Jenis Virus Penyakit Tumbuhan

Di artikel saya kali ini akan membahas tentang jenis virus penyakit tumbuhan serta gejala yang ditimbulkan. untuk kalian pecinta tumbuhan harus tahu betul nih jenis virus penyakit tumbuhan yang dapat menyerang tumbuhan peliharaan anda sewaktu – waktu. Dan anda pun juga harus paham cara mengatasinya.

Mari langsung saja simak di bawah ini tentang jenis virus penyakit tumbuhan serta gejala yang ditimbulkan.

Virus Tumbuhan

Virus merupakan salah satu set dari satu atau lebih molekul genom berupa molekul DNA atau RNA. Biasanya dibungkus oleh selubung pengaman yang berupa protein selubung coat protein atau lipoprotein. Hal ini hanya dapat memperbanyak diri dalam sel inang yang sesuai dengan memanfaatkan metabolisme, materi, dan energi dari sel inang.

Setelah virus ini sudah bereplikasi dan memperbanyak diri, akan nampak gejala – gejala penyakit pada tumbuhan seperti daun menguning, pertumbuhan terganggu, timbul bercak-bercak pada daun dan lainnya.

Tanaman yang telah terserang virus menunjukkan adanya perubahan pada bentuk atau morfologi tanaman dan nekrosis (kerusakan jaringan).

Keadaan fisiologis tanaman juga terganggu pada berkurangnya kegiatan fotosintesa, kecepatan respirasi bertambah, terjadinya akumulasi senyawa nitrogen. Seperti senyawa amida dan penurunan aktivitas zat sebagai pengatur pertumbuhan dan sebagainya.

Gejala penyakit yang timbul terjadi pada daun. Dengan berbagai tipe gejala penyakit tergantung dari macam virus yang telah menyerang dan tanaman inangnya.

Umumnya gejala penyakit dari infeksi virus yaitu dapat terhambatnya pertumbuhan yang akan mengakibatkan menurunnya hasil dan tanaman lebih cepat mati.

Gejala penyakit yang dapat ditimbulkannya akan sangat berat atau sangat ringan. Biasanya terdapat pada daun yang masih muda sehingga tidak tampak jelas.

Yang paling jelas gejalanya biasanya terdapat pada daun seperti timbulnya mozaik.

Akan tetapi ada sejumlah virus yang dapat menimbulkan gejala penyakit pada bagian batang, buah, akar dan sebagainya tapi tidak terlihat pada daun.

Kebanyakan penyakit virus tumbuhan ini bersifat sistematik dan virus yang menjadi salah satupenyebab terdapat diseluruh bagian tanaman.

Obat-obat yang sudah selesai anda gunakan dapat kita simpan di brangkas agar aman aja.

Jenis Virus Tumbuhan

1. Virus TMV (Tobacco Mosaic Virus)

Biasanya menyerang tanaman tembakau yang dapat ditularkan dengan cara mekanis atau melalui benih. Virus ini belum diketahui jelas apakah dapat ditularkan melalui vector (serangga penular).

Jenis ini bersifat infektif selama beberapa tahun. Sangat stabil dan mudah untuk ditularkan dari benih ke pembibitan pada saat pengelolaan tanaman secara mekanis.

Gejala yang dapat ditimbulkan akibat infeksi berupa mosaik yaitu daun tanaman yang terserang akan berupa berwarna belang hijau muda sampai hijau tua. Ukuran daun menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran daun normal.

Jika virus telah menyerang tanaman muda, pertumbuhan tanaman akan terhambat dan akhirnya menjadi kerdil. Gejala yang timbul dipengaruhi oleh suhu, penyinaran, umur tanaman, varietas tanaman, dan strain virus.

Secara Umum Gejala Yang Timbul Dapat Dikelompokan Menjadi:

  1. Gejala Mosaic dan Mottle pada daun biasanya warnanya pucat atau kekuning – kuningan yang menyebar berupa percikan.
  2. Klorosis biasanya berupa warna pucat, baik secara menyeluruh maupun bercak saja.
  3. Gejala vein-clearing: biasanya warna pucat pada urat daun sehingga kelihatan transparan dan berkilau diantara warna daun yang hijau.
  4. Nekrosis : diakibatkan oleh matinya suatu jaringan, biasanya terjadi pada urat daun, batang berupa garis-gari coklat, bercak pada daun atau bercak cekung nekrosis.

2. Peanut Mottle Virus (PMoV)

Virus ini biasanya menyerang tanaman kacang tanah. Gejala yang sering dijumpai di l adalah gejala belang berwarna hijau tua dikelilingi daerah yang lebih terang atau hijau kekuning-kuningan.

Pada umumnya gejala awal yang timbul pada daun muda terlihat adanya bintik-bintik klorotik yang selanjutnya berkembang menjadi belang-belang melingkar.

Pada daun yang sudah tua berwarna hijau kekuningan dengan belang-belang berwarna hijau tua. Pertumbuhan tanaman yang terinfeksi menjadi terhambat sehingga tanaman menjadi pendek dibandingkan tanaman sehat terutama apabila terinfeksi pada saat tanaman muda.

Penyimpangan anatomi juga terdapat pada salah satu lembaga biji tanaman sakit.

3. Peanut Mosaik Virus (PMV)

juga sama-sama menyerang tanaman kacang tanah. Gejala infeksi yang timbul berupa mosaik yaitu timbulnya bercak-bercak pada daun. Pada daun tanaman warnanya menjadi pucat dari hijau muda menjadi hijau tua.

Pada tanaman yang masih muda infeksi dapat mengganggu pertumbuhan karena terjadi pemendekan daun atau ruas sehingga menyebabkan kekerdilan.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang jenis virus penyakit tumbuhan. Semoga bermanfaat. Mungkin anda juga tertarik untuk mempelajari tentang Beberapa Tanaman Untuk Pakan Ternak Yang Bernutrisi Tinggi dan virus yang menyerang tumbuhan lainnya

Similar Posts