jenis-jenis rumput laut

Jenis-jenis rumput laut di Indonesia sangat lah banyak macamnya. Rumput laut atau gulma laut, alga atau yang lebih dikenal dengan gangga adalah tumbuhan yang hidup di laut. Negara Indonesia adalah negara maritim yang memiliki lautan yang memiliki berbagai macam rumput laut yang dapat kita jumpai di lautan indonesia.

Kekayaan sumber daya laut Indonesia dan keragaman hayati dan jenis-jenis sumber daya alam di dalamnya begitu melimpah ruah. Rumput laut adalah  salah satu biota laut yang beragam spesiesnya di Indonesia. Manfaat dari rumput laut ini sangatlah beraneka ragam, diantaranya yaitu, sebagai bahan baku industri masakan, industri kosmetik, industri konstruksi, farmasi, kesehatan dan kedokteran.

baca: Rumput Laut Tumbuhan Sejuta Manfaat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada artikel ini kami mencoba menjelaskan tentang jenis-jenis rumput laut di Indonesia, kira-kira apa saja ya?

Jenis-jenis rumput laut di Indonesia

1. Gelidium SP

jenis-jenis rumput laut

Gelidieum sp salah satu spesies dari Rhodophya (rumput laut merah), karena warnanya yang merah disebabkan oleh pigmen fikoeritin. Rumput laut jenis ini biasanya memiliki panjang kurang lebih 20 cm dan lebar 1,5 mm. Rumput laut yang satu ini memiliki warna yang bervasriasi, hal ini terkait fungsi cahaya matahari bagi tumbuhan rumput laut dimana ada besar kecilnya intensitas cahaya berpengaruh terhadap warna.

Banyak Budidaya rumput laut jenis ini  misalnya, di Pesisir Kepulauan Seribu, Kepulauan Riau, Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua. rumput laut ini biasanya digunakan sebagai bahan baku agar-agar.

2.  Gracilaria verrucosa

jenis-jenis rumput laut

Gracilaria verrucosa adalah salah satu sepesies rumput laut dari Rhodophyta (Rumput laut merah). Bentuk rumput jenis ini menyerupai akar, batang, daun, atau buah yang disebut thallus. Diameter thallus G. verrucosa sekitar 0.5-0.4 mm, habitat rumput laut jenis ini mendiami wilayah 300-1000 m dari gari pantai.

Wilayah penyebaran G. verrucosa di Indonesia meliputi di wilayah Sulawesi tenggara dan Sumbawa barat , Sulawesi selatan (Jeneponto, Takalar, Sinjai, Bulukumba, Wajo, Paloppo, Bone, Maros), Sulawesi tenggara dan Sumbawa barat. Daerah budidaya Gracilaria terdapat di Serang, Pantai Utara Jawa, Sulawesi selatan, Lombok barat, Sumbawa, Lamongan dan Sidoarjo.

3. Eucheuma spinosum

jenis-jenis rumput laut

Eucheuma spinosum tumbuh pada perairan yang terbilang jernih, dasar perairannya berpasir atau berlumpur dan hidupnya menempel pada berbagai jenis jenis terumbu karang. Persyaratan hidup lainnya yaitu terdapat arus. Umumnya di sekitar rumput laut akan ada banyak terdapat jenis-jenis plankton. Untuk di Indonesia sendiri masih baru dibudidayakan dalam skala besar di daerah Bali, Sumenep dan Madura.

4. Eucheuma cottonii

jenis-jenis rumput laut

Sentra wilayah budidaya rumput laut Eucheuma cottonii terdapat di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bali, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Barat. E. cottonii diambil kandungan kimiawinya dan dimanfaatkan dalam industri kosmetika, makanan, dan obat-obatan.

5.  Acanthophora spicifera

jenis-jenis rumput laut

Jenis rumput laut Acanthophora spicifera masih sedikit dibudidayakan di Indonesia dan biasanya dimanfaatkan sebagai makanan ringan dan makanan olahan.

6. Chondrococcus hornemannii

jenis-jenis rumput laut

Rumput laut merah yang  jenis satu ini  menghasilkan produk kimia asparagin dan karagenan serta dimanfaatkan sebagai bahan dasar agar-agar dan kosmetik.

7. Hypnea sp.

jenis-jenis rumput laut

Ciri khas dari rumput laut jenis Hypnea sp adalah mempunyai thallus yang lurus, bercabang lemah, berwarna coklat atau kehijau-hijauan tergantung intensitas cahaya matahari dan kedalaman tempat tumbuh. Sama seperti rumput laut merah jenis lain Hypnea sp dimanfaatkan diambil karagenannya sebagai bahan baku berbagai industri.

8. Ulva lactuca

jenis-jenis rumput laut

Rumput laut jenis Ulva sp atau tergolong kedalam divisi chlorophyta (rumput laut hijau). Ulva lactuca dapat memiliki panjang sampai 100 cm dan berwarna hijau apel terang, dan memiliki bentuk strap-shaped blades (pedang melipat) dengan tepi yang halus tapi bergelombang. Sentra budidaya rumput laut jenis Ulva lactuca ada di kawasan Gunung Kidul, Pantai Baron, Yogyakarta.

baca juga: TIPS MEMULAI PELUANG USAHA STIK BAWANG YANG SANGAT MENGUNTUNGKAN

9. Sargassum sp.

jenis-jenis rumput laut

Rumput laut jenis Sargassum sp tergolong dalam divisi Phaeophyceae (rumput laut coklat). Spesies ini dapat tumbuh sampai panjang 12 meter. Tubuhnya berwarna cokelat kuning kehijauan. Ciri-cirinya memiliki bentuk thallus silindris atau gepeng, pipih, licin, batang utama bulat agak kasar dan holdfast (bagian yang digunakan untuk melekat) berbentuk cakram.

10. Turbinaria sp.

jenis jenis rumput laut

Rumput laut jenis Turbinaria sp tergolong dalam  divisi Phaeophyceae (rumput laut coklat). Ciri- ciri umumnya adalah struktur thalus  agak keras atau kaku, phyloidnya atau blade menyerupai turbin atau seperti sebuah corong yang pada sisinya bergerigi, bagian tengah blade melengkung ke dalam dan terdapat kantong udara di bagian phyloid.

Sekian penjelasan singkat tentang jenis-jenis rumput laut yang ada di indonesia. Mungkin masih ada jenis-jenis rumput yang lain, tetapi yang kami bahas hanya 10 jenis rumput laut diatas saja. Semoga bermanfaat. Salam suksess..

Similar Posts