cara menanam bawang merah vertikultur

Cara Menanam Bawang Merah Vertikultur-Saat ini menanam tanam dapat dilakukan dengan berbagai media. Bahkan, menanam di lahan sempit bisa dilakukan. Sebab, pada saat ini telah banyak cara praktis untuk menanam tanam dengan mudah.

Salah satu cara menanam tanam yang sangat mudah adalah dengan menggunakan vertikultur.
cara menanam bawang merah vertikultur

 

Bahan Yang Dipersiapkan Dalam Cara Menanam Bawang Merah Vertikultur :

  • Siapkan paralon setinggi 2 meter
  • berilah lubang pada paralon menjadi 120 lubang dengan diameter 10 cm.
  • Paralon yang telah diberi lubang tersebut kemudian diisi dengan menggunakan media tanam berupa campuran pupuk kandang,  abu batu dan arang batok kelapa.

Pembuatan Vertikulur :

  • Di bagian tengah tonggak diisi paralon kecil seukuran 0,5 dim atau setara 1,25 cm (1 dim = 2,5 cm) yang bersambung ke selang plastik seukuran selang infus. Selang ini berfungsi untuk mengalirkan air yang mengandung nutrisi.
  • Pengairan harus dilakukan secara rutin dan merata menuju pangkal tanaman. Oleh karena itu, kondisi tanah juga harus berporos dan tidak keras.
  • Tonggak paralon ini dapat ditanami beberapa ragam tanaman seperti bawang merah, tomat, lombok dan sawi.

Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

 

1. Persiapan Media

Media yang dimaksud adalah pengganti tanah pada vertikultur. Karena untuk instalasinya saya anggap sudah mengerti cara membuatnya dan sudah ada.

Komposisi yang tepat untuk vertikultur adalah 2 : 1 : 1.
Yaitu tanah kompos atau tanah gembur : sekam padi :  cocopeat.

Caranya dengan mencampurkan bahan yang sudah ada sampai merata. Kemudian masukkan ke dalam vertikultur yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Pemilihan Bibit

Untuk bawang merah, familiarnya bibit yang digunakan adalah umbinya sendiri. Maka pilihlah umbi yang tepat dan tidak cacat yaitu seperti :

– Berat
– Umbi sudah tua
– Warna umbi mengkilap
– Berumbi satu

 

3. Penanaman

Dalam penanaman bawang merah dapat menggunakan 2 cara, yaitu dengan menyemai terlebih dahulu atau juga bisa dengan menanamnya langsung ke dalam vertikultur.

Hasilnya pun tidak mengecewakan.
Apabila dengan menyemai terlebih dahulu, dibawah inilah caranya :

● Siapkan rockwoll sebagai tempat menyemai bawang merah.
● Potonglah sedikit bibit bawang merah bagian ujung atas agar tunas tumbuh.
● Potong rockwoll menjadi delapan bagian dengan besar yang sama.
● Basahi rockwoll dengan air hingga merata.
● Lubangilah rockwool dengan benda tajam.
● Masukkan bawang merah ke dalah rockwoll. Benamkan setengah bagian bawang merah tersebut.

Setelah penyemaian selesai. Tunggu hingga 14 hari. Kemudian akan tumbuh daun pada umbinya, bawang merah siap dipindahkan ke media vertikultur.

Caranya hanya dengan membenamkan setengah bagian dari bawang merah ke dalam media tanam. Agar bawang merah yang ditanam tidak mengalami pembusukan.

Apabila tidak melalui proses penyemaian, maka penanaman langsung sama dengan teknik penanaman biasa. Yaitu dengan menanam umbi pada media vertikultur.

 

Demikian para pembaca setia membuat.info  pembahasan  terkait dengan Cara Menanam Bawang Merah Vertikultur Yang Tidak Perlu Lembur. Penanaman ini dapat dilakukan dihalaman rumah atau bahkan didalam rumah hasil dari vertikultur dapat digunakan sendiri atau dapat dijual. Selain dalam Cara Menanam Bawang Merah Vertikultur Yang Tidak Perlu Lembur ternyata terdapat cara lain yaitu Hidroponik Bawang Merah Yang Menguntunkan Bagi Keluarga Anda.

Similar Posts