Cara Membuat Tumis Kangkung Yang enak Dan Mudah

Cara Membuat Tumis Kangkung Yang Enak dan Mudah

sebelum kita membahas Cara Membuat Tumis Kangkung Yang Enak dan Mudah terlebih dahulu kita harus mengetahui bahan dasar dari menu tersebut yaitu KANGKUNG,Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Cara Membuat Tumis Kangkung Yang Enak dan Mudah

Khasiat dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Kangkung?, siapa sih yang tidak mengenalnya?.. Orang-orang umumnya menganggap kangkung sebagai makanan yang bisa membuat mengantuk. Benarkah demikian?, lalu apakah ada manfaat lain kangkung bagi kesehatan?

Mengatasi Insomnia

Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Anti Toksin dan Mencegah Sembelit

Kangkung memiliki sifat antiracun, sehingga bermanfaat untuk meringankan sakit bisul, hingga perawatan kulit. Hal ini juga meringankan sembelit, karena kangkung juga tinggi mengandung serat. Mengandung zat besi.

Mengandung Zat Besi

Pada umumnya orang mengenal bayam untuk menambah asupan zat besi secara alami. Namun jika Anda mengkonsumsi kangkung, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Sayuran air ini menawarkan Anda zat besi sekitar 2,5mg per 100 gramnya, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.

Anti Diabetes Melitus

Kangkung yang diekstrak ternyata merupakan bantuan yang baik untuk diabetes melitus. Hal ini karena zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.

Kekebalan Tubuh Terhadap Virus Flu Biasa

Kangkung ternyata sangat banyak mengandung vitamin C, sehingga merupakan penangkal serangan influenza yang sangat baik. Bahkan diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan.

Menyehatkan Penglihatan

Kangkung juga sangat tinggi vitamin A, yaitu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata kita.Vitamin A adalah antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata kita. Jika tak ingin menderita katarak, atau degenerasi manula, serta gangguan kesehatan mata lainnya, perbanyak konsumsi vitamin A alami, termasuk dari sumber kangkung.

Anti parasit usus

Kangkung yang dikonsumsi mentah dapat Kangkung bila dimakan mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis.

Ibu hamil dan menyusui

Kangkung dianggap aman jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Dan sebenarnya di India kangkung juga digunakan untuk mengobati diabetes selama kehamilan.

Kesehatan hati atau liver

Menurut penelitian, kangkung dikatakan bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhada modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.

Khasiat untuk obat

Kangkung sebagai obat tapal untuk mengatasi penyakit kulit seperti kurap, kudis, dll Kangkung sebagai bantuan untuk keracunan, yang membantu memuntahkan kembali pada orang yang keracunan,Jus kangkung yang dicampur dengan air untuk mengompres demam, Rebusan air Kangkung bisa untuk mengobati sembelit.

Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kecantikan

selain bermanfaat untuk kesehatan kangkung juga bermanfaat untuk kecantikan berikut adalah beberapa  manfaat  dan khasiat kangkung bagi kecantikan.

  1. Mencegah Kulit kepala gatal dan berketombe
  2. Menghilangkan Bau Mulut
  3. Mengurangi haid / menstruasi berlebihan
  4. Cocok untuk menu diet

 

Macam-Macam Tananaman Kangkung

 1.Kangkung darat (Ipomea reptans)

Kangkung darat ini cuma dapat tumbuh di tempat kering. Ciri-cirinya yaitu batangnya lebih kecil serta berwarna putih kehijauan, daunnya lebih tidak tebal serta lebih lunak, apabila dimasak lebih cepat layu/masak, serta mempunyai bunga yg berwarna putih bersih.

2.Kangkung air (Ipomea aquatica)

Kangkung air ini bisa tumbuh di daerah basah seperti parit, kolam atau genangan sawah. Ciri-cirinya yaitu batangnya semakin besar, berwarna hijau lebih gelap, daunnya lebih lebar serta sedikit keras, lebih lama layu bila dimasak serta mempunyai bunga yg berwarna putih kemerahan.

Resep Tumis Kangkung Yang Enak dan Mudah

Bahan-bahan / bumbu Tumis Kangkung

  • 2-3 ikat kangkung, bersihkan dan siangi, sisihkan
  • 2 siung Bawang Merah, iris tipis, sisihkan yang sebelumnya telah dikupas Secara Manual atau menggunakan mesin pengupas bawang untuk efisien waktu
  • 3 siung Bawang Putih, iris tipis, sisihkan
  • 2 sendok makan amargarin atau 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
  • 1 buah cabe merah, iris serong tipis, sisihkan
  • 150 ml Air
  • Gula putih, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Kecap Manis, secukupnya

Cara Membuat Tumis Kangkung Yang Enak dan Mudah

  • Panaskan minyak goreng atau mentega dengan api kecil, tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi baunya
  • Masukkan pula cabe merah iris aduk-aduk lanjutkan dengan memasukkan kangkung yang sudah disiangi. Aduk sebentar, tambahkan air
  • Tambahkan gula, garam dan kecap manis, aduk hingga rata jangan lupa cicipi
  • Masak hingga bumbu meresap. Angkat
  • Hidangkan ketika masih hangat

Untuk jumlah porsi tumisan bisa menyesuaikan baik bahan utama ataupun bumbunya tentunya sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk irisan cabe merah hanyalah sebagai pelengkap agar warna masakannya jadi lebih mantap dan mengundang selera.. hijau dan merah. Ok. Selamat mencoba Tumis Kangkung Yang Enak dan Mudah

 

 

 

 

 

Similar Posts