Kemasan merupakan sebahai wada maupun media promosi dari produk yang dikemas. Sebagai pengusaha kuliner memiliki tanggung jawab untuk tidak membahayakan konsumen. Hal itu dapat dilakukan dengan memastikan bahwa kemasan yang digunakan sebagai wadah makanan maupun minuman, memenuhi persyaratan food grade.

Secara luas food grading itu sendiri mencakup proses perijinan, pemilihan, hingga proses pengolahan bahan baku makanan dan atau minuman. Termasuk juga cara penyajian dan pengemasannya jugs harus food grade. Ada beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk membuat kemasan makanan food grade.

Selain kemasan makanan food grade Mari Pelajari Jenis jenis Kemasan Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Bahan Kemasan Makanan Food Grade

1. Kertas

kemasan makanan food grade

Food grade paper adalah bahan kemasan makanan yang terbuat dari kertas pilihan terbaik yang tidak memindahkan racun atau bahan berbahaya ke makanan. Begitu juga jika makanan tersebut dalam keadaan panas zat yang ada di kemasan tidak akan terpengaruh.

Recycleable berarti sesuatu yang dapat didaur ulang dan eco friendly yang berarti ramah lingkungan. Bahan kemasan makanan ditawarkan oleh pengusaha-pengusaha adalah bungkus makanan yang memiliki bahan baku dari kertas terbaik, dapat di daur ulang serta ramah lingkungan.

Hasil dari uji lab ISEGA menyatakan bahwa tiga jenis kertas berikut ini dinyatakan aman saat bersentuhan langsung dengan makanan. Kertas berikut tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan, tidak mengubah rasa, serta tidak mentransfer unsur tertentu ke dalam makanan.

  1. Regular Sizing, Kertas umum yang sering digunakan.
  2. Hard Sizing, Kertas ini aman untuk menyimpan makanan dalam kondisi dingin atau beku dengan tingkat kelembaban tinggi, sekaligus dapat dipanaskan dalam microwave.
  3. Grease Resistance, kertas ini dapat menahan minyak.

Food grade Packaging berbahan kertas yang umum ditemui antara lain lunch box, paper plate,paper bag, atau paper cup. Akan tetapi koran bekas yang sering dipakai untuk membungkus gorengan atau kertas coklat untuk pembungkus nasi, dua jenis kertas itu non food grade.

Kertas tersebut beresiko merusak kesehatan karena suhu panas gorengan dapat melunturkan tinta koran dan ikut masuk ke saluran pencernaan bersama gorengan yang dimakan. Selain itu Pastikan Menggunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan.

2. Plastik

kemasan makanan food grade

Secara umum terdapat dua macam plastik yaitu resin termoplastik yang dapat diubah bentuknya jika dipanaskan. Dan kedua yaitu resin termoset yang hanya dapat dibentuk satu kali saja. Untuk ukuran aman pada plastik sebagai dasar dari Food Grade Packaging didasarkan pada besaran migrasi bahan-bahan kimia yang membentuk plastik.

Untuk lebih mempermudah berikut kode-kode khusus untuk mengidentifikasi kemasan mana saja yang sudah food grade. Berikut adalah daftar dari kode identifikasi plastik kemasan Food Grade:

kemasan makanan food grade

Kemasan makanan food grade dapat dibuat menggunakan virgin pulp. Jenis kemasan makanan eklusif dengan beragam keunggulan diantaranya menggunakan food grade paper. Kemasan makanan anti panas dan kemasan makanan anti minyak dan kemasan food grade lainnya.

Bukan dari bahan baku saja yang harus diperhatikan, tapi bagaimana menarik konsumen agar tertarik untuk membeli makanan yang kita tawarkan. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik tersebut adalah membuat design yang unik dan ter-uptodate serta bentuk-bentuk unik.

Mulai dari design kita dapat bermain di warna dan bentuk kemasan makanan yang sekreatif mungkin sehingga konsumen tertarik untuk membeli makanan itu. Kemasan makanan eklusif dengan beragam keunggulan diantaranya menggunakan food grade paper, kemasan makanan anti panas dan kemasan makanan anti minyak.

Ada juga kemasan makanan yang dapat digunakan didalam microwave, kemasan makanan yang dapat dimasukan kedalam lemari es, kemasan makanan yang mudah dalam penggunaan, kemasan makanan yang dapat didaur ulang, kemasan makanan yang ramah lingkungan.

Similar Posts