Manfaatkan Serat Kelapa Untuk Kerajinan

Serat sabut kelapa yang biasanya hanya di buang saja akan menimbulkan limbah dan kadang-kadang juga aroma busuk di sekitar limbah tersebut. Ets, jangan buang manfaatkan serat kelapa untuk kerajinan yang keren. Kelapa tidak hanya bermanfaat untuk minyak rambut untuk bayi namun, kelapa kering yang sudah membusuk juga masih bisa di manfaatkan lho. Yuk kita simak pembahasannya bersma.

5 Kerajinan Yang Keren Dan Fungsional Dari Serat Sabut Kelapa

1. Tali Rami 

manfaat serat kelapa untuk kerajinan

Kerajinan dari serat sabut kelapa yang pertama adalah tali rami. Kerajinan yang satu ini juga menjadi salah satu kerajinan yang sering di cari. Karena sedang tren. Kerajinan vintage yang sedang tren, memang mempunyai keindahan yang unik. Karena, dapat memberikan kesan yang natural. Soal, banyak orang yang membuat kerajinan vintage untuk jual, di jual penawaran untuk digunakan sendiri.

Nah, salah satu perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan vintage tahun tali rami ini. Kamu bisa menggunakan tali rami untuk mengikat kado, tempat menggantungkan foto, aksesoris, proyek DIY, hingga bahan kreatif lainnya. Untuk pembuatan mesin ini biasanya harus menggunakan mesin khusus yakni pemintal sabut kelapa . Agar hasil tali lebih kuat dan tahan lama

2. Sapu Ijuk

Manfaatkan Serat Kelapa Untuk Kerajinan

Masih bisa bertahan di orde milenial, kerajinan dari serat sabut kelapa yang satu ini, memang memiliki kesan jadul tapi sangat fungsional. Ya, benar sekali sapu yang terbuat dari sabut kelapa, masih tak mau kalah dari sapu-sapu modern zaman sekarang. Sebagian besar masyarakat mungkin masih menggunakan sapu sabut kelapa, dengan alasan kotoran debu lebih mudah di bersihkan, lebih murah, tahan lama, hingga lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, kini sapu modern, yang terbuat dari bahan plastik sintetis yang tidak tahan lama dan tidak ramah lingkungan. Harganyapun juga lebih mahal dari sapu ijuk ini. Sedangkan harga sapu sabut kelapa di banderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja. Apalagi jika kamu langsung membelinya di lokasi pengrajin, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang lebih murah, sudah berada di warung atau toko.

3. Pot Tanaman Hias

Buat kalian yang suka bercocok dan menanam, dan menyukai tanaman, sepertinya kamu wajib punya salah satu kerajinan dari sabut kelapa ini. Ya, pot tanaman dari serat sabut kelapa. Selain menjadi pot, sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai media tanaman, jadi tidak perlu menambahkan tanah lagi, atau bisa menggunakan cocofiber.

Tanaman yang biasanya menggunakan pot tanaman dari sabut kelapa ini adalah bunga anggrek. Selain itu, pot yang memiliki warna dan bahan yang menyatu dengan alam, jadi terlihat lebih indah, cantik, dan natural. Jadi, buat kalian yang ingin mencoba pot ini silahkan mencari di toko pengerajin ya.

4. Keset Kaki

Manfaatkan Serat Kelapa Untuk Kerajinan

Ternyata, keset serat sabut kelapa di sebut bisa mencegah ular masuk rumah lho. Karena, ular takut dengan serat sabut kelapa. Hingga saat ini, beberapa pengrajin keset sabut kelapa, omzetnya mendongkrak lebih besar. Keset serat sabut kelapa juga memiliki model dan ukuran yang bervariasi. Bahkan, semakin besar keset, maka tingkat kesulitan akan lebih besar dan tentunya lebih mahal.

Agar mempunyai kesan yang indah dan estetik, beberapa hotel dan restoran yang menggunakan keset serat sabut kelapa, keset dari karet. Keset sabut kelapa juga di nilai lebih awet dan tahan lama. Harganya yang juga lebih terjangkau dari keset kaki milenial yang kebanyak berbahan plastik dan tidak ramah lingkungan.

5. Lingkaran Dekorasi

Kamu sedang mendekorasi rumahmu, sedang ada acara ulang tahun?, Atau pernikahan dengan tema rustik dan vintage? Dia, kamu harus mencoba cincin dekorasi yang terbuat dari serat sabut kelapa ini. Selain menambah kesan estetika yang keren, dekorasi cincin juga bisa di tambahkan dengan dekorasi lainnya. Seperti, tambah bunga kering, di padukan dengan inisial nama, dan lain-lain.

Ring dekorasi juga bisa digunakan untuk wadah seserahan, wadah perhiasan pernikahan, hingga panjang depan pintu. Harganya juga cukup terjangkau, lingkaran lingkungan dekorasi yang terbuat dari akar rotan. Cincin dekorasi kerajinan dari serat sabut kelapa ini, bisa di banderol mulai dari Rp9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Jadi, selain cantik, beragam kerajinan dekorasi dari sabut kelapa ini, tergolong murah.

 

Oke teman Рteman itu manfaatkan serat kelapa untuk kerajinan yang mungkin kalian yang tertarik dengan contoh pembahasan di atas. Tidak hanya membeli, Hal ini juga bisa membuka peluang bisnis juga lho. Membuat kerajinan tersebut dan memasarkannya. Selalu memanfaatkan bahan alam yang ramah lingkungan dan juga memanfaatkan serat kelapa untuk kerajinan.  Sekian Terima Kasih