keripik sayuran wortel

Keripik sayuran wortel-mungkin belum banyak yang tahu tengtang jenis keripik tersebut. Karena belum banyak dijual diwarung-warung ataupun tempat yang lain. Mungkin hanya terdapat di pusat oleh-oleh saja untuk menemukannya atau bisa juga membuat sendiri di rumah.

Karena dengan mengkonsumsi keripik sayuran wortel selain gurih dan renyah, ternyata juga mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita. Jadi sangat aman untuk mengkonsumsi keripik tersebut. Selain wortel ada juga jenis keripik sayur yang lain bahkan keripik buah juga ada. Silahkan cek disini.

Keripik merupakan salah satu jenis camilan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Biasanya dinikmati pada saat santai, ngumpul bareng keluarga, nonton tv, dan sangat cocok jadi teman lembur anda.

Sekilas Tentang Wortel

keripik sayuran wortel

Wortel merupakan tumbuhan biennial (siklus hidup 12-24 bulan) yang dapat menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang besar. Tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga bisa tumbuh setinggi sekitar 1 m, bunganya berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dikonsumsi dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Wortel merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki akar dibawahnya. Wortel memiliki tiga jenis warna yaitu, oranye, ungu, dan merah cenderung pink. Ukurannya panjang dan memiliki akar dibawahnya dan daun tumbuh diatasnya.

Rasa yang dihasilkan biasanya manis sehingga banyak orang suka mengkonsumsinya langsung bisa secara mentah. Wortel mempunyai manfaat untuk kesehatan mata. Banyak cara untuk mengolahnya yaitu, dapat dimasak, dijus, ataupun sebagai masker. Mengolah wortel menjadi masakan yang lezat sangat mudah dan sehat karena bergizi tinggi.

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh

1. Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi lebih banyak wortel dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner sebesar 32%. Selain itu, mengkonsumsi wortel juga bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung pada wanita. Karena, dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol.

2. Berbagai jenis penyakit kanker

Mengkonsumsi wortel secara teratur bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Kandungan karotenoid dan beta karoten yang  tinggi dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang sering mengkonsumsi wortel dapat menurunkan risiko kanker paru.

3. Merawat mata

Kandungan vitamin A, beta karoten, dan lutein yang ada pada wortel dapat mencegah mata dari gangguan atau penyakit, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme dan hipermetropi).

4. Menjaga kesehatan otak

Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel dapat memperbaiki dan meningkatkan daya ingat serta daya kognitif atau kemampuan berpikir seseorang.

5. Antiradang

Ekstrak wortel dapat mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir sama bila dibandingkan dengan mengkonsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

6. Antipenuaan dan kesehatan kulit

Kandungan antoksidan, karotenoid, serta polifenol pada wortel oranye dan ungu dapat membantu memperlambat penuaan dengan mengurangi radikal bebas dari sinar matahari dan polusi pada tubuh.

7. Menjaga kesehatan mulut

Mengkonsumsi wortel sehabis makan bisa mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena dapat membantu meningkatkan produksi air liur dalam membersihkan gigi.

Baca : JANGAN NGAKU WARGA NEGARA INDONESIA KALAU BELUM TAU 10 JENIS RUMPUT LAUT INDONESIA

Cara Membuat Keripik Sayuran Wortel

keripik sayuran wortel

Bahan :

  • 3 buah wortel (diparut halus)
  • 250 g tepung terigu
  • 50 g gula pasir halus
  • 1 butir telur ayam
  • 60 g gula halus (untuk taburan)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdm bubuk kayu manis (untuk taburan)
  • 3 sdm tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah kemudian masukkan gula halus, tepung maizena, wortel, tepung terigu, baking powder serta garam, lalu diaduk hingga merata.
  2. Lalu masukkan telur ayam ke dalam campuran bahan tersebut, kemudian diaduk sampai menjadi adonan yang menggumpal.
  3. Kemudian giling adonan menggunakan gilingan mie sampai adonan licin.
  4. Pipihkan adonan kemudian cetak dengan ring bulat.
  5. Panaskan minyak goreng, setelah panas pastikan api sedang.
  6. Goreng adonan sampai kering dan matang, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Kemudian taburi dengan bahan taburan hingga merata dan siap untuk disajikan.

Silahkan dicoba ya bun….!!!!! Cara membuat keripik sayuran wortek sangat gampang kok, bahan-bahannya mudah untuk didapatkan. Selamat mencoba. 😀

Similar Posts