Serat Sabut Kelapa Sangat Berguna Di Kehidupan

Semua orang pasti tahu kelapa kan? Kita juga sudah pernah atau bahkan sering mengonsumsi buah kelapa. Tidak hanya buah mudanya yang berguna tetapi, kelapa yang mengering dan sudah membusuk masih bisa kita manfaatkan bagian serat sabut kelapa sangat berguna di kehidupan juga lho. Simak ulasannya berikut ini.

Serat Sabut Kelapa Itu Apa Sih?

Bagi kalian yang belum mengerti apa itu sabut kelapa, sabut adalah bagian mesokarp (selimut) yang berupa serat-serat kasar kelapa. Bagian yang berserabut ini merupakan kulit luar dari buah kelapa dan dapat digunakan sebagai bahan baku aneka industri.

Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Melihat sifat fisiknya sabut kelapa terdiri dari serat kasar dan juga yang halus, kualitas serat di tentukan oleh warna, yang mengandung unsur kayu. Produk yang sudah diciptakan dari bagian buah kelapa yang berserabut ini seperti karpet, keset, sikat, bahan pengisi jok mobil, tali dan lainnya.

Kandungan Sabut Kelapa

Kandungan Dari sabut dapat di dapat dari serat matras, serat berbulu, serta sekam atau dedak atau gabus. Serat matras tersebut di peruntukkan untuk sikat pembersih, sapu, keset kaki sedangkan sekam atau gabus di gunakan sebagai media tanam dan pupuk kalium. Selain itu karena serat yang mempunyai gambar yang khas menjadikan sabut kelapa banyak dijadikan sebagai kerajinan.

Alat Pengolah Serat Sabut Kelapa

Bisnis sabut kelapa biasanya selalu di ini biasanya selalu di imbangi dengan alat tertentu. Perlu Anda ketahui juga, peralatan dalam pengolahan sabut kelapa yang digunakan sudah lebih modern dan tersedia di pasaran, sepertiĀ  mesin pengupas sabut kelapa. Di bawah ini adalah pembahasan serat sabut kelapa sangat berguna di kehidupan. Yuk mari kita simak bersama -sama!

1. Manfaat Serat Dan Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari – hari

  1. Bahan Pembuatan Sapu
  2. Bahan Pembuatan Keset / Alas Kaki
  3. Sebagai Penyaring Air
  4. Sebagai Pengganti Kayu Untuk Memasak
  5. Penetralisir Kolam dari Air dan Bau Semen
  6. Penetralisir Bak Mandi dari Bau Semen
  7. Sebagai Bahan Pembuatan Tali

2. Manfaat Serat Dan Sabut Kelapa Dalam Dunia Industri

Banyak limbahnya menjadi sampah. Oleh karena itu, sabut kelapa di negara Indonesia menjadi peluang bisnis yang tepat bagi pengusaha. Mereka mulai melirik usaha limbah sabut kelapa untuk diolah menjadi barang yang lebih berguna, bernilai dan lebih bermanfaat. Dalam dunia industri sabut kelapa dapat di olah menjadi sesuatu yang bernilai dengan jual tinggi. Misalnya:

  1. Bahan Pembuatan Kerajinan Tangan
    Saat ini banyak sekali barang-barang industri yang terbuat dari bahan sabut kelapa yang memiliki nilai jual tinggi. Misalnya tas, dompet, dan berbagai bentuk hiasan atau pernak-pernik lainnya.
  2. Bahan Pembuatan Briket
    Biasanya terbuat dari batubara, namun sekarang sudah banyak industri yang memproduksi briket dari bahan limbah sabut kelapa. Karena briket sabut kelapa terbukti lebih ramah lingkungan dan biaya produksinya pun lebih rendah dari briket batubara.
  3. Bahan Pembuatan Karpet
  4. Komposisi Pembuatan Kasur dan Bantal
  5. Berguna Untuk Pembuatan Jok Kendaraan
  6. Campuran Bahan Pembuatan Dashboard Kendaraan
  7. Bisa Untuk Pembuatan Hardboard
  8. Bahan Pembuatan Lapisan Spring Bed
  9. Sebagai Penahan Erosi

3. Manfaat Serat Dan Sabut Kelapa Dalam Dunia Pertanian

Pemanfaatan serat sabut kelapa dalam dunia pertanian tidak lepas dari kandungan unsur hara yang di dalamnya. Kandungan unsur hara tersebut antara lain Kalium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Natrium, dan beberapa kandungan mineral lainnya. Selain itu, sabut kelapa memiliki kemampuan menyimpan air yang sangat baik. Sabut kelapa mampu menyerap dan menyimpan udara 5 sampai 6 kali lipat dari volumenya.Pemanfaatan sabut kelapa dalam dunia pertanian antara lain:

  1. Untuk Sumber Hara Kalium Organik
  2. Berguna Pupuk Organik Padat
  3. Sebagai Pupuk Organik Cair
  4. Berfungsi Campurang Media Tanam
  5. Alat Media Tanam Sistem Hidroponik
  6. Campuran pH Penetral Tanah

Nah, itu dia pembahasan tetang serat sabut kelapa sangat berguna di kehidupan kita. Semoga pembahasan kali ini menambah pengetahuan dan kalian semuaya. Sekian Terima Kasih