Cara Penggemukan Sapi Dalam Waktu 40 Hari Yang Mudah Di Lakukan

Kali ini saya akan   menjelaskan bagaimana cara penggemukan sapi dalam waktu 40 hari,  Melihat perkembangan bisnis atau perdagangan ternak semakin tahun semakin menjanjikan bagi peternak, terutama daging sapi.

Kenapa daging harganya mahal? karena sapi terbatas, sedangkan permintaaan daging sapi banyak, jadi ini adalah peluang.

Lanjut, sapi merupakan hewan ternak yang memiliki banyak manfaat dam kegunaan bagi pemiliknya, selain harga dagingnya lumayan mahal dijual, susu sapi juga dapat dijadikan olah minuman sehat.

Kulit dan tulangnya dapat dijadikan sebagai bentuk kerajinan tangan bermacam-macam, seperti tas kulit sapi, rebana dan lain sebagainya.

Sebelum melanjutkan membaca disini saya juga memiliki Cara Membuat Pisang Goreng Dengan Tepung Beras

Sapi Gemuk 40 Hari Dengan 4 Jenis Pakan

Sapi Gemuk 40 Hari Dengan 4 Jenis Pakan

Pakan Harus Bergizi

Pakan sapi, seperti makhluk hidup lainnya sapi juga memerlukan makanan yang kandungan gizi nya cukup untuk untuk dirinya, pakan sapi haru mengandung karbohidrat, protein, vitamin mineral dan lemak.

Agar dalam masa penggemukan sapi, daging sapi bisa sehat dan berkualitas, jadi dalam pemilihan pakan harus sesuai takaran yang sapi perlukan

Dalam proses sapi gemuk 4 hari, tidak semua bisa berhasil dalam proses tersebut, karena ketidaktahuan peternkan dalam proses penggemukan tersebut.

Sapi gemuk 40 hari tidak hanya bisa dilakukan hanya terfokus pada pakan saja, namun juga harus diperhatian bagaimana vitamin yang diberikan, agar sapi tersebut tetap sehat dan kebutuhan gizinya lancar.

Pakan Harus Bersih

Bicara tentang pakan yang bersih bicara juga bagaimana keadaan tempat atau kandang sapi tersebut diam, apabila kandang sapi tersebut kotor, maka akan menimbulkan penyakit dalam diri sapi.

Pakan sapi begitu, harus dalam keadaan pakan yang terbaik, tidak tercemar limbah atau kotoran yang menyebab sapi sakit, kemudain sapi Anda tak mau gemuk sesuai yang di inginkan.

Cobalah cari pakan pada watu siang hari atau sore hari, karena pada waktu tersebut untuk menghindari telur cacing yang terdapat dalam pakan.

Sapi gemuk 40 hari yang terpenting adalah bagaimana keadaan pakan tersebut, harus yang dinomer satu kan dari yang faktor lain. Nama juga akan jadi masalah karena setiap sapi berbeda ada yang tidak cocok dengan satu jenis pakan.

Oleh sebab itu peternak harus rajin dan pandai untuk mencari paka yang cocok untuk sapi ternak dalam masa program sapi gemuk 40 hari tersebut.

Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat merupakan pakat tambahan sebagu penguat, biasaya berupa campuran olahan dedak pagi yang sudah campur dengan bungkil kelapa.

kemudian ditambah tepung tulan dan garam, perbandingan campuran yaitu 70% : 30% : 0.1% : 1% . komposisi ini haru sesuai jagan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

3 Jenis Sapi Ternak Yang Terdapat Di Indonesia

1. Sapi Limousin (LIMOUSINE)

Sapi Limousin (LIMOUSINE)

Sapi Limousin (Limousine) Merupakan Sapi yang berasal dari prancis, namun sekarang sapi jenis ini sudah dikembangbiakan diseluruh dunia. Sapi Limousin ini merupakan jenis sapi unggulan dan merupakan sapi terfavorit dan andalan bagi masyarakaat Indonesia.

Ciri-ciri sapi limousin yaitu dengan tubuh besar yang busa mencapai 1.2 ton. apabila sapi tersebut dewasa, mempunyai tanduk kecil, perototan yang bagus dan memiliki kulit serta bulu yang berwarna merah kecokelatan

2. Sapi Brahman

Sapi Brahman

Sapi brahman merupakan jenis sapi berasal dari India yang dikembangbiakan secara besar-besaran di Amerikan Serikat. Sama dengan hal nya sapi limousin, sapi brahman juga diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sapi brahman juga sering disebut dengan sapi super, karena dengan berat sapi mencapai 1 ton. Ditambah harga sapi lumayan mahal dari jenis sapi lokal. Sapi ini juga sangat cocok dikembangbiakan di Indonesia.

Ciri-ciri sapi brahman memiliki warna kulit yang beragam, coklat, putih, kadang kehitaman dengan punuk besar dan perut lebar.

3. Sapi Simetal

 Sapi Simetal

Sapi ini, merupakan sapi yang sudah terdapat di negara-negara dunia, termasuk Indonesia.

Sapiini berasal dari switzerland dan dikembiakan secara besar-besaran. untuk memenuhi daging dinegara yang memerlukannya.

Keunggulannya selain sebagai daging potong bisa juga sebagai sapi perah, dimanfaat susunya untuk menjadi minuman, keju, dan lain sebagainya.

Sapi simetal memiliki berat untuk sapi betina dewasa 800 Kg/ekor sedang sapi jantan dewasa bisa mencapai 1.15 Ton/ekor. Sapi jantan dewasa berbobot 1,15 ton/ekor. Sedangkan betina dewasa mencapai 800 kg/ekor.

Jika resep di atas dirasa kurang anda juga bisa membaca Cara Beternak Sapi Bagi Pemula

Similar Posts