Cara Menghemat Uang Anak Kost – Di zaman sekarang ini banyak mahasiswa yang lebih memilih tinggal di kost-kostan, maka dari itu mereka perlu pintar-pintar mengatur pengeluaran. Pada kesempatan kali ini akan membahas secara panjang lebar mengenai tips cara menghemat uang anak kost mahasiswa. Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran dan inspirasi bagi kita semua supaya tidak terjatuh dalam jurang bencana finansial serta sebagai sarana strategi untuk mencapai target-target pencapaian kondisi finansial tertentu yang telah direncanakan.

Cara Menghemat Uang Anak Kost
Cara Menghemat Uang Anak Kost

Inilah 6 cara menghemat uang anak kost Yang Wajib di Coba

1. Membuat Rencana Anggaran Keuangan Bulanan

Cara dasar menghemat uang bagi siapapun adalah dengan membuat rencana  anggaran keuangan bulanan. Menghemat uang bulanan artinya adalah mengatur bagaimana dengan uang pemasukan rutin setiap bulannya bisa cukup untuk mencukupi kebutuhan selama satu bulan. Caranya adalah dengan membuat daftar segala kebutuhan yang diperlukan selama satu bulan ke depan.

Apabila sudah diatur dan direncanakan seperti ini maka proses menghemat uang bulanan anak kost dan mahasiswa akan berjalan dengan sukses. Namun juga perlu diperhatikan untuk melaksanakan rencana anggaran keuangan selama satu bulan tersebut dengan penuh kedisiplinan.

Meskipun memang dalam perjalanan pelaksanaan rencana anggaran keuangan tersebut nantinya akan menghadapi beberapa penyesuaian sehingga diperlukan fleksibilitas dan dinamis dalam menjalankan rencana keuangan tersebut.

2. Mempelajari Cara Mengatur Keuangan Pribadi (Personal Finance)

Kesadaran untuk memperhatikan dan menggunakan teknik-teknik keuangan pribadi (personal finance) sudah mulai nampak di kalangan masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari banyak diterbitkannya buku-buku bertema manajemen keuangan pribadi, munculnya jasa-jasa konsultan keuangan pribadi, serta mulai bermunculannya blog-blog atau portal online yang bertema keuangan pribadi. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berhemat.

3. Menjalankan Prinsip-prinsip Hidup Sederhana

Menghemat uang bulanan anak kost, mahasiswa, atau untuk siapa saja, sangat erat hubungannya dengan menjalankan prinsip-prinsip hidup sederhana. Menghemat uang itu ada tantangannya yaitu bujuk rayu dari berbagai macam bentuk untuk membelanjakan uang secara boros dengan membeli barang-barang atau jasa yang kurang penting dan kurang mendesak.

4. Selalu Merenung Dan Berpikir Panjang Dan Mengendalikan Diri Di Bidang Keuangan

Kebiasaan merenung, berpikir panjang, dan mengevaluasi jalannya kehidupan yang telah dilalui juga bisa dijadikan sebagai media penguat cara menghemat uang bulanan. Apabila kita pernah tiba-tiba kehabisan uang sebelum akhir bulan dan mungkin hanya bisa makan mie instant hari demi hari sampai awal bulan lagi, maka itu bisa dijadikan pelajaran supaya anda bisa berhemat. Jadi bila ada terbersit ingin belanjakan uang secara liar tak terkendali maka cobalah ingat betapa sakit rasanya saat uang menipis sehingga harus dicukup-cukupkan hingga awal bulan saat suntikan dana kembali mengucur.

5. Selalu Ingat Pesan Orang Tua Untuk Berhemat

Cobalah untuk selalu mengingat pesan orang tua untuk menghemat uang bulanan pemberian mereka, karena orang tua di rumah susah payah mencari uang untuk menyekolahkan anak-anaknya. Mereka di rumah hidup seadanya demi anaknya tetap bisa belajar di bangku perguruan tinggi dengan tenang tanpa terkendala keuangan. Orang tua di rumah rela hidup prihatin supaya anaknya berhasil dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Ingatlah selalu orang tua di rumah bila akan membelanjakan uang bulanan secara berlebihan dan tidak terkendali.

6. Selalu Bersyukur

Selalu bersyukur pada apa yang dimiliki dan apa yang didapatkan sehingga anda akan dapat menghargai uang. Sadar untuk mencoba berpikir bahwa kesempatan yang dimiliki untuk bisa belajar di perguruan tinggi adalah anugrah pemberian Yang Maha Kuasa. Betapa banyak yang memiliki keinginan untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi namun belum kesampaian. Oleh karena itu bagi seorang mahasiswa alangkah lebih bijaksana bila bersyukur atas apa yang telah didapatkan.

Baca juga : Anda Harus Tau Inilah Cara Menabung di Bank Untuk Pelajar

Similar Posts