meningkatkan keinginan menabung

Meningkatkan Keinginan Menabung – Bagi kebanyakan orang, menabung dirasa menjadi sebuah kegiatan yang membebani.

Alasan inilah yang membuat banyak orang seakan malas malasan untuk menabung meskipun sebenarnya mereka tahu bahwa menabung memiliki banyak manfaat untuk hidup.

Sebenarnya, jika ada motivasi atau dorongan untuk meningkatkan keinginan menabung. Menabung justru akan menjadi lebih mudah, menyenangkan dan semangat untuk mengikuti tips agar bisa menabung setiap hari.

Motivasi menabung pun bermacam macam seperti misalnya hendak membeli rumah, mobil, untuk biaya sekolah, kuliah dan masih banyak lagi.

Untuk itu, jika anda masih malas untuk menabung tapi ada keinginan untuk menabung. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar motivasi untuk meningkatkan keinginan menabung anda tetap terjaga dengan baik.

Motivasi Untuk Meningkatkan Keinginan Menabung

meningkatkan keinginan menabung

1. Berpikir secara cerdas dan ikuti SMART

Menabung membutuhkan sebuah target, dan target tersebut bukanlah target yang asal asalan melainkan harus SMART atau Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Timely.

Yang mana artinya adalah sebuah target garus spesifik, terukur, dapat dijangkau, realistis atau masuk akal dan memiliki batasan waktu yang jelas.

2. Adanya Lingkungan yang Mendukung

Selain target yang smart, salah satu hal penting lainnya yang harus anda pertimbangkan adalah adanya dukungan dari orang orang sekitar anda seperti misalnya orang tua, keluarga dan teman teman.

Akan lebih baik pula jika anda memiliki teman atau kerabat yang sejalanĀ  yang juga menjalankan program menabung atau investasi yang sama dengan anda.

Dengan begitu biasanya anda akan lebih termotivasi, semangat dan juga sekaligus dapat saling bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya.

3. Pikirkan Resiko

meningkatkan keinginan menabung

Memang agak sedikit menyeramkan, namun alangkah lebih baik jika dalam segala hal kita selalu memikirkan resiko terburuk, termasuk juga untuk hal menabung.

Kejadian atau peristiwa buruk seringkali datang tanpa memandang waktu, misalnya saja seperti kecelakaan, sakit, PHK, Musibah dan lain sebagainya.

Memang tidak ada yang mengharapkan hal tersebut terjadi, namun seandainya memang hal tersebut terjadi pada anda dan anda sudah memiliki tabungan, anda dapat menyelesaikannya dengan baik atau paling tidak dapat membuat beban anda terasa lebih ringan.

Selain itu, dengan memikirkan resiko yang terduga dalam kaitannya dengan keuangan juga akan meningkatkan motivasi anda untuk menabung. Seperti resiko kehilangan uang. Lebih baik Anda menyimpan uang di brankas agar tidak terjadi kehilangan uang.

4. Berhemat

Apa manfaat berhemat? Berhemat akan membuat anda dengan lebih mudah melakukan atau mengelola keuangan anda dengan bijak dan dapat mencukupi kebutuhan dengan uang yang anda dapat.

Dengan berhemat pula, anda akan terhindar untuk membeli barang barang yang tidak penting sehingga anda juga tidak akanĀ  tergoda untuk membelanjakan uang tabungan yang anda miliki.

5. Meningkatkan Penghasilan

Sebuah fakta mengungkapkan bahwa banyak orang yang merasa malas untuk menabung karena gaji mereka pas pasan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi menabung anda, cobalah untuk meningkatkan penghasilan atau pendapatan anda.

Caranya pun bermacam macam, misalnya saja dengan memperluas usaha yang anda miliki. Mencari pekerjaan sampingan atau penghasilan tambahan dan masih banyak lagi cara yang lainnya.

6. Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Cara Mengelola Uang

Selain berbagai cara diatasa, salah satu cara lain untuk meningkatkan motivasi menabung adalah dengan meningkatkan pengetahuan anda mengenai cara untuk mengelola uang.

Cobalah mencari cara yang tepat sesuai dengan kondisi anda mengenai bagaimana cara untuk menabung. Terdapat banyak sekali cara untuk mengelola uang yang dapat anda pilih.

Dengan begitu kegiatan menabung anda akan lebih efektif sehingga akan semakin banyak uang yang dapat anda tabung.

Itulah beberapa info motivasi untuk meningkatkan keinginan menabung yang harus kamu coba. Semakin termotivasi, maka akan membuat hati senang dan bersemangat untuk menabung.

Similar Posts