7 Macam Manfaat Sabut Kelapa

Tidak hanya buah kelapa muda saja yang banyak manfaatnya. Buah kelapa tua yang memiliki sabut yang juga bisa di manfaatkan dengan berbagai olahan dan bisa membuka peluang bisnis kelapa tua yang menguntungkan. Berikut 7 macam manfaat sabut kelapa yang mungkin belum kalian ketahui:

manfaat serat sabut kelapa

1. Jok Mobil Sabut Kelapa

manfaat sabut kelapa

Pabrik Industri mobil yang terkenal di negara eropa yakni Mercedes Benz , Volkswagen Porche juga menggunakan sabut kelapa

Sabut kelapa di guanakan untuk membuat jok kursi mobil mereka. Kelebihan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil dalah karena mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak memiliki tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

2. Tali Tambang Sabut Kelapa

Tali tambang sabut kelapa merupakan bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar sabut kelapa, seperti tali sabut untuk kerajinan, tali sabut untuk tali dadung untuk tali kapal, tali sabut untuk cocomesh dan lain-lain.

Olahan tali sabut ini biasanya menggunakan mesin khusus yaitu mesin pemintal tali sabut. Mesin ini bisa bekerja dengan baik karena sudah di desain khusus untuk membuat tali ini.

Dan boleh di katakan tali sabut kelapa merupakan bahan dasar utama kedua setelah serat sabut kelapa itu sendiri. Tali sabut ini memiliki beberapa variasi lilitan, atau sering disebut dengan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply. Kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

3. Cocosheet Sebagai Media Rambatan Tanaman

Cocosheet adalah lembaran sabut kelapa yang di bentuk sedemikian rupa, dibentuk dengan cara di jahit atau di keritingkan, kemudian di lapisi oleh bahan lateks, ternyata banyak di minati sebagai media tanam.

Benda ini bisa digunakan sebagai media rambat tanaman. Sangat cocok untuk anggrek dan pohon sejenisnya. Banyak juga digunakan untuk aplikasi bertani. Dan salah satunya adalah dalam bentuk tiang seperti gambar di atas.

4. Sapu Sabut Rumahan

manfaat sabut kelapa

Produk yang paling populer ada di rumah-rumah tangga. Yaitu sapu sabut kelapa. Sejarah penggunaan sabut kelapa di Indonesia banyak sekali di gunakan untuk membuat kesed dan sapu sabut kelapa.

Penggunaan kesed sabut kelapa lebih mudah membersihkan kotoran, awet serta tahan lama, selainnya juga ramah di kantong ibu-ibu rumah tangga.

5. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa gabungan sabut kelapa dan lateks karet. Yang dapat menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi, sebab kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas / per, kasur sabut kelapa dan karet. Tekstur ini sudah lentur dan empuk secara alami.

Jadi, hasil dari proses pengeritingan serat sabut kelapa dan karet yang secara alami memiliki kepegasan serta kelenturan alami. Kelebihan dari kasur ini juga anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering. Jadi, dipastikan sehat untuk bayi dan anak-anak.

6. Matras Sabut Yang Empuk

Matras Sabut Kelapa yang berfungsi sangat baik sebagai matras kesehatan. Orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat baik menggunakan produk matras ini. Sifatnya yang lentur, dan tidak mudah tertekan, aman bagi orang yang sedang dalam perawatan sakit pinggang.

Matras Sabut kelapa ini cocok juga sebagai matras untuk bayi. Sifatnya yang mampu menyerap aroma bau, aman jika pun diompoli berkali-kali. Pun untuk matras ini bisa di gunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.

7. Keset Sabut Kelapa

Selama ini, orang – orang hanya mengenal produk sabut kelapa hanya sebagai rumah kesed, karena inilah produk yang paling banyak dipakai di masyarakat. Variasi produk kesed dengan di berikan nama sesuai kebutuhan, seperti ucapan selamat datang, selamat datang, bonjour, Bula dan lain sebainya, menambah citra positif jika dipasang di depan rumah atau kantor.

Hal lain tentang penggunaan kesed sabut kelapa, ternyata juga banyak digunakan untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut para petambang emas, penyaringan merkuri menggunakan media yang lebih efektif.

 

Nah, itu dia 7 manfaat sabut kelapa yang mungkin belum kalian tau. Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat buat kalian semua. Sekian Terima Kasih