebih tahu dan tidak salah sangka.

Agar tidak penasaran lagi ini lah penjelasan Perbedaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa sebagai beikut.

Perbedaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa

Perbedaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa

1. Pengertian Dana Desa

Dana desa adalah dana dari pemerintah pusat yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN yang di salurkan melalaui anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD.

Dana yang sudah di terima oleh pemerintah daerah akan dibagikan ke pemerintahan desa, dengan persentase masing-masing desa mendapat 10% dari total dana desa.

2. Pengertian Alokasi Dana Desa

Alokasi dana desa adalah dana dari pemerintah daerah yang berasal dari pajak daerah. Pembagian dana ini ditetapkan pemerintah daerah untuk kemajuan desa.

Jumlah alokasi dana desa yang diberikan ditiap desa beragam sesuai kondisi dan kebutuhan desa, minimal dana yang diberikan adalah 10% dari total dana seluruhnya.

3. Perbedaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa

Jika kita lihat sekilas mungkin dana desa dan alokasi dana desa itu hampir sama. Namun sebenarnya keduanya cukup berbeda, berikut perbedaannya.

  • Dana desa berasal dari pemerintah pusat yang disalurkan ke pemerintah daerah. Dari pemerintah daerah akan dibagikan sama rata ke semua desa di daerah tersebut.
    Sedangkan alokasi dana desa berasal dari pemerintah daerah dimana pembagianya diatur oleh pemerintah daerah dan tiap desa minimal mendapat 10% dari keseluruhan dana.
  • Dana desa diambil dari APBN yang di serahkan ke APBD. Sedangkan alokasi dana desa berasal dari pajak daerah.

Begitulah perbedaan mengenai dana desa dan alokasi dana desa.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai Perbedaan Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa. Semoga dapat menambah wawasan kita.

Baca juga RAHASIA CARA MEMBUAT JUS BUAH NAGA PUTIH YANG BIKIN NAGIH di sini

Terima Kasih.

Similar Posts