Pembuatan Pakan Fermentasi Em4

Di artikel saya yang kali ini akan membahas tentang Pembuatan Pakan Fermentasi Em4 yang praktis dan mudaah. Dalam usaha di bidang peternakan, pakan menjadi hal yang penting untuk menentukn hasil yang berkualitas.

Selain ada Pembuatan Pakan Fermentasi Em4 ada juga fermentasi rumput segar yang dapat diberikan untuk pakan ternak rumnisisa anda.

Mari langung saja simak di bawah ini tentang pembuatan fermentasi pakan Em4.

Pakan Fermentasi Em4 Untuk Hewan Ternak

Dalam melakukan usaha peternakan baik kambing, unggas, sapi maupun domba merupakan kegiatan yang sudah biasa kita temui di daerah pedesaaan. Kegiatan peternakan ini dapat meningkatkan perekonomian para masyarakat di pedesaan.

Sistem peternakan yang dilakukan oleh orang pedesaan dapat kita lihat dalam pemberian pakannya yang masih menggantungkan hijauan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Jadi sangat tergantung pada kondisi dan cuaca pada saat itu. Jika musim kemarau tiba maka produktifitasnya akan semakin menurun.

Sangat disayangkan sekali jika kondisi itu banyak terjadi disekitar kita. padahal jika dilakukan dengan cara yang benar maka akan menjadikan penghasilan yang sangat menjanjikan.

Pakan merupakan salah satu faktor terpenting dalam dunia usaha peternakan, sukses tidaknya suatu bisnis peternakan ditentukan oleh pemilihan pakan yang tepat. Dengan memilih sumber pakan yang tepat maka akan meningkatkan produktifitas ternak secara cepat, ternak akan menjadi sehat dan cepat gemuk.

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat pakan ternak fermentasi dengan em4. Apakah ada yang sudah mengetahui tentang pakan Emm4?. Em4 adalah suatu metode pembuatan pakan dengan cara fermentasi dengan memberikan bahan prebiotik yaitu pemberian bakteri untuk pakan ternak yang sudah diuji secara klinis.

Pakan Em4 ini sering disebut sebagai molekul organism local yaitu bakteri baik yang dapat membantu proses pencernaan ternak. Em4 ini bisa dibeli di toko pertanian atau peternakan dan bisa juga dengan membuat sendiri.

Harapannya akan mendapatkankeuntungan yang lebih cepat. Salah satu metode pengolahan pakan trebaru adalah dengan cara fermentasi.

Cara Pembuatan Pakan Fermentasi Em4

  1. Siapkan bahan pakan yang akan di buat fermentasi. Bahan pakan yang lazim digunakan untuk fermentasi adalah jerami kering, rumput kering dan tebon jagung
  2. Cacah semua bahan agar ukurannya lebih kecil agar mempermudah proses fermentasi
  3. Campurkan bahan fermentasi yaitu prebiotik em4 dengan tetes atau larutan gula
  4. Semua bahan pakan yang sudah dicacah diletakkan diatas terpal atau plastik yang sudah disediakan
  5. Campur semua bahan pakan tadi dan kemudian diberi larutan fermentasi yang sudah dicampurkan
  6. Aduk hingga rata semua bahan dan pastikan semuanya sudah benar – benar rata
  7. Simpan semua campuran bahan tadi dalam wadah drum besar. Kemudian tutup dengan plastik atau terpal agar mendapatkan proses fermentasi yang lebih sempurna
  8. Proses fermentasi ini memakan waktu kurang lebih hingga 14 hari.

Manfaat Pakan Fermentasi Em4

  1. Pakan fermentasi em4 ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa dijadikan stok pakan dalam jangka waktu yang lama juga
  2. Tidak direpotkan lagi dalam penccarian pakan sehingga biaya pekerja bisa lebih dikurangi
  3. Produktifitas peternakan akan lebih meningkat. Karena pertumbuhan ternak menjadi lebih cepat gemuk, biaya operasionalnya pun akan lebih berkurang
  4. Dapat mengantisipasi ketersedian pakan tanpa risau dengan perubahan cuaca dan iklim yang serba tidak menentu
  5. Kualitas ternak akan lebih baik dan sehat sehingga harga jualnya pun akan lebih meningkat.

Dalam pemberian pakan juga harus diperhatikan. Agar menghasilkan hewan ternak yang berkualitas juga. Berikut cara pemberian pakan secara tepat :

  • Pakan fermentasi baiiknya diberikan pada saat siang hari dan sore hari. Sedangkan pada pagi hari bisa diberikanpakan rumput hijauan
  • Jika diberikan masih pada masa permulaan sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit agar dapat mulai terbiasa
  • Ternak bisa diberikan pakan pendamping seperti rumput, bekatul, kulit kedelai dan lain sebagainnya aar lebih gemuk
  • Diberikan tepat waktu agar hasil penggemukan dapat lebih maksimal.

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang Pembuatan Pakan Fermentasi Em4. Mungkin anda tertarik untuk mempelajari tentang Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Sederhana dan Tetap Endos

Similar Posts