Cara Menyusun Ransum Kambing

Di artikel saya kali ini akan membahas tentang cara menyusun ransum kambing yang lengkap. Untuk kalian yang belum mengetahuinya cocok jika menyimak artikel ini. Ransum ini bertujuan untuk memenuhi Kebutuhan Pakan Kambing Per Hari.

Mari langsung saja simak di bawah ini tentang cara menyusun ransum kambing yang lengkap.

Penyusunan Ransum Kambing Lengkap

Pakan ternak merupakan salah satu komponen biaya produksi terbesar dalam suatu usaha peternakan. Oleh karena itu wawasan tentang pakan dan pemberiannya perlu mendapat perhatian yang serius.

Hal ini juga terjadi pada peternakan hewan kambing. Maka ransum kambing pedaging yang diberikan oleh ternak harus diformulasikan dengan baik.

Selain itu, tabel dalam kandungan nutrisi pakan kambing dalam semua bahan pakan yang dipergunakan dalam menyusun ransum harus mendukung produksi yang optimal dan efisien. Sehingga usaha yang dilakukan dapat menjadi jauh lebih ekonomis.

Hal – hal yang berkaitan dengan pemberian pakan ternak adalah kebutuhan kandungan nutrisi ternak, bagi kambing dan domba ada standar nutrisinya.

Standar nutrisi yang terkandung dalam pakan pada kambing dan domba ini merupakan komposisi nutrisi bahan pakan penyusun ransum yang harus terpenuhi semuanya. Dan bagaimana beberapa bahan yang dapat dikombinasikan dalam penyusunan ransum standar agar dapat mencukupi kebutuhan ternak.

Dalam usaha budidaya ternak kambing haruslah dikelola secara intensif maupun semi intensif, pakan merupakan salah satu komponen yang akan sangat menentukan keberhasilan usaha secara finansial.

Manajemen pemberian pakan membutuhkan strategi dan analisa lebih lanjut agar mencapai tujuan dari usaha ternak kambing.

Kambing memiliki kelebihan tersendiri dalam kemampuan memanfaatkan bahan pakan berserat tinggi ini. Dimungkinkan oleh proses fermentasi dengan cara anaerobik yang diperankan oleh mikroba yang berkembang didalam lambung. Sehingga sangat mungkin dilakukan untuk manipulasi pakan dengan catatan produksi tetap baik.

Tanaman pakan ternak (hijauan pakan) dan hasil sisa tanaman maupun limbah pertanian dan industri akan menjadi pilihan utama dalam mengembangkan sistem pakan pada usaha ternak kambing (pakan dasar).

Pakan pokok memiliki arti bahwa secara kuantitatif bahan tersebut dialokasikan dan dikonsumsi untuk ternak dalam jumlah paling banyak dibandingkan bahan pakan lain.

Cara Menyusun Ransum Kambing Lengkap

Untuk dapat mendukung produktivitas yang tinggi menurut kapasitas genetiknya, maka suplai nutrisi dari pakan dasar sering tidak mencukupi. Baik dalam jumlah pada asupannya ataupun dalam keseimbangan antar berbagai zat gizinya.

Oleh karena itu, manajemen pemberian pakan hijauan sangat perlu diperhatikan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya

Pemberian pakan konsentrat ataupun suplemen yang menggunakan bahan baku dengan kandungan nutrisi (protein, energi, mineral) yang tinggi sebaiknya digunakan untuk mengatasi kekurangan nutrisi pada pakan dasar.

Dikarenakan oleh konsentrasi nutrisinya yang relatif tinggi, maka biaya penggunaan pakan konsentrat juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pakan dasar per unit pakan.

Dengan demikian dalam penggunaan pakan konsentrat pun haruslah seefisien mungkin .

Efisiensi penggunaan pakan yang tinggi dapat dicapai dengan pengelolaan pakan yang tepat, antara lain pengelolaan alokasi jumlah pakan optimal, formulasi konsentrat yang efisien, pemilihan bahan baku yang seimbang dalam nutrisi dan layak secara ekonomis. Serta dalam penentuan waktu dan juga frekuensi pemberian pakan yang strategis.

Kontribusi penggunaan pakan dengan cara efisien sangat besar terhadap efisiensi ekonomi pada usaha produksi secara keseluruhan.

Pembuatan ransum untuk kambing merupakan salah satu langkah manajemen pemeliharaan ternak kambing. Pada praktikum ini, dipisahkan antara pembuatan ransum konsentrat dan hijauan.

Bahan hijauan yang digunakan untuk pembuatan ransum adalah hijauan yang telah diolah dengan proses silase dan amoniasi sehingga kecernaannya meningkat.

Namun, untuk memperpanjang masa penyimpanan, maka antara konsentrat dan hijauan pemberiannya dipisahkan.

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang cara menyusun ransum kambing. Semoga bermanfaat. Mungkin anda juga berminat untuk mempelajari tentang Kebutuhan Ternak Kambing Dengan Cara Tradisional

Similar Posts