Menyimpan sayuran dalam kulkas sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Mungkin kulkas sudah dianggap robot tak bergerak yang membantu keseharian ibu modern saat ini. Tapi perlu diketahui bahwa menyimpan sayuran tak melulu dalam kulkas. Ada berbagai cara mudah untuk menyimpan sayuran, salah satunya cara menyimpan wortel tanpa kulkas.

cara menyimpan wortel tanpa kulkas

Bila Anda senang mengonsumsi wortel mentah dan renyah sebagai camilan sehat, ini hal yang bagus. Namun jika ingin mengonsumsinya dalam sebuah masakan juga bisa. Wortel yang segar dan berwarna orange mempunyai rasa yang khas saat dimakan. Berbeda dengan wortel yang sudah berwarna dan layu.

Cara Menyimpan Wortel Tanpa Kulkas

  • Tidak perlu mencuci wortel

Agar wortel tetap segar saat akan dimasak atau dimakan, saat proses penyimpanannya Anda tidak perlu mencuci wortel. Karena air yang Anda gunakan untuk mencuci wortel ini akan menghilangkan pertahanan alami dan mengakibatkannya menjadi busuk. Jika wortel dalam keadaan kotor, cukup membersihkannya dengan lap kain yang kering atau bisa menggunakan tisu.
  • Letakkan pada tempat yang kering

Pastikan tempat yang Anda gunakan untuk menyimpan wortel ini kering dan jangan sampai menjadi lembab, karena hal itu akan menimbulkan tumbuhnya jamur pada sayuran yang Anda simpan. Cara ini sangat mudah, cukup menaruh wortel pada dan lapisi dengan lap kain kering atau tisu agar kondisinye tetap terjaga.

Bila perlu Anda juga dapat mengganti wadah dua hari sekali agar keaadan wortel tetap segar.

  • Potong daun hijaun pada wortel

Sebelum Anda menyimpan wortel hendaknya potong daun hijaun yang terletak pada bagian atas wortel. Baru Anda bisa menyimpannya pada wadah yang sudah Anda siapkan atau simpan pada kantong plastik, tapi pastikan wadah yang Anda gunakan ini kedap udara.

Jika Anda menyimpannya dalam plastik jangan lupa lubangi plastik tersebut karena wortel juga butuh udara segar seperti kita tentunya. Cara ini dapat membuat wortel bertahan lama hingga 2 minggu. Oh iya, simpanlah wortel tanpa mengupas kuliatnya ya agar tidak mudah membusuk.

Jangan menyimpan wortel menjadi satu dengan bawang dan buah-buahan yang mengandung gas etilen. Karena gas tersebut dapat mempercepat pemantangan dan menyebabkan wortel jadi cepat busuk.

Baca juga resep-resep menarik Cara Membuat Selai Coklat Menggunakan Coklat Bubuk

Similar Posts