cara membuat selai mangga

Cara Membuat Selai Mangga – Selai mangga dengan rasa manis mangga yang khas sering dipakai sebagai olesan roti tawar, isian roti isi serta roti sobek. Terkadang juga digunakan sebagai toping pizza buah, waffle, aneka cake dan kue kering seperti kue nastar.

Walaupun banyak aneka selai buah yang beredaran diluaran seperti selai srikaya, selai coklat, selai kacang, selai strawberry, selai durian, selai nanas, selai anggur, selai buah naga, selai blueberry dan aneka olahan selai buah lainnya. Namun selai mangga menjadi favorit bagi banyak orang.

Cara Membuat Selai Mangga

Cara membuat selai mangga tentu saja sangat mudah dan praktis. Anda tak akan kesulitan untuk membuatnya, bahkan bagi pemula atau ibu muda yang baru belajar memasak dan baru masuk dapur sekalipun. karena kami akan bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Selai Mangga  untuk membantu anda membuatnya sendiri. Berikut resep selai buah manggnya, cekidot!!

Bahan-Bahan Cara Membuat Selai Mangga :

  • Daging buah mangga matang 1.250 gram (haluskan)
  • Air 150 mili liter
  • Gula pasir 400 gram
  • Garam 1/4 sendok teh

 

 Langkah Dan Cara Membuat Selai Mangga :

  1. Langkah awal masak daging buah mangga bersama air dan garam sambil diaduk hingga meletup-letup.
  2. Setelah itu masukkan gula pasir, aduk sampai mengental. Angkat.
  3. Selagi hangat, simpan selai dalam wadah kedap udara atau tertutup.
  4. Selai mangga pun siap dinikmati sebagai bahan oles makanan yang anda sukai.

Tips Membuat Selai (Berlaku Untuk Selai Buah Lainnya)

  1. Pertama, yang harus anda lakukan adalah memilih buah segar. Pilihlah buah yang aromanya tercium kuat agar selai menjadi harum khas buah tesebut.
  2. Lalu anda dapat menambahkan kayu manis sebagai tambahan aroma pada selai mangga.
  3. Tips berikutnya adalah jangan memblender buah. Kenapa? jawabannya adalah karena jika diblender buah akan membutuhkan air tambahan yang dapat memperlambat proses memasak. kecuali bila buah yang akan digunakan sangat kering dan tidak memiliki banyak sari buah, diblender saja tak apa.
  4. Tips membuat selai untuk buah nanas, anda dapat menambahkan sedikit garam agar rasa nanas semakin enak dan gurih. Untuk buah strawberry dapat ditambahkan perasaan air jeruk nipis kedalam air rebusannya.
  5. Untuk menyimpan selai, pastikan toples kaca yang digunakan dengan tutup stainless steel yang sudah disterilisasi. Tutup toples selai rapat-rapat dan simpan ke dalam kulkas atau lemari pendingin agar kualitas selai dapat terjaga selama tiga bulan kedapan walaupun tanpa bahan pengawet sama sekali. Nahh selamat mencoba…

Baca juga jika kalian ingin membuat sambal bawang spesial dengan sedikit modal.

Similar Posts