cara menanam bawang merah dimusim hujan

Cara menanam bawang merah dimusim hujan-Musim penghujan adalah salah satu hambatan petani, ada beberapa cara khusus bertani untuk tanaman bawang. Biasanya musim penghujan hama dan penyakit akan mudah menyerang tumbuhan. Air yang banyak akibat hujan dapat mengakibatkan tanaman bawang menjadi lembab. Kondisi ini akan memudahkan gagal panen.

cara menanam bawang merah dimusim hujan

Cara Menanam Bawang Merah Dimusim Hujan

1. Pengolahan lahan

Langkah awal yang dilakukan adalah penggemburan tanah. Penggemburan tanah bias dilakukan dengan pembajak atau dengan cangkul. Apabila membajak dengan cangkul maka gunakan cangkul dengan ukuran kedalaman sekitar kurang lebih 20 sampai 30 cm. Lahan diberikan pupuk dasar sebelum bedengan dibuat dengan takaran kurang lebih 3 ton/ha.

2. Pemeliharaan bibit

Pada saat musim penghujan bibit sangat menentukan hasil pemanenan, bibit yang cocok di tanam pada musim penghujan yaitu benih bawang merah dengan jenis lokal. Bibit jenis lokal sangat tahan terhadap air hujan sekalipun.

Sebelum menanam harus menyimpan benih kurang lebih 2 bulan setelah dipanen. Apabila sulit membedakan bibit ini, bias dengan melihat ciri-cirinya, yaitu kulit pada buah tipis, buahnya berbentuk lonjong, dan kulit daunnya tipis.

3. Penanaman

Sebelum menanam buang bagian luar yang mengering dan sisa akar pada benih yang akan ditanam. Potong bagian atas ujung umbi sekitar 1/5 sampai 1/6 bagian. Agar benih yang ditanam terhindar dari tanah pada saat turun hujan. Tanaman akan tumbuh merata apabila pada saat pemotongan umbi dilakukan bersama-sama dengan keluarnya tunas.

 

4. Perawatan

Bedengan akan dialir air usahakan tinggi air setengah dari tinggi bedengan. Apabila sudah dilakukan maka bisa membenamkan bibit 2/3 bagian, Jika terlalu dalam, bibit akan mudah tertimbun tanah pada saat hujan. Maka bibit yang ditanam tidak dapat tumbuh karena tertimbun tanah, menghambat pertumbuhan dan bibit akan membusuk. Jarak tanam yang biasa digunakan adalah dengan ukuran 15 x 15 cm.

Tanaman bawang merah biasanya disemprot dengan menggunakan herbisida. Hal ini dilakukan sebelum masa tanaman. Bisa menggunakan herbisida yang memiliki bahan aktif Oksifluerfen dengan takaran 25-30 cc untuk per 17 liternya. Kontrol secara rutin tumbuhnya gulma yang cepat, lalu lakukan pemupukan setelah penyiangan, apabila menggunakan mulsa untuk penyiangannya bisanya tidak terlalu banyak tenaga karena tumbuhnya gulma bisa dihambat.

 

Demikian para pembaca setia membuat.info pembahasan terkait tentang cara menanam bawang merah dimusim hujan. Selain mudah untuk dipraktekan secara langsung ternyata dapat menghasilkan rezeki, dengan menjualnya dipasaran. Namun apabila anda menginginkan lebih banyak informasi maka Budidaya Bawang Merah Yang Benar dan Balik Mahar didalamnya terdapat banyak informasi yang bermanfaat.

 

Similar Posts