contoh produk awetan nabati

Sari kacang hijau merupakan produk minuman sehat kaya zat gizi yang penting bagi kesehatan tubuh. Minuman ini merupakan salah satu contoh produk awetan nabati dalam bentuk minuman. Karena bentuknya cair dan cenderung berwarna putih seperti susu, sering disebut ekstrak biji kacang yang sudah dikemas dengan nama susu kacang hijau.

Komponen gizi disetiap butir kacang hijau memiliki fungsi dan manfaat beragam bagi metabolisme dalam tubuh. Gizi tersebut karbohidrat, protein, serat pangan (dietary fiber) hingga berbagai macam vitamin dan mineral. Resep cara membuat sari kacang hijau seharusnya memperhatikan prosedur pengolahan sesuai dengan urutan.

Jika tidak, dikhawatirkan kandungan gizinya akan berkurang dan bahkan bisa hilang sepenuhnya. Proses pengolahan kacang hijau untuk diambil sarinya dimulai dari perendaman. Perendaman bertujuan mengupas kulit kacang hijau yang paling sederhana dan cukup mudah dilakukan.

Contoh produk awetan nabati lain baca artikel Ketahui macam makanan awetan dari bahan nabati dan cara pengawetan. Khasiat dan manfaat sari kacang hijau yang sudah dikemas akan bertahan lebih lama jika disimpan di suhu ruangan yang stabil. Untuk masa kadaluarsa sari kacang hijau umumnya 10 – 12 bulan.

Karena kacang hijau tinggi kandungan protein nabati, manfaat kacang hijau terbilang banyak dan komplit. Jika disimpan pada suhu lembab, kacang hijau mudah berkecambah. Meskipun sudah berkecambah, khasiat kacang hijau tidak lah hilang.

Bahkan kecambah dari kacang hijau menyimpan enzim yang berguna untuk membantu metabolisme dalam tubuh. Kecambah kacang hijau juga dipercaya berkhasiat menambah kesuburan pria atau wanita. Khasiat luar biasa ini biasanya dimanfaatkan pasutri untuk program hamil agar cepat dikaruniai momongan.

Satu lagi fakta unik dari biji kacang hijau ini, yaitu khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tidak akan berkurang jika terkena panas atau direbus dalam waktu lama.

Berbeda dari bahan makanan lain seperti sayuran, buah-buahan, serta ramuan tradisional yang umumnya terjadi penurunan kualitas khasiat jika direbus dalam waktu lama.

Manfaat Kacang Hijau Sebagai Contoh Produk Awetan Nabati

contoh produk awetan nabati

Berikut ini manfaat sari kacang hijau berdasarkan Direktorat Budidaya Aneka Kacang Dan Umbi – Kementrian Pertanian :

  1. Memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk menyehatkan sistem pencernaan. Didalam 100 gram biji kacang hijau terdapat sekitar 7,6 gram serat yang mampu mencukupi 30% kebutuhan harian serat.
  2. Kandungan lemak yang rendah dan karbohidrat sehingga sari kacang hijau sangat baik untuk orang yang mementingkan bobot tubuh, bahkan sangat cocok dikonsumsi untuk diet sehat.
  3. Lebih aman dikonsumsi oleh seseorang yang menderita diabetes karena merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah.
  4. Memiliki protein nabati tinggi sehingga cocok digunakan sebagai bahan makanan sumber protein nabati. Meskipun biji kacang hijau memiliki asam amino lengkap, kandungan protein kacang hijau akan berkurang jika sudah berkecambah.
  5. Minuman dari sari kacang hijau bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel tubuh seperti organ vital, otot dan otak.
  6. Kecambah kacang hijau memiliki kandungan enzim amylase yang dapat memaksimalkan penyerapan zat gizi dari makanan dan memaksimalkan pembentukan energi.
  7. Lebih kaya akan mineral penting bagi kesehatan tubuh seperti zat besi, manganese, magnesium, zinc dan selenium. Mampu mencegah anemia berkat zat besi yang berfungsi memproduksi sel darah merah. Juga mengandung zinc berperan menjaga keseimbangan hormon dan sistem kelenjar.
  8. Kandungan antioksidan (phytosterol) dari biji kacang hijau akan bertambah jika sudah mengalami proses kecambah. Memiliki zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, berbagai penyakit degeneratif serta mencegah kanker.
  9. Berkhasia menurunkan kolesterol dalam darah serta menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut berkat asam lemak esensial di dalamnya yang meliputi omega-3 dan omega-6.
  10. Manfaat sari kacang hijau dapat membantu proses regenerasi sel-sel tulang maupun gigi berkat kangandung kalium dan phosphor di dalamnya.

Demikian itulah sedikit tulisan pada postingan artikel kali ini. Jangan lupa Kunjungi juga Mari Pelajari Jenis jenis Kemasan Beserta Kelebihan dan Kekurangan.

Similar Posts