Pakan Sapi Potong Alami

Di artikel saya yang kali ini akan membahas tentang Pakan Sapi Potong Alami Yang Dapat Membantu Penggemukan. Untuk semua para peternak pastinya menginginkan hewan ternaknya tumbuh sehat dan gemuk kan?. Memang dalam beternak ada beberapa hal penting yang harus dierhatikan demi keberhasilan peternakan tersebut.

Salah satu hal penting itu adalah pemberian jenis makanan sapi yang berkualitas gizinya agar dapat menunjang pertumbuhan hewan ternak. Untuk pakan sapi terdapat jenis pakan alami yang dapat membantu pertumbuhannya agar bobot cepat meningkat.

Mari langsung saja simak di bawah ini tentang pakan sapi potong alami yang dapat membantu pertumbuhan.

Cara Menggemukan Sapi dengan Pemberian Pakan sapi Potong Alami

Dalam penggemukan sapi potong pemberian pakan merupakan nomor satu. Karena Pakan sapi yang baik akan sangat cepat membantu menggemukan sapi tersebut.

Namun, terkadang pakan sapi menjadi salah satu permasalahan karena ada sebagian sapi yang tidak cocok dengan beberapa jenis pakan sapi. Maka dari itu, peternak harus pandai mencari pakan sapi yang cocok untuk sapi terutama dalam masa penggemukan sapi potong tersebut.

Carilah pakan sapi yang mengandung zat gizi yang cukup untuk kebutuhan pokok sapi tersebut. Kandungan yang harus ada di dalam pakan sapi adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Serta pakan sapi tersebut harus dalam keadaan baik dan tidak tercemar kotoran atau bibit penyakit yang bisa merusak makanan sapi tersebut.

Untuk waktu yang tepat untuk mencari pakan sapi yaitu padasiang hari atau sore hari. Hal ini ada alasannya yaitu karena untuk menghindari adanya telur cacing.

Tidak semua orang dapat berhasil dalam melakukan penggemukan sapi potong, hal ini terjadi karena ketidak tahuan mereka dalam cara melakukan penggemukan sapi.

Penggemukan sapi potong tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan pakan sapi saja, namun pemberian vitamin juga harus dilakukan agar sapi tetap nomal dan kebutuhan gizinya terjaga. Dalam proses penggemukan ada beberapa syarat terutama pada makanan sapinya.

Jenis Pakan Sapi  Potong

Di negara Indonesia budidaya sapi masih minim dan usaha berternak sapi kebayakan masih dengan menggunakan sistem tradisional dan dijadikan sebagai usaha sambilan.

Pertumbuhan penduduk di Negara Indonesia semakin meningkat sehingga jumlah permintaan dan kebutuhan daging juga ikut tinggi, terutama daging sapi. Namun, jumlah produksi daging sapi saat ini masih belum dapat memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat akan daging.

Berikut ini jenis pakan sapi potong :

1. Makanan sapi Hijau

Hijauan merupakan salah satu sumber pakan ternak terutama untuk ternak ruminansia. Selain kebutuhan pokok untuk pertumbuhan dan sumber tenaga, hijauan juga merupakan komponen penunjang produksi dan reproduksi ternak.  Jenis hijauan seperti rumput maupun kacang Рkacangan (leguminosa) dalam bentuk segar maupun kering wajib tersedia dalam jumlah yang cukup sepanjang tahun.

Ketersediaannya sangat penting karena kebutuhan pakan hijauan untuk ternak ruminansia terutama sapi mencapai 70% dari total pakan. Hijauan yang diberikan untuk ternak perlu memenuhi beberapa kriteria, disukai (palatable), mudah dicerna, nilai gizi tinggi dan dapat segera berproduksi kembali setelah dipanen. Hijauan pakan ternak dibagi menjadi dua bagian yaitu jenis rumput – rumputan dan leguminosa (semak dan pohon).

Pakan sapi hijau sangat bagus untuk sapi terutama pada masa penggemukan. Jenis pakan sapi hijau yang dapat diberikan yaitu jenis rumput, siratro, lamtoro, gamal, centro. Daun lamtoro, limbah pertanian yaitu jerami. Pakan sapi hijau merumakanan sapi makanan sapi utama sapi, jadi makanan sapi harus segar agar sapi mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

2. Makanan sapi Konsentrat

Pakan sapi konsentrat atau pakanan sapi penguat yaitu dapat berupa makanan sapi olahan seperti dedak padi yang sudah dicampurkan dengan bungkil kelapa, tepung tulang dan garam dapur.

Jenis pakanan sapi konsentrat ini yaitu sekitar 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur. Komposisi olahan tersebut harus sesuai jangan terlalu banyak salah satunya agar gizi tetap seimbang untuk kebutuhan sapi tersebut.

Demikian arrtikel yang dapat saya tulis tentang Pakan Sapi Potong Alami. Semoga bermanfaat. Mungkin anda juga tertarik untuk mempelajari tentang Pakan Penggemukan Sapi Perah Agar Menghasilkan Susu Yang Melimpah.

Similar Posts