Pengertian bumdes

Pengertian BUMDes – Kali ini kita akan membahas tentang pengertian BUMDes. sebelum membahas tentang pengertian BUMDes ada baiknya kita tau kalau desa adalah salah tempat yang berpotensi untuk perekonomian suatu negara.

Disinilah sangat banyak potensi yang bisa kita kembangankan , selain itu juga banyak SDA (Sumber Daya Alam) yang tersedia di dalamnya. Sebelum pemerintah menyadari bahwa hal tersebut desa desa tidak bisa berkembang dan masih tetap tertinggal.

Tetapi saat pemerintah menyadari bahwa akan banyak potensi didesa yang begitu besar maka mereka menerbitkan sebuah kebijakan yaitu Otonomi Daerah. Maka banyak daerah daerah yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan wilayah nya terutama mengembangkan desa mereka sendiri. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah badan usaha milik desa.

 

Sekarang kita masuk apa pengertian BUMDes itu sendiri. Badan usaha milik desa atau biasa disebut dengan BUMDes merupakan sebuah lembaga usaha desa yang di kelolah olehpemerintah desa juga masyarakatdesa tersebut bertujuan untuk memperkuat perekonomian desa.

Pengertian bumdes

Dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut. BUMDes adalah sebuah badan usaha yang bisa membantu masyarakat didalam segala hal antara lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Menjadi peluang usaha atau lapangan pekerjaan, menambah wawasan masyarakat desa.

Kita sudah membahas apa itu pengertian BUMDes , selanjutnya kita akan membahas Ciri BUMDes.

Ciri – Ciri BUMDes antara lain :

  1. Kekuasaan penuh ditangan desa , dan juga di kelola bersama masyarakat desa.
  2. Modal bersama yaitu bersumber dari desa sebesar 51% dan dari masyarakat 49% , dilakukan dengan cara penyerataan modal (saham atau andil).
  3. Untuk bidang yang dipilih bagi badan usaha desa disesuaikan dengan potensi dan informasi pasar.
  4. Keuntungan yang di peroleh dari produksi dan penjualan di tujukan untuk meningkatkan kemakmuran anggota dan masyarakat desa melalui kebijkan desa.
  5. Pemberian fasilitas dan pengawasan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Pemrintah Desa.

Itulah ciri-ciri yang dimiliki oleh BUMDes. Perlu anda ketahui bahwasannya BUMDes memiliki empat tujuan utama yakni :

  1. Meningkatkan perekonomian masyarakat desa
  2. Meningkatkan pendapatan masyarakat desa
  3. Mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat
  4. Menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan ekonomi desa.

Pada dasarnya pendirian dan penelolaan BUMDes adalah sebuah wujud dari pengelolahan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustainable.

untuk mencari info menarik lain nya silakan kunjungi membuat.info . Untuk pembahasan tentang BUMDes lebih lengkap baca artikel Tujuan Di Dirikan Badan Usaha Milik Desa

 

Similar Posts