keripik daun kelor

Hallo berjumpa lagi dengan saya di artikel baru yaitu cara membuat keripik daun kelor, Ada yang sudah pernah membuat keripk daun kelor?

Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat keripik daun kelor, lalu bagaimana cara nya? Nah yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga Resep Kue Kering Kacang Tanah Giling Yang Enak Dan Sederhana

Cara Membuat Keripik

Daun kelor mempunyai beberapa khasiat antara lain sebagai anti stres, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol hingga untuk obat penyembuh kanker.

Meskipun tidak lazim untuk dikonsumsi sehari-hari, keripik daun kelor ternyata punya rasa yang ramah di lidah. Aroma dan rasa asli daun kelor tidak tercium jelas, rasanya jadi renyah dan gurih. Jadi seperti ngemil keripik biasa saja.

 

keripik daun kelor1

 

Bahan-Bahan

3 porsi

  1. 250 gr tepung beras
  2. 1 butir telur ayam
  3. 1 genggam daun kelor yang sudah disiangi dan seduh menggunakan air panas lalu tiriskan
  4. 3 siung bawang putih
  5. 1 sdt ketumbar
  6. secukupnya fish flake (Maldives fish) (ini optional ya, nggak pakai jg nggak apa)
  7. secukupnya tepung berbumbu
  8. garam

Langkah

30 menit

  1. Haluskan baput,ketumbar dan garam. Blender setengah bagian daun dengan bumbu diatas.
  2. Dalam baskom campur tepung beras, bumbu diatas, telur dan sisa daun kelor nya. Campur merata. Beri fish flake bila suka. Test rasa.
  3. Ambil selembar daun pisang dan tuang adonan, bungkus seperti membuat lontong atau arem arem. Kukus selama 25″ sampai tanak. Dinginkan.
  4. Saya inapkan semalam karena buatnya sudah kesorean. Iris tipis adonan yang sudah padat, dan tanak dengan pisau tajam. Semakin tipis semakin crunchy tentunya, kalau tebal agak chewy tapi berasa daging. Jemur sebentar.di terik matahari.
  5. Ini hasil setelah dijemur sebentar. Buat adonan cair dari tepung bumbu siap pakai. Celupkan keripik ke dalam adonan tepung, goreng dalam minyak yang panas dan cukup banyak.
  6. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

Dari berbagai sumber yang dihimpun, daun kelor mempunyai banyak manfaat utama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh :

 

keripik daun kelor2

 

1. Mengobati Kanker

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters, manfaat daun kelor untuk kesehatan yang pertama yaitu mengobati kanker.

Daun kelor yang sudah diekstrak, yang sudah larut di dalam air dapat mengobati kanker secara alami.

Adapun kanker yang dapat diobati dengan daun kelor mulai dari kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit.

Hal tersebut dikarenakan daun kelor kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang dapat menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

2. Menyehatkan Mata

Mungkin terdengar meragukan. Pasalnya banyak yang mempercayai jika kesehatan mata bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A dan biasanya berwarna merah seperti wortel, tomat, ataupun pepaya.

Tapi perlu kamu ketahui, walaupun kelor tidak berwarna merah sedikitpun, faktanya daun ini mempunyai kandungan vitamin A yang cukup banyak.

Disebutkan di dalam 100g daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Tentunya jumlah tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan wortel.

3. Menurunkan Kadar Gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan hasil yang mengatakan bahwa khasiat daun kelor olahan, berupa teh ataupun sayur dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas.

Maka tak heran, bila banyak orang di India yang menggunakan daun kelor untuk obat herbal dalam menurunkan kadar gula.

4. Antioksidan

Antioksidan yaitu senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingginya tingkat radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk:

  • Quercetin: Antioksidan kuat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bisa membantu tingkat gula darah moderat setelah makan.

Satu studi pada wanita menemukan bahwa menggunakan 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan dapat meningkatkan kadar antioksidan darah.

Ekstrak daun kelor dapat digunakan untuk pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

Demikian pembahasan mengenai keripik daun kelor semoga dapat membantu, jangan lupa bagikan pada keluarga yang lain. Sampai jumpa…

Similar Posts