cara menggunakan mesin laminating

cara menggunakan mesin laminating –  Mesin laminating adalah alat yang digunakan untuk melapisi kertas dengan menggunakan plastik agar dokumen menjadi lebih awet, terbebas dari debu, kotoran, maupun percikan air.

Kelebihan dalam menggunakan mesin laminating yaitu kertas atau dokumen yang dilaminasi menjadi lebih awet karena terbebas dari gangguan kotoran. Sedangkan kelemahan mesin laminating yaitu laminating membuat plastiknya menempel ke kertasnya. Sehingga ketika plastik pelapisnya rusak maka kertas yang dilapisi juga akan rusak.Begitupun kalau dalam proses laminasi terjadi kegagalan, dapat merusak dokumen aslinya.

Tips tips dalam Cara Menggunakan mesin laminating

Perhatikan Sumber Daya Listrik Rumah dan Mesin Laminating Tersebut

Pastikan sumber daya listrik yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, tidak dianjurkan juga menggunakan kabel tambahan atau kabel roll secara bersama-sama perangkat listrik lainnya.

Misalnya, mencolok saklar radio, televisi atapun mencharging HP. Yang perlu Anda ketahui, daya yang dibutuhkan pada saat mesin laminating sedang memanaskan komponennya diperkirakan akan membutuhkan daya sekitar 600 watt. Selang kemudian baru daya akan menurun jika proses pemanasan telah stabil kembali.

Pastikan Anda Telah Memahami Fungsi Panel yang Ada

Pada umumnya, Mesin Laminating memiliki tombol seperti misalnya ON/OFF, tombol untuk mengatur fungsi panas atau dingin, tombol pengaturan suhu biasanya ada yang dilengkapi dengan termostat meter, namun untuk bebebrapa produk ada juga yang tidak. Tentu spesifikasi dan fitur yang ada di mesin laminating juga berpengaruh.

Pastikan Mesin Laminating Selalu Dalam Kondisi Bersih dan Kering

Jaga kebersihannya dan pastikan mesin selalu dalam keadaan kering. Kenapa begitu? Tentu agar tidak berpotensi terjadinya arus pendek alias konsleting listrik.

Gunakan Plastik Laminating Yang Sesuai

siapkan plastik laminating yang memilki ukuran sesuai dengan ukuran dokumen yang akan dilaminating. Jangan melaminating KTP menggunakan plastik A3. Tidak  pula dianjurkan untuk menggunakan plastik laminating sisa ataupun yang sudah berbentuk potongan.

Saat ini, plastik laminating sudah tidak begitu sulit didapatkan dan harganyapun cukup murah. Variasinyapun cukup beragam, mulai ukuran A4, Folio, A3 dan KTP.

Cara Menggunakan Mesin Laminating

Setelah persiapan sudah selesai, kini saatnya kita mulai ke tahap proses cara menggunakan mesin laminating yang benar.

Lakukan Pemanasan Mesin

Lakukan Pemanasan Mesin, Pemanasan mesin laminating dapat berlangsung kurang lebih 5 menit. Atur temperatur dengan suhu sedikit lebih tinggi,sehingga pemanasan bisa dipercepat. Misanya sekitar pada suhu 150 derajat. Tunggu hingga indikator berwarna hijau.Tanda Hijau berarti mesin laminating sudah Siap digunakan.

Test Roll dengan Kertas Kosong

Jika lampu sudah berwarna hijau seperti yang disebutkan diatas, chek suhu panasnya. Caranya dengan menjalankan roll pada sebuah kertas kosong yang masih dalam kondisi lurus / tidak ada tekukan. Pastikan kertas tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan atau macet.

Proses Laminating Dokumen dengan Kertas Laminatingnya

Masukan dokumen ditengah-tengah plastik laminating. Perhatikan, bagian depannya adalah sisi yang tertutup, sedangkan bagian belakangnya adalah bagian yang terbuka. Setelah itu, biarkan roller tersebut menarik sesuai dengan kecepatan mesin laminatingnya. Jangan dipaksa keluar ataupun menariknya dengan sengaja.

Jika kertas yang dilaminating sudah keluar maka kamu dapat melihat hasilnya. Apabila plastik sudah terlihat bening secara merata, artinya dokumen dan kertas, namun bila masih terdapat seperti bintik, tandanya kertas laminating dan dokumen tidak menempel sempurna.

Apa penyebab hal itu terjadi?Hal itu bisa terjadi karena mesin kurang panas. Sebaliknya, jika plastik terlihat seperti memuai, berarti suhu terlalu panas. Jadi, pastikan terlebih dahulu panas mesin sudah pas.

Matikan Jika Sudah Tidak Digunakan Kembali

Jika Anda sudah tidak mengunakannya lagi, matikan mesin laminating tersebut. Lakukan dengan memutar suhu ke arah terendah dahulu kemudian tekan tombol OFF. diamkan untuk beberapa saat. Setelah itu baru dicabut sumber daya listriknya.

Mesin laminating pada dasarnya membuat permukaan kertas menjadi kedap terhadap udara atau apapun disekitarnya.Cara kerjanya juga sama seperti mesin cup sealer yang sama sama berfungsi dalam hal pengemasasn suatu benda sehingga benda tersebut bisa kedap atas apapun disekitarnya

Cara Merawat Mesin Laminating

Tips mencegah kemacetan pada mesin laminating

Agar tidak terjadi kemacetan pada mesin yaitu alangkah baiknya dengan selalu menggunakan carrier pada saat melakukan laminasi. Cara ini sangat baik untuk mencegah kemacetan pada mesin laminating.

Sebelum menggunakan mesin laminating, alangkah baiknya mesin rajin di kontrol atau di cek. Apakah ada kabel yang sudah tidak kencang atau mungkin ada kabel penghubung lainnya yang kendor atau bermasalah.

Apabila terdapat komponen yang terdapati bermasalah, alangkah baiknya jika komponen tersebut dibetulkan terlebih dahulu sebelum terjadi kerusakan lanjutan yang mengarah pada komponen lainnya. Dan jangan lupa lakukan secara rutin membersihkan roll mesin laminating.

Apabila ingin menggunakan mesin laminasi, pastikan unit mesin dalam keadaan bersih dan kering. Kotoran yang masuk kedalam unit mesin dapat terbakar karena panasnya suhu. Apabila ada air juga berpotensi terjadi arus pendek konsleting listrik. Ketahui pengaturan pada saat pengaturan temperatur suhu, dan periksa tingkat panasnya.

Kerusakan yang biasa terjadi pada mesin Laminating

  • biasanya disebabkan oleh tombol“forward-reverse” yang sudah rusak. Switch ini mempunyai dua posisi kontak. Jika Switch/tombol ini yang rusak maka kontak pada kedua posisinya akan ikut Untuk memastikannya switch perlu dites. Namun, jika switch tidak mengalami kerusakan maka kemungkinan terjadi kemacetan mesin pada bagian mekanik atau pada bagian motor yang sudah rusak.
  • Kerusakan ini bisa jadi karena disebabkan oleh switch “forward-reverse” yang sudah bermasalah, yaitu salah satu posisi kontakyang sudah tidak berfungsi lagi. Solusinya Switch perlu diganti dengan yang baru.
  • kerusakan ini memiliki berbagai kerusakan yang bermacam macam. Bisa jadi karena fuse, kabel AC, atau switch on / Start. Semua perlu di check satu per satu agar dapat diketahui kerusakan yang ada pada mesin laminating.

Itu tadi tentang cara menggunakan mesin laminating yang mudah dan anda pun bisa melakukannya. Semoga bermanfaat.

Similar Posts