manfaat bawang

Yuk Cari Tau Manfaat Bawang

manfaat bawang

 

Sebelum mengetahui manfaat dari bawang, yuk kita kupas sedikit mengenai bawang itu sendiri.

Bawang

Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.

Bawang Merah

Bawang merah adalah bawang dengan kulit berwarna merah keungu-unguan. Dikenal juga dengan nama “bawang Spanyol”. Daging bawang merah berwarna putih. Dalam bahasa inggeris disebut Red Onion, dan Brambang dalam bahasa jawa.

Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

yuk langsung saja kita kupas manfaat bawang

 

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Kanker

Menurut ahli kesehatan sudah terbukti kalau kandungan dari bawang merah mentah ini dapat mencegah penyakit kanker. Bawang merah sangat kaya dengan senyawa aktif yang sangat manjur untuk menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh kita.

2. Menyembuhkan Sembelit

Dengan mengkonsumsi bawang merah setiap hari maka akan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. Maka dari itu jika Anda penderita sembelit jangan sungkan-sungkan untuk memakan bawang merah mentah.

3. Bawang Merah Sangat Baik Untuk Jantung

Bawang merah dikenal dengan kandungan sulfida methylallyl serta asam amino sulfur didalamnya. Kandungan-kandungan ini akan mampu memberikan efek penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Kemudian dengan rajinnya makan bawang merah mentah maka akan meningkatkan kadar kolesterol baik. Manfaat bawang merah bagi kesehatan juga akan mengontrol tekanan darah tinggi dan mampu mengingkatkan kesehatan jantung kita.

4. Untuk Mengobati Gangguan Urin

Mengkonsumsi bawang merah mentah khasiatnya dapat mengobati bagi penderita rasa terbakar pada saat Anda membuang air kecil. Dengan bawang merah maka gangguan urin Anda akan terbantu dan akan terasa efeknya. Konsumsi bawang merah dengan cara meminum air rebusan bawang merah.

5. Membunuh Kuman Di Mulut

Ternyata khasiat dari bawang merah mentah ini bisa mengilangkan bau tak sedap di mulut Anda. Manfaat bawang merah bisa kita gunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi serta infeksi pada mulut kita. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu kunyah bawang merah mentah dan jangan lupa pilihlah bawang merah baik dan bersih.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari bawang merah ini untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun untuk sementara artikel Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dicukupkan sekian saja. Jika ada waktu luang maka nanti akan saya lanjutkan kembali. Semoga artikel bermanfaat.

 

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

1. Membantu mengobati jerawat

Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Meski demikian, kita tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.

3. Mencegah pembekuan darah

Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

4. Mencegah kanker

Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

5. Membantu dalam perlawanan infeksi

Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.

6. Mengobati masalah tenggorokan

Sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan. Jika kita mengalami gatal pada tenggorokan, kita bisa menguyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.

7. Mengurangi tingkat gula darah

Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga ini dapat membantu penderita diabetes. Namun, ini tidak berarti kita berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.

8. Mengobati sakit gigi

Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, ita bisa meletakan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit.

Meski bawang putih memiliki bau yang tidak sedap bagi sebagian orang, dengan banyaknya manfaat yang dimiliki bawang putih, kini tidak ada alasan lagi untuk kita menghindarinya, ya.

Similar Posts