kopi racik kediri

kopi racik Kediri – itu bersejarah karena resep kopi racik sudah diciptakan ratusan tahun silam ketika Kerajaan Kediri yang beribu kota di Daha masih berkuasa. Saya memutar otak memperkirakan masa ditemukannya kopi racik.

Kerajaan di Kediri sudah ada sebelum jaman Singosari hingga kemudian menjadi bawahan Kerajaan Majapahit Yang pasti kopi racik ini istimewa karena berhasil memenangkan sayembara tersebut dan menjadi salah satu resep kopi legendaris warga Kediri.

Kopi racik ini kaya rasa. Dari lidah dapat mengenali rasa jahe yang hangat dan aromanya yang menenangkan. Ada kontribusi kencur yang sedikit getir dan segar. Masih banyak rempah-rempah lainnya yang berperan. kopi ini bentuknya sama dengan kopi hitam

Selain nikmat diteguk saat pagi hari atau saat hujan mengguyur, kopi racik ini memiliki khasiat kesehatan. Dapat mersakan perbedaan yang lebih segar dan bugar sejak meminum kopi ini juga jarang masuk angin, pilek dan batuk.

Kopi racik memang nikmat dan khas. Resep legendaris dari wanita sederhana yang bertahan hingga bertahun-tahun. Di balik secangkir kopi racik ada sejarah menarik dari Kediri.

 

kopi racik kediri

 

Kisah Dari Kopi Racik Kediri

Alkisah pada jaman Kerajaan Doho, ada seorang janda dari Blowerti, Kediri, yang bernama Mbok Randa Kuning. Si mbok ini bertugas untuk menyajikan kopi racikannya kepada Pangeran Darpo yang dikenal sebagai pencandu kopi berat. Dan sejak itulah, nama “kopi racik” mulai banyak dikenal orang, hingga saat ini. Penikmatnya juga bukan hanya masyarakat Kediri saja.

Kopi racik ini dibuat dengan cara menyangrai biji kopi, baru kemudian digiling. Untuk bahan racikannya, ada sari jahe parut, kencur, kapulaga, jinten, dan keningar.

Setelah semua racikan siap, kesemua bahan dimasukkan ke dalam tabung yang terbuat dari kayu mahoni dan ditutup rapat selama 40 hari agar rasa dan aromanya lebih nikmat saat dihidangkan. Cukup ribit tapi menghasilkan rasa yang sangat enak.

Tapi kalau kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, sekarang udah nggak usah serepot itu, karena sudah ada yang berbentuk sachet meskipun mungkin rasanya nggak senikmat kopi racik segar.

Masih ada beberapa kota lainnya di Jawa Timur yang minuman kopinya nggak kalah menarik dari Banyuwangi dan Kediri.

demikian yang bisa saya sampaikan, bila ada tutuk kata salah dalam penulisan mohon dimaafkan. jika anda menginginkan yang lebih lengkap maka kunjungi juga aneka resep kopi rempah

Similar Posts