cara membuka laminating

Apa sih Laminating itu?

cara membuka laminating–Artikel ini saya buat saat saya di sebuah toko roti yang memajang rotinya di showcase berkualitas sehingga saya jadi tertarik membeli roti disana.

Mungkin ada orang yang belum tahu apa itu laminating, Nih aku kasih tahu apa itu Laminating. Laminating adalah Tindakan melapisi bahan plastik pada benda berbahan kertas. Misalnya, laminating surat ijazah, laminating surat piagam, Laminating Kertas KTP, dll.

mesin laminating

Laminating Ini biasanya dilakukan dengan tujuan agar bahan kertas tersebut tidak mudah rusak. orang juga lebih mengenal “press” daripada laminating padahal antara press dan Laminating berbeda. dibawah ini akan dijelaskan apa perbedaannya maka itu baca dulu yuk biar tambah pengetahuan kita.

Perbedaan Laminating dengan Press

  1. Laminating

     

    mesin laminating
    cara membuka laminating–merupakan tindakan Melapisi barang yang tipis dengan lapisan yang lebih tebal dan keras pada kedua sisinya. Sedangkan untuk lapisan yang digunakan untuk melapisi adalah bahan yang terbuat dari plastik, tetapi plastik yang digunakan adalah plastik khusus yaitu plsatik laminasi yang sudah memiliki perekat pada bagian sisinya.

    Pada proses laminasi dilakukan dengan cara melapisi barang biasnya kertas dengan menggunakan plastik laminasi di kedua sisinya, kemudian plastik laminasi dipanaskan dengan menggunakan mesin laminator dengan suhu tinggi setinggi kurang lebih >100 derajat.

    Mesin Laminating ini mempunyai 2 roler yang akan menggerakkan barang yang akan dilaminasi dan berfungsi menjepit/merekatkan plastik pada barang yang akan dilaminasi.

    Dan hasil proses laminasi ini akan membuat barang yang dilaminasi terlindungi dengan lapisan plastik kaku dan mengkilat. Sehingga barang / dokumen yang di-laminasi awet dan tahan terhadap kotoran / hal – hal yang dapat merusak barang tersebut.

    Tetapi kekurangannya adalah kita tidak bisa lagi membuka plastik laminasi tersebut karena plastik tersebut sudah menempel dan merekat kuat pada barang yang di-laminasi, jika dipaksa maka barang akan rusak / sobek.

    Tapi tenang dibawah ini akan dijelaskan cara melepas laminating dengan benar sehingga tidak merusak dokumen yang kita laminating

  2. Press Mika 

    cara membuka laminatingWalaupun sama – sama menggunakan lapisan plastik laminasi, akan tetapi press tidak menggunakan proses perekatan pada sisi-sisi dokumen. Yang direkatkan hanya pada bagian tepi plastiknya saja.

    sehingga jika suatu waktu nanti kita ingin membuka lapisan plastiknya masih bisa dan tidak akan merusak barang yang dibungkus atau sudah di-press.

Cara Membuka laminating yang Baik dan Benar

Jika kalian ingin melepas plastik laminating dokumen dan ingin menggantinya dengan plastik laminating yang baru, mungkin tips ini akan berguna. Alat yang harus kita  siapkan agar kita mudah membuka laminatingnya adalah antara lain sebagai berikut :

  • Dokumen yang akan dilepas plastik laminating/plastik pelindungnya
  • Kain handuk atau kain yang lumayan tebal semisal sajadah atau kain selimut yang tebal.
  • Gunting/pisau cutter yang tajam agar mudah dalam menggunakannnya nanti
  • Siapkan juga alat seperti setrika, atau hidrayer/alat pengering rambut.

Caranya Membuka Laminating yang Baik dan Benar

  • Pertama – tama kita gunting terlebih dahulu pinggir atau bagian sisi plastik laminating yang merekat dengan plastik laminasi dengan rapi.
  • Setelah itu kita panaskan setrika atau hair dryer dengan setelan panas yang maksimal.
  • Selanjutnya kita tutup bagian atas dokumen yang sudah dilaminating dengan kain handuk atau kain yang tebal yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  • Langkah berikutnya kita letakkan setrika yang sudah panas diatas kain kurang lebih selama 10 sampai 20 detik tapi jangan sampai plastik meleleh karena jika meleleh tamatlah sudah.
  • Kemudian Silahkan kita periksa apakah plastik laminating pada dokumen sudah panas.
  • Apabila plastik sudah panas kemudian kita tarik dengan perlahan – lahan untuk melepaskan plastik dari dokumen.
  • Lalu apabila beberapa bagian dokumen yang di laminating masih sulit dilepas ulangi cara diatas sampai bisa ditarik lepas.

Prinsip Laminating

cara membuka laminating

Fungsi utama tindakan laminating adalah digunakan sebagai pelindung suatu barang sehingga menjadi lebih awet, lebih mengkilap, tahan gores dan mencegah terjadinya retak atau rusak.

Barang yang sering menggunakan laminating adalah sebagai berikut : menu, kartu (card), placemats, kalender saku, poster outdoor, cover buku, cover kotak video, kaset, index tab, peta & kemasan lainnya. Penggunaaan laminating yang lain yang populer adalah poster dinding, map presentasi, binder, brosur dan produk casebound.

Laminating sendiri adalah proses sederhana yang di dalamnya berisi sebuah plastik lembaran tipis, khususnya yang terbuat dari bahan polypropylene, polyester atau nylon ke permukaan lembaran atau barang yang lain. Sehingga barang terlapisi dengan plastik laminasi tadi dan tahan lama serta awet tahan dari kotoran.

Metode dalam Laminating

mesin laminating cara membuka laminating

Dalam kegiatan ada 2 metode laminating yaitu metode wet dan metode thermal yang memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing. Dibawah ini akan dijelaskan apa itu metode thermal dan metode wet.

Metode wet

Cara Metode wet menggunakan bahan adhesive yang dicampur dengan bahan pelarut atau air. Adhesive ini dicoatingkan ke permukaan plastik kemudian dilapiskan ke media. Metode ini lebih murah biaya opersionalnya dibandingkan dengan metode thermal. Akan tetapi tidak ramah lingkungan dikarenakan saat pengeringan adhesive maka akan terjadi penguapan dari pelarut air.

Metode thermal

Cara Metode tehrmal yang populer akhir-akhir ini memerlukan panas setinggi 90 sampai 150 derajat celcius untuk melelehkan bagian lem kering plastik laminating agar lengket ke media yang kita laminating. Lem yang digunakan ini dibuat dari bahan polyethylene.

Masalah yang paling utama pada metode thermal ini adalah problem curling yang terjadi pada produk setelah media selesai dilaminasi. Saat kita memanasi plastik laminasi dengan bahan plastik polyester, terutama polypropylene adalah saat proses laminasi mengalami penarikan.

Setelah sudah jadi produk dan dingin, maka terjadi pengerutan atau penyusutan sehingga akibatnya terjadi curling atau menggulung plastiknya. Cara yang paling aman dari problem curling ini adalah dengan memakai plastik laminating berbahan dari nylon yang dikenal sebagai plastik anti curling atau anti gulung.

 

Sekian tadi cara membuka laminating semoga bermanfaat karena seagian orang tidak tahu dan salah dalm membuka lamnating. Maka dari itu saya mencoba sedikit memberikan tips membuka laminating tadi. Selamat mencoba dan semoga berhasil :).

Similar Posts