cara membuat selai wortel

cara membuat selai wortel – Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu.

 

Cara Membuat Selai Wortel

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

 

3 cup wortel serut
11/2 cup gula pair (boleh di tambah dan di kurangi)
2 batang kayu manis
10 butir cengkeh
1 cup air matang (bila kurang bisa di tambah sedikit saja)

Langkah-Langkah Cara Membuat Selai Wortel

1. Siapkan panci masukan serutan wortel, gula pasir, air cengkeh dan batang kayu manis

2. Aduk-aduk sampai gula larut dan bahan menjadi satu

3. Nyalakan api masak campuran wortel dan gula sampai wortel layu dan air menyusut kental

4. Segera matikan api kompor dan beri perasan lemon dan biarka dingin di suhu ruangan

5. Setelah dingin masukan ke wadah kedap udara atau toples beling biarkan bener -bener dingin di kulkas

6. Setelah beberapa jam di kulkas keluarkan dan selai wortel siap di sajikan sebagai pelengkap makanan atau snack.

Begitulah cara membuat selai wortel, apabila teman-teman ingin memcoba membuat selai lain dengan mudah ada disini

 

Manfaat Wortel

1. Mengurangi Resiko Kanker

Di dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

 

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung

 

3. Meningkatkan Imun

Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

 

4. Mencegah Stroke

Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa konsumsi 6 wortel satu minggu dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.

Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

 

6. Kesehatan Ginjal

Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

Similar Posts