manfaat bawang merah goreng

Manfaat Bawang Merah Goreng-Bawang merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L. adalah tumbuhan dalam famili Alliaceae. Umbi yang dihasilkan oleh tanaman ini biasanya digunakan oleh manusia untuk pelengkap bumbu dapur.

Bawang merah juga bisa dihaluskan bersama bumbu lainnya ataupun dijadikan sebagai bawang goreng sebagai penyedap makanan dan pewangi. Akan tetapi perlu diingat untuk tidak menyimpan irisan bawang merah segar lebih dari 1 hari, karena bawang merah yang sudah diiris merupakan salah satu sarang berkembangbiaknya bakteri.

Walaupun sudah disimpan didalam lemari es. Maka, apabila bawang merah sudah dipotong harus digunakan saat itu juga agar tidak menjadi sarang bakteri.

manfaat merah bawang goreng

Kandungan Bawang Merah:

  • Vitamin B1 dan C.
  • fosfor
  • lemak
  • kalsium
  • protein
  • flavonglikosida (antiradang)

 

Manfaat Bawang Merah Goreng

Sama seperti bawang putih, selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang merah bisa untuk dimanfaatkan untuk ramuan tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini adalah manfaat bawang merah goreng :

 

1. Mencegah Kanker

Bawang merah banyak menggandung senyawa belerang. Senyawa belerang dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari kanker payudara, usus, prostat, lambung, dan paru-paru. Dengan mengkonsumsi bawang merah mentah dapat membantu untuk mencegah gangguan pada saluran kemih.

 

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Bawang Merah dapat berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Selain dapat mengatur kadar kolesterol bawang merah juga memiliki kandungan asam-amino sulfur dan sulfida methylallyl  yang dapat untuk mengurangi kolesterol jahat dan juga berfungsi untuk meningkatkan kolesterol baik.

 

3. Melindungi Jantung

Dengan mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur dapat berfungsi untuk melindungi jantung mencegah bahaya penyakit koroner. Bawang Merah  juga mampu untuk membuka arteri yang tersumbat dan mengatur tekanan darah tinggi pada tubuh .

 

4. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi bawang merah ternyata berguna untuk meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Maka, apabila penderita diabetes, memperbanyak mengkonsumsi bawang merah secara teratur maka produksi insulin akan meningkat.

 

5. Masalah Pendarahan

 

Bawang merah adalah salah satu obat herbal berguna untuk menyembuhkan wasir. Bawang merah juga dapat digunakan untuk mencegah pendarahan pada hidung.

 

6. Menyembuhkan Sembelit

 

Bawang merah mengandung serat yang berfungsi untuk membantu menghilangkan racun dan partikel makanan yang keras yang terjebak di usus.

 

Demikianlah beberapa Manfaat Bawang Merah Goreng yang sangat membantu untuk sehat. Selain juga mengandung beberapa manfaat bawang merah goreng juga memilki kandungan gizi yang sama besar manfaatnya. Apabila anda menginginkan pembahasan yang lebih banyak maka MANFAAT BAWANG MERAH BAGI KESEHATAN adalah jawabannya didalamnya terdapat berbagai macam manfaat bawang merah.

 

Similar Posts