Kebutuhan Ternak Kambing

Di artikel saya yang kali ini akan membahas tentang┬áKebutuhan Ternak Kambing dengan cara tradisional. Cara ini memang bisa dibilang gampang – gampang mudah. Kalian tau sendiri kan bahwa dalam menjalankan usaha ternak harus tekun dan ulet.

Mari langsung saja kita bahas tentang Kebutuhan Ternak Kambing secara tradisional.

Ternak Kambing Secara Tradisional

Kambing memiki prospek yang lumayan menjanjikan dikarenakan tingginya permintaan konsumen akan daging kambing. Terutama pada saat memasuki hari raya idul fitri dan juga memasuki idul adha atau hari raya kurban dimana kambing menjadi salah satu hewan kurban sangat diminati.

Proses untuk budidaya kambing sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Apalagi bagi anda yang tinggal di lingkungan desa yang masih banyak terdapat pakan alami bagi kambing peliharaan. Yaitu berupa berbagai rerumputan hijau. Tapi untuk dapat memaksimalkan usaha ternak kambing anda ada beberapa sarana yang harus anda sediakan yaitu diantarnya:

1. Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal yang sengaja dibuat untuk proses budidaya kambing nantinya. Di kandang ini nanti pemberian pakan pun dilakukan sehingga penting untuk membuat kandang yang baik agar kambing anda selalu sehat.

Kandang yang baik adalah jenis kandang berpanggung yang dimana dilantainya terbuat dari papan kayu yang terdapat lubang lubang. Lubang ini untuk kotoran kambing supaya tidak bertumpuk dan mengenai badan kambing yang dapat menimbulkan penyakit.

Selain itu kandang panggung juga mampu memudahkan dalam membersihkan kotoran yang dihasillkan oleh kambing. Hal ini disebabkan oleh kotoran kambing berupa bulatan kecil sehingga akan langsung jatuh ke bawah kandang.

Kandang ini juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu saat hujan lantainya tidak akan tergenang air sehingga kambing anda tidak akan dapat terserang penyakit masuk angin.

Jenis kandang ini juga memiliki kelemahan tersendiri yaitu dimana lubang yang terlalu lebar pada lantainya kadang dapat menyebabkan kaki kambing terjepit. Jadi sebaiknya buatlah lubang yang lebih kecil dari ukuran besar kaki kambing.

2. Tempat Untuk Pakan Dan Minum

Dua hal ini sangat wajib dimiliki apabila anda akan melakukan ternak kambing. Untuk wadah makanan anda dapat membuatnya dari bahan kotak papan yang sudah diberi lubang berguna untuk keluar dan masuk kepala kambing.

Jangan sampai lupa untuk membuang sisa batang jika daun pada pakan sudah habis. Karena jika sisa daun untuk pakan hanyadibiarkan kering bisa membusuk dan membuat tempat pakan kotor.

Sedangkan untuk tempat minum anda bisa memanfaatkan wadah ember atau bak yang sudah tidak terpakai.
Pemberian minum sebaiknya di kontrol dengan sebaik mungkin agar kambing tidak kebanyakan minum karena dapat mengurangi nafsu makan kambing.

Selain itu kambing lebih menyukai rasa asin jadi sesekali sebaiknya tambahkan garam secukupnya pada komboran kambing anda. Karena garam sendiri memiliki efek yang sangat bagus untuk mengurangi bakteri yang terdapat dalam mulut kambing.

3. Cegah Penyakit Pada Kambing

Dalam memelihara kambing harus memastikan kambing yang dirawat tumbuh dengan baik dan tidak terkena penyakit. Bahkan bisa dibilang tidak pernah jika pun ada mungkin ini hanya terkena penyalkit ringan seperti :

  1. Korengan pada kuku kaki atau pun badan yang disebabkan oleh keadaan kandang yang kotor dan kurang dirawat. Pengobatannya bisa dengan memberinya obat di toko obat hewan peliharaan biasanya bisa berupa salep.
  2. Cacingan yang ditandai dengan menurunnya nafsu makan/kambing kurus. Biasanya terjadi karena jenis makanan yang dikonsumsi kambing tidak baik baik. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikan obat cacing yang juga tersedia di toko ternak.
  3. Meriang yang biasanya berupa Masuk angin yang biasanya terjadi jika kambing terkena air hujan terlalu lama atau cuaca yang dingin penjang. Untuk cara menanganinya sebaiknya anda bisa memanggil dokter atau peternak lain yang lebih ahli.
  4. Mencret karena disebabkan pada makanan tidak cocok. Cara untuk menanganinya yaitu tinggal mengganti jenis pakan yang digunakan. Untuk pakan sebaiknya dirolling jangan menggunakan satu jenis rumput saja setiap waktu, tapi variasi lah supaya gizi kambing terpenuhi.

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang kebutuhan ternak kambing. Semoga bermanfaat. Mungkin anda juga berminat untuk mempelajari tentang Cara Ternak Kambing Jawa dan Usaha Ternak Kambing Gibas Yang Efektif Tanpa Ngarit

Similar Posts